Rekomendasi Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Terbaru 2023

Employmentandlivelihood.id – Rekomendasi Program Beasiswa S2 Dalam Negeri merupakan hal yang sedang dicari-cari informasinya saat ini. Untuk itu, kali ini kami akan berbagi informasi mengenai beasiswa S2.

Program beasiswa S2 merupakan salah satu program pendidikan untuk kamu yang berminat untuk melanjutkan pendidikan. Melalui program ini, kamu dapat melanjutkan pendidikan kamu ke S2.

Program beasiswa S2 ini terdiri dari beasiswa dalam negeri dan beasiswa luar negeri. Namun, pembahasan kali ini tentang rekomendasi program beasiswa S2 dalam negeri. Untuk kamu yang tertarik, silakan simak artikel yang membahas rekomendasi program beasiswa S2 dalam negeri ini ya!

Kumpulan Rekomendasi Program Beasiswa S2 Dalam Negeri

Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting dan dijunjung tinggi oleh banyak orang. Pasalnya, pendidikan menjadi salah satu sektor untuk kemajuan negara saat ini.

Dengan mengenyam pendidikan yang tinggi, seseorang dapat mampu bersikap lebih dewasa baik dari pikiran dan tindakan. Tidak hanya itu, seseorang juga dapat memiliki pekerjaan yang lebih baik lagi.

Sistem pendidikan di Indonesia saat ini, memiliki sistem wajib belajar 12 tahun. Dimana 12 tahun tersebut terdiri dari 6 tahun sekolah dasar, 3 sekolah menengah pertama, dan 3 tahun sekolah menengah atas.

Tidak cukup sampai disana, seseorang juga dapat menjalankan pendidikan lebih dari 12 tahun tersebut. Seseorang dapat menjalankan pendidikan setelah sekolah menengah atas yang disebut dengan kuliah.

Dengan berkuliah, seseorang akan mendapatkan pelajaran yang lebih spesifik dibandingkan saat sekolah. Pasalnya, kamu akan masuk ke dalam program studi yang kamu inginkan.

Pada saat kuliah, menurut fokusbanyumas.id kamu menjalankan pendidikan S1 selama kurang lebih 4-7 tahun. Namun, semakin tingginya nilai pendidikan di Indonesia saat ini.

Tentunya, kamu tetap bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dibandingkan S1. Pendidikan selanjutnya yang bisa kamu raih yaitu pendidikan S2.

Pendidikan di masa kuliah ini memang terkenal dengan biayanya yang cukup mahal dibandingkan sekolah. Namun, hal tersebut tidak mematahkan semangat para pecinta pendidikan ya.

Pasalnya, saat ini juga terdapat banyak sekali pilihan beasiswa yang dapat membantu kamu untuk melanjutkan pendidikan. Pilihan beasiswa pun bermacam – macam mulai dari beasiswa S1 hingga S3.

Dengan beasiswa, kamu dapat menjalankan pendidikan S2 dengan gratis tanpa harus memikirkan biaya. Hal tersebut tentunya meringankan biaya pendidikan S2 kamu nanti.

Untuk kamu yang ingin melanjutkan S2 di dalam negeri, kamu dapat mengikuti program beasiswa S2 ini. Berikut beberapa rekomendasi program beasiswa S2 dalam negeri di bawah ini ya.

1. Beasiswa S2 Dari Kominfo

Beasiswa S2 Dari Kominfo

Rekomendasi program beasiswa S2 dalam negeri pertama yang kami rekomendasikan yaitu beasiswa S2 Kominfo. Berikut informasi mengenai beasiswa S2 Kominfo di bawha ini.

Kominfo merupakan salah satu lembaga kementerian yang menyediakan program beasiswa melalui Balitbang SDM. Pasalnya, kominfo beberapa PTN di program beasiswa ini.

