Resep Sayur Asem Enak Sederhana Bening & Segar

Employmentandlivelihood.id – Sayur asem merupakan salah satu jenis hidangan yang menjadi kesukaan sebagian orang. Sayur asem ini memang memiliki banyak sekali isian didalamnya. Banyak orang suka sayur asem karena citarasanya yang unik. Manis pedas dan asam yang dominan bercampur menjadi satu. Rasa inilah yang menjadi kesukaan penggemarnya. Resep sayur asem pun sebenarnya mudah untuk dibuat.

Rasa sayur asem memang unik sehingga butuh beberapa cara untuk mendapatkan rasa yang sesuai. Ini dia resep sayur asem sunda yang bisa kamu coba di rumah. Pembaca bisa membuat Resep ini dengan mudah tanpa perlu ribet. Bahan-bahannya memang cukup banyak. Namun percayalah rasanya pasti buat rindu masakan ibu. Berikut ini penjelasan lebih lanjut terkait dengan resep sayur asep rumahan.

Mengenal Lebih Dalam Resep Sayur Asem Enak

Mengenal-Lebih-Dalam-Resep-Sayur-Asem-Enak

Bagi penggemar lapapan ataupun sambal terasi pastinya sudah tidak asing lagi dengn makanan yang menyegarkan ini. Sayur asem adalah salah satu hidangan rumahan yang sering dimasak oleh ibu-ibu di rumah. Biasanya ayur ini akan terhidang bersama ikan goreng ataupun tempe goreng. Jangan lupakan tahu dan juga lalapan yang menambah kenikmatan makan siang.

Memang paling enak makan hidangan seperti ini adalah siang hari. Di mana saat cuaca sedang terik-teriknya lalu hadir sayur asem sebagai penyengar dengan rasanya yang unik.

Sayur asem ini memang sudah jadi kesukaan banyak orang. Tua muda rata rata pernah mencoba makanan ini. Masakan dari daerah jawa ini telah menjadi terkenal di Indonesia dan dapat dikatakan menjadi salah satu makanan yang sudah banyak dijumpai di berbagai daerah di nusantara.

Sayur asem merupakan salah satu jenis hidangan yang di mana memiliki banyak isian. Mulai dari labu Tangkil kacang panjang buncis dan masih banyak lagi. Semua sayur-sayur dapat masuk ke dalam hidangan ini. Sebenarnya untuk membuat hidangan yang satu ini cukup mudah. Dalam membuatnya hanya memerlukan dua langkah mudah untuk memasaknya.

Namun memang hal krusial dalam memasak sayur asem adalah takaran bumbunya harus pas. Karena biasanya jika ada salah satu bumbu yang kurang maka akan sulit menemukan rasa yang pas.

Penyebab hal ini karena memang sayur asem itu memiliki rasa yang unik. Di mana semua rasa tercampur di dalam hidangan satu ini. Ada rasa pedas dari cabai, rasa asam dari asam kandis, rasa manis dari gula, dan juga rasa gurih dari terasi.

Bumbu-bumbu inilah yang menjadi satu dan membuat rasa khas yang unik dari sayur asem. Bumbu-bumbu ini menjadi kunci utama kenapa rasa sayur asem bisa berbeda dengan sayur lainnya. Buat penggemar sayur asem yang sedang mencari resep sayur asem bening yang enak maka bisa simak saja artikel tutorial mengenai resep sayur asem sederhana di bawah ini.

Bahan Untuk Resep Sayur Asem Bening

Bahan-Untuk-Resep-Sayur-Asem-Bening

Ada sejumlah bahan yang diperlukan untuk membuat sayur asem. Sebenarnya dalam membuat sayur asem tidak ada bahan yang sulit untuk memdapatkannya. Bahan-bahannya antara lain yaitu bahan yang sering kita ada pada dapur. Buat pemula yang belum paham dengan cara memasak sayur asem dengan rasa yang enak.

Sebenarnya tidak ada panduan khusus terkait jenis sayur apa saja yang ada pada sayur asem. Terkadang ada yang memasukan nangka pada sayur asem. Adapun orang yang memilih tidak memasukannya. Ada yang juga memakai buncis dan juga ada yang pilih pakai kacang panjang sebagai isian. Nah maka dari itu terserah saja dalam mengunakan sayuran ini.

