Sound of Text WA dengan 60+ Pilihan Bahasa Indonesia Keren

Teknologi tidak sekedar membuat kehidupan manusia semakin mudah, tapi sekaligus menyenangkan. Misalnya, WhatsApp membantu manusia terhubung dengan sesama, meskipun terpisah jauh. Dan Sound of Text WA membuat WhatsApp menjadi lebih menarik.

WhatsApp punya banyak sekali fitur, misalnya untuk mengirim pesan melalui jaringan internet, mengirim pesan suara, dan melakukan panggilan audio maupun video. Agar kamu bisa tahu kalau ada pesan atau panggilan yang masuk, pastikan untuk mengaktifkan fitur notifikasi dalam aplikasi.

WhatsApp menyediakan banyak pilihan notifikasi yang bagus dan menarik. Tapi, kalau kamu menggunakan pilihan notifikasi default dari WhatsApp, notifikasimu jadi tidak spesial karena bisa jadi orang lain juga memakai suara notifikasi WA yang sama. Gunakan notifikasi yang lebih istimewa.

Simak ulasan dari Employmentandlivelihood.id dibawah ini:

Informasi Alat Sound of Text WA

Informasi Alat Sound of Text WA

Sebelum berkunjung ke situs web Sound of Text dan mulai menciptakan suara notifikasi yang paling unik, cari tahu dulu apa itu Sound of Text. Sound of Text merupakan alat yang akan mengubah teks atau tulisan menjadi suara sehingga kamu bisa ‘mendengarkan’ teks tersebut.

Sudah banyak sekali orang yang memanfaatkan Sound of Text untuk membuat pemberitahuan WhatsApp atau untuk keperluan lainnya. Kamu juga pasti sudah sering mendengar suara yang dihasilkan oleh aplikasi Sound of Text.

Dengan membuat suara yang keren menggunakan Sound of Text, kamu bisa membuat nada dering atau notifikasi yang benar-benar unik, karena Sound of Text akan menyuarakan kata apapun yang kamu tulis. Misalnya, kamu bisa membuat WhatsApp memanggil nama kamu.

Cara Menggunakan Aplikasi Sound of Text WA

Cara Menggunakan Aplikasi Sound of Text WA

Tertarik untuk memakai Sound of Text dan membuat notifikasi WhatsApp yang lebih unik daripada teks default? Cara memakai Sound of Text ini sebenarnya sangat sederhana dan mudah. Tapi agar tidak salah, pelajari dulu semua tutorialnya di bawah ini, lalu coba terapkan sendiri.

Cara membuat notifikasi

Tutorial pertama adalah membuat file mp3 yang akan dijadikan sebagai nada dering maupun notifikasi WhatsApp. Ada banyak contoh Sound of Text WA yang bisa ditemukan di internet. Tapi sebaiknya kamu membuat sendiri notifikasi WhatsApp yang paling sesuai dengan seleramu.

  • Hubungkan perangkat yang kamu pakai ke jaringan internet, lalu buka salah satu aplikasi web browser seperti Chrome, Opera, Firefox, atau yang lainnya.
  • Ketik alamat web soundoftext.com lalu tap atau tekan tombol Enter maka halaman utama Sound of Text akan terbuka.
  • Berikutnya, ketikkan teks yang akan dikonversi menjadi file audio di kolom Text. Lalu salin teks tersebut kalau nanti kamu ingin mengonversi teks yang sama atau ingin mengeditnya.
  • Tap atau klik kolom Voice kemudian pilih bahasa yang kamu inginkan. Ada bahasa Korea dan bahasa lain yang akan menciptakan notifikasi yang sangat unik.
  • Klik atau tap tombol Submit lalu scroll layar ke bagian bawah untuk mengakses bagian Sounds.
  • Tap atau klik Play untuk mendengarkan seperti apa suara yang dihasilkan oleh Sound of Text. 
  • Klik atau tap Download kalau kamu sudah puas dengan hasilnya dan ingin menggunakan file audio tersebut sebagai notifikasi WhatsApp.

Kamu bisa mengulangi langkah-langkah di atas berkali-kali. Semua hasil file suara akan muncul dalam bentuk daftar dan bisa kamu bandingkan satu per satu. Selanjutnya, kamu bisa memilih salah satu yang terbaik untuk digunakan sebagai notifikasi WhatsApp.