Program beasiswa S2 dalam negeri ini terbuka untuk para peserta atau kandidat pada masyarakat umum dari instansi swasta. Pasalnya, program tersebut menawarkan biaya kuliah hingga penunjang akademik.

Melalui program beasiswa S2 Kominfo, kamu akan mendapatkan uang sebesar Rp. 1.500.000 per bulan. Uang tersebut merupakan uang saku untuk menunjang pendidikan kamu.

Untuk dapat mengikuti program beasiswa dari kominfo, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan. Salah satunya yaitu kerja di sektor teknologi informasi atau start up lokal minimal 2 tahun.

Persyaratan Untuk Mengikuti Beasiswa Kominfo (Rekomendasi Program Beasiswa S2)

Beasiswa S2 dalam negeri yang diselenggarakan oleh Kominfo ini ditujukan untuk PNS, TNI/POLRI, hingga masyarakat umum. Masyarakat umum dari kalangan profesional hingga swasta.

Program beasiswa ini memiliki tujuan untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana S2 dalam aspek pengembangan kompetensi. Pengembangan kompetensi kandidat di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Untuk itu, terdapat beberapa persyaratan yang ditentukan oleh kominfo terkait beasiswa S2 ini. Berikut persyaratan yang dibutuhkan untuk mengikuti program beasiswa S2.

  • Masa kerja minimal 2 tahun di sektor teknologi informasi atau startup lokal.
  • Tidak mengikuti program pendidikan S2 dari lembaga lain atau belum memiliki gelar S2.
  • Pendaftar diperkenankan mendaftar pada kelas reguler.
  • Membuat rancangan atau outline rencana tugas akhir maksimal satu halaman.
  • Melampirkan surat rekomendasi dari pimpinan / dosen.
  • Memiliki standar IPK minimal 3.00
  • Maksimal usia 45 tahun saat mendaftarkan diri.

2. Beasiswa S2 Bidikmisi (Rekomendasi Program Beasiswa S2)

Beasiswa S2 Bidikmisi (Rekomendasi Program Beasiswa S2)

Rekomendasi Program Beasiswa S2 selanjutnya yaitu beasiswa S2 Bidikmisi. Program beasiswa Bidikmisi tersebut diselenggarakan oleh pemerintah.

Saat ini, program beasiswa Bidikmisi dinamai dengan Beasiswa Prasejahtera. Program beasisaw ini ditujukan untuk kamu yang sebelumnya memperoleh beasiswa Bidik Misi S1.

Serta lulus sarjana dalam dua tahun terakhir, maka kamu bisa mengikuti beasiswa S2 Bidik Misi. Program beasiswa ini memberikan kesempatan untuk keluarga tidak mampu dalam memperoleh beasiswa S2.

Pada dasarnya, program bidik misi S2 ini memang ditawarkan kepada keluarga tidak mampu di Indonesia. Program beasiswa bidik misi S2 ini masuk ke dalam kategori beasiswa afirmasi LPDP.

Beasiswa Bidik Misi S2 ini akan diberikan secara penuh untuk para penerimanya. Untuk itu, kandidat terpilih mendapatkan tanggungan biaya kuliah.

Tanggungan biaya kuliah tersebut meliputi, seperti biaya pendaftaran, SPP, tesis, seminar, uang buku dan biaya lainnya. Lalu, biaya pendukung seperti transportasi, tunjangan hidup dan lain -lain.

Program beasiswa ini diberikan kepada jenjang pendidikan magister satu gelar. Dengan lama studi paling lama yaitu 24 bulan.

Dengan program beasiswa ini, kandidat dapat memilih perguruan tinggi yang sesuai di dalam negeri. Selain itu, memilih perguruan tinggi dengan program studi yang sejenis.

Benefit serta tujuan yang dimiliki oleh program beasiswa Bidik Misi S2 sangat bermanfaat. Oleh karena itu, kami menjadikan program tersebut sebagai rekomendasi program beasiswa S2.