Sayur asem memang tidak ada syarat khusus terkait sayur isiannya, namun pada kesempatan kali ini hanya akan memberikan saran sayur yang umumnya digunakan kebanyakan orang. Nah jika ingin tambahan bahan sayur dalam memasak sayur asem maka sah-sah saja.

Ini dia beberapa bahan yang harus ada untuk membuat sayur asem. Tentunya sebelum memasak, pastikan terlebih dahulu bahan-bahan telah tersedia. Memasak akan lebih mudah jika kita sudah menyediakan bahan-bahannya. Bahan yang diperlukan yaitu :

Bahan sayur

  • 1 buah Labu siam
  • Kacang panjang
  • Kol sesuai selera
  • Daun Tangkil
  • Tangkil
  • Buncis
  • Jangung
  • 3 siung Bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Asem kandis
  • Terasi
  • Gula
  • Garam
  • Penyedap rasa
  • Laos

Untuk mendapatkan bahan-bahan sayurnya cukup mudah. Di warung biasanya sudah tersedia paket sayur aset yang dapat langsung di beli. Biasanya paket sayur asem ini sudah lengkap dan juga praktis. Harganya pun cukup murah.

Yaitu sekitar 3-5 ribu saja perbungkus. Jadi jika ingin buat sayur aset bisa membeli yang seperti itu saja karena satuhnya lebih hemat. Bahan-bahan yang terdapat di paket pun sudah lengkap.Bahkan ada kacang tanah dan asam kandis sebagai bumbu pelengkapnya.

Jadi tak perlu cari lagi tambahan bumbu. Sehingga lebih praktis nantinya. Untuk cara lebih lanjut mengenai cara buat sayur asem yang gurih serta enak maka simak bahasan selanjutnya ini.

Cara Buat Resep Sayur Asem Yang Simpel Rumahan

Cara-Buat-Resep-Sayur-Asem-Yang-Simpel-Rumahan

Sayur asem meskipun banyak isiannya dan juga kaya akan rasa, tapi sebenaranya sangat mudah untuk dibuat. apalagi jika sudahmembeli bahan utama sayurnya dalam bentuk paket maka cara masaknya pun tidak akan sulit.

Memasak sayur asempun sebenarnya tidak membutuhkan waktu lama. Karena memang sayur itu hanya lama saat waktu persiapannya saja. Ketika telah selesai persiapan seperti potong potong maka bisa ikuti cara berikut sebagai tahapan selanjutnya :

  • Haluskan bumbu untuk sayur asem, yaitu bawang putih, bawang merah, laios, cabe, terasi dan sedikit garam
  • Selanjutkan hidupkan kompor dan masak air sebanyak kurang lebih 2 liter sampai mendidih
  • Jika sudah mendidih maka bisa masukan bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya
  • Jika merasa bumbu sudah agak masak maka masukan sayur mayur yang telah di potong dan di cuci bersih sebelumnya.
  • Tunggu beberapa saat sampaisayur sudah menunjukan tanda tanda matang.
  • Jangn lupa untuk masukan asam kandis agar terdapat rasa segar dalam sayur asemnya.
  • Sebelum matikan kompor maka pastikan bahwa rasa sayur asem telah sempurna. Caranya yaitu dengna melakukan koreksi rasa dengan mencobanya terlebih dahulu.
  • Jika merasa rasanya sudah pas maka matikan kompor.
  • Langsung saja sajikan sayur asem ini jika sudah matang ke meja makan. Makan selagi panas lebih nikmat.

Itulah dia cara yang bisa dilakukan untuk memasak sayur asem sendiri di rumah. Dengan gunakan resep sayur asem ini maka bisa dipastikan kamu bisa memasaknya sendiri di rumah dengan mudah. Sayur asem ini memiliki rasa yang unik maka dari itu dalam memasaknya bumbu haru sesuai agar rasanya sama seperti sayur asem yang sering ada pada restoran.

Baca artikel Terkait lainnya :