Cara memasang notifikasi WA

Setelah file audio berhasil diunduh dan sudah tersimpan dalam penyimpanan smartphone Android, pelajari juga caranya menggunakan file tersebut sebagai notifikasi untuk chat WhatsApp. Ikuti petunjuk ini agar file audio dari Sound of Text WA bisa digunakan sebagai nada pemberitahuan.

  • Buka aplikasi Settings di smartphone Android, lalu buka menu Sounds and vibration yang mengatur notifikasi dan nada dering smartphone.
  • Berikutnya pilih Ringtone, lalu tap tanda (+) yang ada di kanan atas untuk menambahkan nada dering yang baru (letak ikon (+) bisa berbeda, tergantung smartphone yang dipakai).
  • Daftar notifikasi suara anime dan suara lainnya akan muncul, pilih file audio yang namanya sesuai dengan teks yang tadi kamu buat lalu tap tombol Done, maka file audio akan masuk ke bagian atas daftar nada dering.
  • Selanjutnya, tap file audio tersebut untuk menjadikannya nada dering default, lalu tutup aplikasi Settings. Kamu juga bisa menambahkan file audio sebagai nada dering tanpa harus menjadikannya sebagai nada dering default.
  • Buka aplikasi WhatsApp yang notifikasinya ingin kamu ubah, lalu buka Menu dan pilih menu Settings.
  • Kemudian pilih pengaturan Notifications yang akan menampilkan pengaturan notifikasi Chat, notifikasi Group, dan Ringtone. Pilih jenis notifikasi yang akan kamu ubah.
  • Daftar notifikasi akan muncul, scroll layar ke bagian tertentu sampai kamu menemukan audio dengan nama sesuai dengan teks yang dikonversi menjadi file audio tadi. Pilih audio tersebut.

Notifikasi akan berubah secara otomatis. Setiap kali ada yang mengirimkan chat ke akun WhatsApp yang kamu gunakan, notifikasi dari Sound of Text WA akan berbunyi dan membuat orang-orang disekitarmu penasaran dengan nada dering atau notifikasi custom tersebut.

Fitur Situs Web Sound of Text WA yang Menarik

Fitur Situs Web Sound of Text WA yang Menarik

Sebenarnya situs web yang bisa dipakai untuk membuat suara notifikasi unik hadir dalam banyak sekali pilihan. Tapi yang paling terkenal adalah Sound of Text. Kamu bisa mengunjunginya di soundoftext.com. Sebelum menjelajahi situs webnya, kenali dulu beberapa fitur unggulannya.

Banyak pilihan bahasa

Keunggulan utama Sound of Text yang membuatnya sangat disukai oleh para pengguna WA adalah pilihan bahasanya yang sangat berlimpah. Kamu bisa memilih salah satu dari 61 pilihan bahasa yang ditawarkan oleh Sound of Text. Bahasa Indonesia hanya salah satu pilihan bahasa yang tersedia.

Dengan pilihan bahasa yang sangat banyak ini, kamu bebas memilih jenis suara untuk dijadikan sebagai notifikasi maupun nada dering WhatsApp. Kalau kamu ingin membuat notifikasi yang lebih keren, pilih bahasa Inggris sehingga orang-orang yang mendengarnya akan terpukau.

Tapi kalau kamu ingin notifikasi WhatsApp yang terdengar lucu dan membuat orang-orang disekitarmu tersenyum, pilih bahasa Indonesia saja.

Tampilan lebih simple

Saat mengunjungi situs web pembuat notifikasi WhatsApp ini, kamu akan menemukan tampilan yang sangat sederhana. Kombinasi warna hijau dan putih membuat pengunjung Sound of Text merasa nyaman berlama-lama menggunakan aplikasi Sound of Text untuk membuat notifikasi.

Di halaman utamanya, akan langsung muncul dua kolom yang bisa digunakan untuk membuat suara dari teks. Kolom pertama adalah Text, yang fungsinya adalah untuk memasukkan teks yang akan diubah menjadi suara. Tampaknya tidak ada batasan jumlah karakter untuk dimasukkan ke kolom ini.

Lalu, kolom yang kedua bernama Voice, yaitu untuk memilih bahasa yang kamu inginkan. Nantinya, teks akan disuarakan sesuai dengan pilihan bahasa yang kamu pilih.

Tidak membutuhkan registrasi

Kapanpun kamu mengunjungi situs web Sound of Text WA, kamu bisa langsung mengakses alat pengubah teks menjadi suara tanpa harus masuk ke akun apapun. Pertama kali kamu masuk ke dalam aplikasi, tidak ada perintah untuk melakukan registrasi.

Setelah itu, kamu juga tidak perlu melakukan login setiap kali akan membuat notifikasi WhatsApp dengan menggunakan Sound of Text. Langsung saja kunjungi situs webnya, ketikkan teks yang diinginkan, lalu klik pada tombol Submit untuk mendapatkan file mp3 dari teks yang kamu masukkan.

Nantinya, hasil file suara akan ada di bagian bawah dan bisa dimainkan sebelum kamu mendownload dan menggunakannya sebagai notifikasi di aplikasi WA atau aplikasi apapun.

Tidak meminta pembayaran

Bagaimana cara menggunakan Sound of Text? Apakah harus membayar saat akan menggunakan atau mendownload file suara yang dihasilkan? Sound of Text bisa diakses secara gratis 100% dan tidak akan meminta kamu untuk membayar biaya apapun.

Biasanya, aplikasi yang tersedia gratis hanya bisa dipakai beberapa kali saja. Selanjutnya, pengguna harus membayar biaya langganan agar bisa menggunakan semua fitur yang ada dalam aplikasi gratis seterusnya. Tapi Sound of Text tidak membawa sistem yang sama.

Kamu bebas membuat notifikasi WA anime sebanyak apapun dengan memakai Sound of Text secara gratis. Tidak ada batasan apapun sehingga banyak yang semakin cinta pada alat yang satu ini.

Cocok untuk berbagai platform

Ada yang suka membuat notifikasi WhatsApp unik dengan menggunakan laptop atau PC sedangkan yang lainnya lebih suka mengakses Sound of Text WA lewat smartphone. Apapun jenis perangkat yang kamu gunakan, Sound of Text memungkinkan kamu untuk mengaksesnya setiap saat.

Selama perangkat yang kamu gunakan punya aplikasi web browser dan tersambung ke internet, maka perangkat itu bisa digunakan untuk mengakses Sound of Text. Sound of Text hanya bisa dikunjungi dan digunakan jika perangkat yang kamu pakai dalam kondisi online.

Kekurangan Aplikasi Sound of Text

Meskipun ada banyak fitur dalam aplikasi Sound of Text yang membuat banyak pengguna WhatsApp tertarik untuk menggunakannya, situs web ini tetap tidak lepas dari beberapa kelemahan. Di bawah ini beberapa kekurangan yang dibawa oleh situs web Sound of Text.

Jenis suara terbatas

Sound of Text memang menyediakan hingga 61 pilihan bahasa yang bisa digunakan. Dan bahasa Indonesia merupakan salah satu yang paling banyak digunakan. Tapi, untuk pilihan bahasa Indonesia, Sound of Text hanya menyediakan satu jenis suara saja, yaitu suara wanita.

Bahkan untuk pilihan suara bahasa Inggris juga menggunakan suara wanita. Jadi, kalau kamu ingin memakai jenis suara lainnya, misalnya suara cowok, Sound of Text kurang mendukung keinginan tersebut. Cari aplikasi atau situs web lain yang menyediakan pilihan suara lainnya.

Mengandung iklan

Aplikasi Sound of Text memang bisa digunakan secara gratis. Tapi, sebagaimana beberapa situs web dan aplikasi gratis lainnya, ada iklan yang akan muncul selama kamu menggunakan Sound of Text. Iklan yang muncul sebenarnya tidak terlalu mengganggu.

Tapi beberapa pengunjung Sound of Text tetap merasa kurang nyaman saat berkunjung ke situs web yang ada iklannya. Kamu tidak bisa mengendalikan iklan yang muncul, sehingga bisa jadi iklan tersebut membuat kamu tersimpangkan dari tujuan semula menggunakan Sound of Text.

Belum ada bahasa daerah

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, Sound of Text WA menyediakan lebih dari 60 bahasa yang bisa dipilih. Tapi dari puluhan pilihan bahasa tersebut, masih tidak ada pilihan bahasa daerah. Hanya ada bahasa-bahasa yang terkenal dari berbagai belahan dunia.

Bagi yang ingin menggunakan bahasa daerah untuk membuat notifikasi WhatsApp, coba cari situs web serupa yang menyediakan lebih banyak pilihan bahasa. Beberapa situs web lain menawarkan pilihan bahasa daerah yang cukup terkenal, misalnya bahasa Jawa dan bahasa Sunda.

Menggunakan Google Translate

Satu hal lagi yang perlu dipahami tentang Sound of Text adalah situs web ini menggunakan Google Translate untuk menerjemahkan tulisan menjadi suara. Jadi, suara yang dihasilkan akan sama persis dengan suara yang berasal dari Google Translate.

Dan karena suara yang dihasilkan oleh Google Translate masih terdengar seperti robot, suara notifikasi WhatsApp yang dihasilkan oleh Sound of Text juga akan terdengar kaku. Suara yang kurang natural ini membuat beberapa pengguna kurang puas dengan hasilnya.

Teks tidak bisa diedit

Setelah mengetik teks dan menekan tombol Submit, Sound of Text akan langsung menghasilkan file mp3 dan menghapus semua teks yang kamu ketik sebelumnya. Ini berarti kamu tidak bisa mengubah atau mengedit teks yang sudah diterjemahkan menjadi suara.

Kalau ada kesalahan dalam pengetikan, maka kamu harus mengulangi mengetik seluruh teks dari awal, kecuali kamu sempat menyalin teks yang kamu tulis sebelumnya. Hal ini cukup merepotkan apalagi kalau teks yang diketik cukup panjang dan harus diulangi dari awal.

Pilihan Aplikasi Lain untuk Notifikasi Unik

Sound of Text sebenarnya merupakan aplikasi berbasis web yang sudah cukup bagus. Tapi sayangnya, pilihan suara yang disediakan masih cukup terbatas. Misalnya, jenis suara untuk bahasa Indonesia hanya berupa suara perempuan dan belum ada pilihan suara lainnya.

Kalau kamu menginginkan jenis suara lainnya, misalnya suara anime girl atau suara anak kecil, maka harus berkunjung ke aplikasi berbasis web lainnya. Beberapa pilihan yang bisa kamu kunjungi antara lain:

FakeYou

Fakeyou.com menyediakan 3236 pilihan suara yang bisa kamu pakai untuk menciptakan suatu nada dering yang unik untuk notifikasi WhatsApp. Salah satunya adalah suara anime Naruto Uzumaki. Pilih suara di bagian Voice (3236 to choose from) kemudian ketikkan teksnya di bagian Your Text.

Tap tombol Speak dan tunggu sampai FakeYou memperdengarkan teks yang sudah diubah menjadi suara Naruto atau suara lain yang kamu pilih sebelumnya. Untuk mempercepat proses konversi suara, kamu akan diminta untuk mendaftar dan masuk ke akun FakeYou premium.

Voicemaker

Bagi yang ingin menciptakan notifikasi WhatsApp unik dengan suara bayi atau anak kecil, situs web yang bisa digunakan adalah voicemaker.in. Ketikkan teksnya di kolom besar yang tersedia. Kalau kamu ingin notifikasi WhatsApp unik yang terdengar alami, pilih Neural TTS.

Lalu di bagian Voices, pilih jenis suara yang diberi tanda (child) lalu klik tombol Convert to Speech. Sebenarnya, jenis suara yang disediakan sangat bervariasi. Sayangnya, hanya beberapa saja yang bisa diakses secara gratis. Sisanya mengharuskan kamu untuk punya akun premium.

Notifikasi yang unik dan menarik bisa dibuat dengan menggunakan mesin text to speech seperti Sound of Text. Mesin ini akan mengubah teks yang kamu masukkan ke kolom tersebut menjadi file audio atau suara. Sehingga kamu bisa menggunakannya sebagai notifikasi pada aplikasi tertentu.

Setiap mesin text to speech yang tersedia, termasuk Sound of Text WA, punya kelebihan serta kekurangannya sendiri. Kamu sudah membaca selengkapnya tentang fitur Sound of Text dan kelemahannya. Sekarang, gunakan aplikasi tersebut untuk menciptakan notifikasi WA paling unik.

Baca juga :