Syarat – Syarat Untuk Mengikuti Program Beasiswa S2 Bidik Misi

Tentunya, dalam rekomendasi program beasiswa S2 dalam negeri seperti beasiswa Bidik Misi S2 ini memiliki beberapa syarat. Ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi untuk mendapatkan beasiswa Bidik Misi S2.

Syarat – syarat yang ditentukan oleh pihak program beasiswa ini harus kamu penuhi. Hal tersebut agar kamu dapat memenuhi kriteria dari penerima beasiswa Bidik Misi S2.

Seperti persyaratan beasiswa pada umumnya, namun ada beberapa hal yang banyak dan rumit. Namun, persyaratan tersebut sebanding dengan beasiswa Bidik Misi yang akan kamu terima nanti.

Kemudian, apa saja ya persyaratan yang dibutuhkan untuk beasiswa Bidik Misi S2?. Berikut persyaratan dari beasiswa Bidik Misi sebagai rekomendasi program beasiswa S2 dalam negeri.

  • Kandidat merupakan WNI (Warga Negara Indonesia).
  • Telah menyelesaikan pendidikan program D3 atau Sarjana.
  • Kandidat tidak sedang menerima atau menempuh pendidikan magister.
  • Melampirkan surat rekomendasi dari atasan untuk kandidat yang bekerja. Lalu, surat rekomendasi dari akademisi untuk yang tidak bekerja.
  • Beasiswa Bidik Misi S2 diperuntukkan untuk kelas reguler.
  • Melakukan pengisian data diri pada formulir pendaftaran online.
  • Menulis pernyataan pribadi atau personal statement.

3. Program Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Program Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Selanjutnya rekomendasi program beasiswa S2 yang akan kami berikan yaitu beasiswa unggulan kemendikbud. Program yang satu ini juga menjadi salah satu rekomendasi untukmu.

Untuk kamu yang memiliki banyak prestasi semasa pendidikan kuliah S1. Maka, mendapatkan program beasiswa S2 di dalam negeri sangat wajib kamu ikuti.

Pasalnya, Kemendikbud membuka program beasiswa S2 untuk sarjana yang memiliki prestasi. Prestasi tersebut dapat prestasi akademik maupun non akademik untuk program kemendikbud.
Tidak hanya untuk lulusan baru sarjana, program ini juga dapat diikuti oleh para guru dan karyawan berprestasi. Hal tersebut sesuai dengan informasi dari Puslapdik Kemendikbud.

Para peserta yang dapat mengikuti beasiswa unggulan ini merupakan calon maba. Namun, calon maba tersebut sudah mendapatkan surat diterima di perguruan tinggi.

Tidak hanya itu, maupun mahasiswa yang baru melaksanakan perkuliahan pada semester 1. Serta mahasiswa yang belum mendapatkan KHS.

Persyaratan Yang Dibutuhkan Untuk Mengikuti Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Dalam rekomendasi program beasiswa S2 yang kami berikan, tentunya terdapat beberapa persyaratan. Khususnya dalam program beasiswa unggulan kemendikbud ini.

Pasalnya, terdapat beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi untuk mengikuti program beasiswa unggulan. Dengan itu, kamu dapat menjadi kandidat yang terpilih dalam program ini.

Penyelenggara program beasiswa S2 ini memiliki beberapa persyaratan yang telah ditentukan. Berikut persyaratan untuk rekomendasi program beasiswa S2 bernama beasiswa unggulan.

  • Kandidat merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Diutamakan untuk kandidat yang memiliki sertifikat prestasi akademik maupun non akademik. Prestasi tersebut baik tingkat nasional atau internasional.
  • Melampirkan rekomendasi dari institusi terkait.
  • Kandidat tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari lembaga lain
  • Kandidat diterima atau berkuliah pada perguruan tinggi negeri di bawah naungan kemendikbud.
  • Akreditasi perguruan tinggi negeri paling rendah B atau sangat baik.
  • Kandidat merupakan mahasiswa aktif dan terdaftar di PDDikti.

Berikut di atas telah kami berikan beberapa rekomendasi program beasiswa S2 dalam negeri yang bisa kamu ikuti. Serta juga, beberapa persyaratan yang dibutuhkan saat mendaftar beasiswa S2.

Untuk kamu yang ingin mengikuti program beasiswa S2 dalam negeri, silakan perhatikan persyaratannya ya. Lalu, jangan lupa untuk mencoba sesuai dengan persyaratan yang ditentukan ini, semangat!

FAQ Seputar Rekomendasi Program Beasiswa S2 Dalam Negeri

Setelah kami berikan beberapa rekomendasi program beasiswa S2 dalam negeri. Selanjutnya, kami akan membahas tentang FAQ seputar rekomendasi program beasiswa S2 dalam negeri sebagai berikut.

Apa Saja Persyaratan Umum Untuk Menerima Beasiswa S2 Dalam Negeri?

Tentunya, setiap lembaga atau yayasan yang memberikan program beasiswa memiliki persyaratan berbeda. Persyaratan tersebut ditentukan oleh lembaga atau yayasan tersebut.

Namun, tentunya ada beberapa persyaratan umum atau yang sama dari program beasiswa S2 ini. Untuk itu, silakan simak persyaratan umum untuk program beasiswa S2.

  • Peserta program beasiswa merupakan Warga Negara Indonesia.
  • Peserta tidak sedang menerima beasiswa S2 dari lembaga lain.
  • Memiliki IPK standar minimal 3.00
  • Melampirkan surat rekomendasi dari institusi tertentu / yang dibutuhkan.

Berikut di atas merupakan beberapa persyaratan umum untuk dapat mengikuti program beasiswa S2 dalam negeri ya.

Apakah Penyelenggaraan Beasiswa Memiliki Tanggal Yang Berbeda-Beda?

Ya, setiap lembaga atau yayasan yang menyelenggarakan program beasiswa memiliki pelaksanaan tanggal berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu memiliki banyak kesempatan beasiswa.

Untuk dapat terus update mengenai informasi beasiswa terbaru. Disarankan kamu mengecek halaman situs lembaga terkait melalui internet.

Dengan itu, kamu dapat terus mengantisipasi kebutuhan dokumen yang dibutuhkan. Selain itu juga, tidak akan ketinggalan informasi penting lainnya dari program beasiswa tersebut.

Apa Saja Tips Untuk Mendapatkan Beasiswa S2?

Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa S2 nanti. Tips-tips yang akan diberikan ini dapat kamu baca sebagai berikut.

  1. Pertama, selalu mencari informasi mengenai beasiswa S2 dari lembaga manapun. Kamu dapat mengakses informasi melalui situs internet.
  2. Kemudian, persiapkan dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan oleh setiap lembaga. Kamu dapat melihat persyaratan dokumen di tahun sebelumnya.
  3. Lalu, persiapkan semua persyaratan yang diminta dengan teliti. Kamu harus teliti agar tidak ada satu persyaratan yang tertinggal.
  4. Jangan lupa untuk memeriksa kembali persyaratan yang dibutuhkan sebelum disubmit.
  5. Terakhir, berdoa dan berpasrah diri semoga diberikan hasil yang terbaik dari pendaftaran tersebut.

Berikut beberapa tips yang dapat kamu ikuti saat ingin mengikuti program beasiswa S2 dalam negeri nanti. Intinya adalah niat, jangan malas dan konsisten ya agar diberikan hasil terbaik.

Akhir Kata

Sekarang kamu telah mengetahui lebih lengkap mengenai rekomendasi program beasiswa S2. Untuk itu, demikianlah artikel yang membahas rekomendasi program beasiswa S2 dalam negeri dan sampai jumpa!.

Beberapa informasi menarik lainnya:

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News Employmentandlivelihood.id

Originally posted 2023-05-01 12:03:57.