Isra Miraj 2023 Kapan dan Tanggal Berapa? Ini Penjelasannya!

Employmentandlivelihood.id – Peringatan Isra Miraj 2023 tanggal berapa dan bulan apa? Isra Miraj 2023 jatuh pada tanggal 18 Februari 2023 atau 27 Rajab, tepatnya hari Sabtu besok. Isra Miraj adalah salah satu peringatan hari penting keagamaan umat Islam di dunia, termasuk Indonesia.

Peringatan hari Isra Miraj di Indonesia ditetapkan sebagai hari libur nasional setiap tahunnya. Masih banyak yang bertanya, Isra Miraj 2023 apakah tanggal merah? Jawabannya adalah ya. Peringatan Isra Miraj ini dihitung sesuai dengan penanggalan kalender hijriah.

Keputusan peringatan Isra Miraj sebagai hari libur nasional berdasarkan dari keputusan SKB tiga Menteri. Isra Miraj 2023 berapa hijriah? Menurut penanggalan kalender hijriah tahun ini peringatan Isra Miraj jatuh tahun 1444 H atau hijriah.

Isra Miraj merupakan peristiwa penting di dalam sejarah Islam. Kala itu, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan ke langit ketujuh, untuk mendapatkan wahyu yakni kewajiban menunaikan shalat lima waktu.

Selain ke langit ke tujuh, Nabi Muhammad melakukan perjalanan dari Masjidil Haram menuju Masijidil Aqsha, lalu melanjutkannya dari Masjidil Aqsha ke Sidratul Muntaha atau langit ketujuh. Peristiwa tersebut sangat penting untuk umas muslim.

Untuk memperingati Isra Miraj, banyaknya kegiatan yang dilakukan oleh umat muslim di Indonesia yakni kegiatan keagamaan. Mulai dari lomba, pengajian, bersalawat, berdzikir, hingga aktivitas keagamaan lainnya yang mengandung pahala.

Untuk memperingati dan saling mendoakan di hari Isra Miraj, pembaca bisa memberikan ucapan selamat Isra Miraj 2023 kepada orang terdekat. Atau bisa membagikan ucapan selamat hari Isra Miraj ke media sosial.

Kami akan memberikan berita terkait peringatan Isra Miraj 2023 kapan, dan kumpulan ucapan selamat Isra Miraj 2023. Simak terus penjelasannya hanya di Ayovaksindinkeskdi.

Isra Miraj 2023 Tanggal Berapa dan Hari Apa?

Peringatan Isra Miraj 2023 kapan, hari apa dan tanggal berapa? Masih banyak masyarakat yang menanyakan hal tersebut. Isra Miraj 2023 jatuh pada tanggal 18 Februari 2023 atau 27 Rajab, hari Sabtu.

Berdasarkan SKB atau Surat Keputusan Bersama tiga Menteri tetang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, peringatan Isra Miraj 2023 masuk ke dalam hari libur nasional. Sehingga peringatan tersebut adalah tanggal merah.

Merujuk dari Kalenderi Hijriah Indonesia 2023 M atau 1444 Hijriah – 1445 Hijriah, peringatan Isra Miraj ini bertepatan dengan 27 Rajab 1444 H atau 27 Rajab 2023 M.

Kumpulan Ucapan Selamat Isra Miraj 1444 H

Kumpulan Ucapan Selamat Isra Miraj 1444 H

Untuk menyemarakkan hari raya Isra Miraj 2023, umat muslim bisa memberikan ucapan Isra Miraj 2023 atau 1444 H kepada orang terdekat dan membagikannya di media sosial. Ayovaksindinkeskdi akan memberikan contoh ucapan selamat Isra Miraj.

Ucapan Isra Miraj Menyejukkan Hati dan Penuh Makna

Berikut referensi contoh ucapan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW:

1. Selamat memperingati hari Isra Miraj 1444 hijriah. Semoga syafaat baginda kita Nabi Muhammad SAW akan selalu menyertai kita semua, umat muslim di dunia. Aaamiin.

2. Selamat Isra Miraj saudaraku umat muslim. Semoga di hari yang istimewa ini kita akan selalu dapat meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad SAW.

3. Saudara-saudaraku umat Islam, selamat hari istimewa Isra Miraj. Semoga kedamaian selalu ada di hati kita, damai beragama dan damai di bumi, meskipun berbeda.

4. Di hari yang istimewa ini, mari memuji apa yang dilihat juga memuji makna perjalanan yang dilakukan oleh Rasululloh SAW.

5. Di hari yang mulia ini, mari mengambil kesempatan dan membuat harapan untuk masa depan yang lebih baik dan sejahtera dari Allah SWT.

6. Pada peringatan hari istimewa ini, semakin mengingatkan kita untuk taat dan melakukan ibadah wajib lima waktu dan sunnah-sunnah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

7. Semoga kita semakin semangat untuk melafalkan Al-Qur’an setiap waktu agar dapat menyejukkan hati untuk setiap kaum yang mendengarnya.

8. Perjalanan suci yang dilakukan di tanggal 27 Rajab  yakni dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha, lalu dilanjutkan ke Sidratul Muntaha, semoga dapat menyadarkan hati umat muslim dengan refleksi atas fenomena luar biasa tersebut.

9. Rajab merupakan bulan di mana ada sejarah luar biasa yang telah dibentuk sepanjang waktu. Semoga di momen Al Isra Wal Miraj ini bisa mendapatkan kemuliaan dan keberkahan.

10. Di peringatan mulita ini, mari menjadikan refleksi diri untuk bisa lebih rajin melakukan shalat lima waktu dan menganggapnya sebagai pondasi iman dan takwa. Agar kita bisa memiliki sifat tawadu, kejujuran, kesabaran, menyayangi sesama seperti sunnah Nabi Muhammad SAW.

11. Jadikan momentum ini sebagai hari untuk kita lebih bertakwa dan tetap tawadu di hari ke depan.

12. Di hari suci ini, mari berjanji untuk menghapuskan segala ketidakpedulian kita di antara orang-orang.

13. Semoga Indonesia Makmur, damai, dan ada dalam lindungan-Nya, Aamiin. Selamat Isra Miraj 1444 H.

14. Semoga kita dapat lebih baik lagi ke depannya dan dapat mengikuti sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW. Aamiin.

15. Semoga di hari istimewa ini bisa memperoleh kesempurnaan iman dan Islam.

16. Semoga di momen ini dapat memperkuat amalan akan kewajiban menjalankan ibadah shalat lima waktu.

17. Semoga di hari ini kita selalu dirahmati dan selalu ada di dalam lindungan-Nya. Aamiin.

18. Mari kita jadikan ibadah shalat sebagai suatu kebutuhan yang tak bisa ditinggalkan. Dan sebagai cahaya bagi kehidupan di dunia maupun di akhirat.

Itulah penjelasan mengenai kapan Isra Miraj 2023 dan ucapan selamat Isra Miraj. Semoga membantu ya.

Baca Juga: