Niat Sholat Idul Adha dan Tata Caranya (Arab, Latin, Termejahan)

Employmentandlivelihood.id – Niat Sholat Idul Adha yang di baca untuk imam dan makmum memang sedikit ada perbedaan. Namun untuk tata cara pelaksanaan sholatnya tetap sama, sebagai mana makmum mengikuti gerakan imam.

Yang mana setiap tanggal 10 pada bulan Dzulhijjah, semua umat islam di seluruh dunia memperingati hari raya idul adha atau kerap juga di sebutkan dengan hari raya qurban. Di saat menjelang hari raya qurban, semua umat islam di anjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah idul adha.

Meskipun sholat idul adha ini di hukumi sunnah muakkad, namun mengerjakannya tersebut lebih baik karena mengingat pelaksanaan sholatnya satu tahun sekali. Adapun untuk tata cara sholat idul adha tidak jauh berbeda dengan sholat idul adha. Yang mana bisa di kerjakan di mana saja dan bisa di kerjakan di lapangan yang luas.

Adapun untuk sholat idul adha di laksanakan sebanyak dua rakaat yang bertepatan pada tanggal 10 Dzulhijjah. Pelaksanaan sholatnya di lakukan secara berjama’ah dan terdapat khutbah ketika selesai melaksanakan sholatnya. Tentunya sangat penting sekali untuk mengathui Niat Sholat Idul Adha, agar dalam pelaksanaan sholatnya bisa secara maksimal.

Karena islam selalu mengajarkan kepada setiap umatnya untuk selalu tidak lupa dalam membaca niat terlebih dahulu sebelum melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Dan termasuk ketika akan melaksanakan sholat idul adha ini.

Jadi, penting sekali bagi setiap muslim untuk mengetahui Niat Sholat Idul Adha beserta artinya sebelum melaksanakan sholat ied. Adapun untuk bacaan niatnya adalah sebagai berikut ini. Karena pada pertemuan kali ini kami akan sedikit memberikan sedikit informasi niat shoat idul adha dan tata caranya.

Pengertian Tentang Sholat Idul Adha

Pengertian Tentang Sholat Idul Adha

Jadi sebelum kalian mengetahui tantang Niat Sholat Idul Adha, alangkah baiknya kalian pahami terlebih dahulu tentang penjelasannya. Agar kalian tidak hanya mengetahui bacaan niatnya saja, melainkan kalian juga bisa memahami pengetian dan hukup pada sholat idul adha tersebut.

Adapun untuk sholat idul adha ini sebenarnya tidak wajib, namun memiliki pahala yang besar jika seorang mengerjakannya. Biasanya sholat hari raya idul adha ini di lakukan berjamaah di masjib maupun di lapangan yang luas.

Idul adha sendiri adalah merupakan hari raya umat islam yang kedua setelah idul fitri. Yang mana idul adha bisa di katakan juga dengan hari raya qurban. Untuk tata cara sholat idul adha tidak jauh berbeda dengan idul fitri syarat dan rukunnya pun sama. Hanya saja dalam niatnya yang berbeda.

Melaksanakan sholat idul adha merupakan sunnah muakkad, yang berarti sangat di anjurkan oleh setiap muslim. Namun, terkadang orang berhalangan atau terlambat datang ke masjid saat akan melakukan sholat secara berjamaah. Maka kalian tidak perlu khawatir, sholat ied ini juga bisa di lakukan sendiri di rumah.

Bacaan niat sholat tentunya dapat di lafalkan di dalam hati, adapun tujuan melafalkan tersebut agar membantu hati terasa lebih damai, tenang dan bisa berkonsentrasi di saat melaksanakan ibadah. Hal tersebut di jelaskan di dalam kitab Nihayatul Mumtaj juz 1:437 sebagai berikut.

وَيُنْدَبُ النُّطْقُ بِالمَنْوِيْ قُبَيْلَ التَّكْبِيْرِ لِيُسَاعِدَ اللِّسَانُ القَلْبَ وَلِأَنَّهُ أَبْعَدُ عَنِ الوِسْوَاسِ وَلِلْخُرُوْجِ مِنْ خِلاَفِ مَنْ أَوْجَبَهُ

Artinya : “Disunahkan melafalkan niat menjelang takbir (sholat) agar lisan dapat membantu (kekhusyukan) hati, agar terhindar dari gangguan hati dan karena menghindar dari perbedaan pendapat yang mewajibkan melafalkan niat.” (Nihayatul Muhtaj, juz I,: 437).

Jadi sama seperti halnya dengan ibadah sholat hari raya idul adha, tentu harus di dahului dengan membaca niat terlebih dahulu. Karena niat tersebut sebagai pembeda antara suatu ibadah dengan ibadah yang lainnya.

Bacaan Niat Sholat Idul Adha Arab Serta Artinya

Bacaan Niat Sholat Idul Adha Arab Serta Artinya

Di bawah ini merupakan bacaan Niat Sholat Idul Adha lengkap arab latin dan artinya. Perlu kalian ketahui pelaksanakan sholat idul adha dan sholat lima waktu yang di lakukan sehari-hari sangat berbeda. Seperti yang kalian ketahui sholat idul adha ini di laksanakan pada bulan Dzulhijjah tanggal 10. Dan tidak perlu melakukan dengan mengumandangkan adzan dan iqomah.

Tidak hanya itu saja, untuk bacaan niat dan takbirnya pun berbeda, sehingga seorang muslim harus bisa memahami hal tersebut. Adapun untuk pelaksanaan sholat idul adha ini yaitu setelah matahari terbit hingga menjelang aktu dzuhur.

Hari besar bagi seorang muslim ini di laksanakan setiap tahun pada tanggal 10 Dzulhijjah dalam penanggalan hijriyah. Yang mana pada bulan inilah Allah SWT menetapkan syariat kepada hamba-Nya untuk melaksanakan rukun yang ke lima yaitu berhaji bagi yang mampu.

Selain itu, umat muslim juga di perintahkan untuk menyembelih hewan qurban seperti unta, sapi, kerbau, domba atau kambing mulai dari tanggal 10 hingga tanggal 13 Dzulhijjah.

Sholat idul adha sendiri di kerjakan 2 rakaat yang di lakasanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah. Untuk rakaat pertama yakni terdapat 7x takbir, sedangkan untuk rakaat yang kedua di lakukan  5x takbir setelah selesai sholat idul adha di laksanakan dengan khutbah hingga berdoa.

Di bawah ini merupakan bacaan Niat Sholat Idul Adha lengkap dengan arab latin dan artinya. Sehingga kalian bisa dengan mudah untuk melafalkannya.

Niat Sholat Idul Adha sebagai makmum :

اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الْأَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatan li‘idil adha rak’ataini ma’muman lillahi ta’ala.

Artinya : Aku berniat sholat sunnah Idul Adha dua rakaat sebagai makmum karena Allah Ta’ala.”

Niat Sholat Idul Adha Sebagai Imam :

اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الْأَضَحَى رَكْعَتَيْنِ إِمَامًا للهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatan li‘idil adha rak’ataini imaman lillahi ta’ala.

Artinya : “Aku berniat sholat sunnah Idul Adha dua rakaat sebagai imam karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Melaksanakan Sholat Idul Adha

Tata Cara Melaksanakan Sholat Idul Adha

Apabila kalian sudah mengetahui tentang bacaan Niat Sholat Idul Adha arab latin serta artinya, maka alangkah baiknya kalian memahami tentang tata cara melaksanakannya juga. Jadi sebelum sholat di mulai, maka di anjurkan untuk memperbanyak membaca kalimat tahmid dan tasbih.

Sholat idul adha di kerjakan dengan sebanyak 2 rakaat. Untuk rakaat pertama yakni terdapat 7x takbir, sedangkan untuk rakaat yang kedua di lakukan  5x takbir setelah selesai sholat idul adha di laksanakan dengan khutbah hingga berdoa.

Yang mana ketika akan melaksanakan sholat idul adha ini tanpa di mulai dengan adanya adzan dan iqomah, termasuk sholat ini pun tidak di dahului dengan sholat sunnah lainnya seperti Qolbiyah dan Ba’diyah. Adapun untuk tata cara melaksanakan sholat idul adha adalah sebagai berikut ini.

  1. Niat sholat yang diucapkan sebagai imam atau makmum
  2. Takbiratul ihram yaitu mengangkat kedua tangan dengan membaca takbir “Allahu Akbar”
  3. Takbir kembali sebanyak 7 kali, diantara takbir yang diucapkan dianjurkan untuk membaca dzikir sebagai berikut “Subhanallah wal hamdulillah wa laailaahaillallah wa Allahu Akbar”
  4. Membaca Al Fatihah
  5. Membaca surah pendek pilihan
  6. Rukuk dengan tuma’ninah
  7. Iktidal dengan tuma’ninah
  8. Sujud dengan tuma’ninah
  9. Duduk diantara dua sujud
  10. Sujud kedua
  11. Berdiri dari sujud lalu bertakbir
  12. Mengucapkan takbir sebanyak 5 kali, diantara takbir disunnahkan membaca doa di setiap takbirnya
  13. Rukuk dengan tuma’ninah
  14. Iktidal dengan tuma’ninah
  15. Sujud dengan tuma’ninah
  16. Duduk diantara dua sujud
  17. Sujud kedua
  18. Duduk tasyahud
  19. Mengucapkan salam
  20. Tertib

Setelah sholat idul adha sudah selesai biasanya imam akan memulai khutbahnya. Adapun tema yang di bahasnya itu sendiri biasanya tentang hukum kurban dan hari idul adha.

Terdapat Amalan Sunnah Sebelum Melaksanakan Sholat Idul Adha

Terdapat Amalan Sunnah Sebelum Melaksanakan Sholat Idul Adha

Pada hari raya idul adha ini terdapat amalan-amalan sunnah yang bisa di kerjakan sebelum melaksanakan sholat idul adha. Mulai dari membaca dan mengumandangkan takbir dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi alangkah baiknya sebelum melaksanakan sholat idul adha mengenal amalan sunnah.

1. Mengumandangkan Takbir

Untuk amalan sunah pertama yang bisa kalian lakukan adalah mengumandangkan kalimat takbir. Mengumandangkan takbir tersebut tidak hanya bisa di lakukan di masjid saja, melainkan juga bisa melantunkannya di mushola dan juga di rumah-rumah. Adapun melantunkan takbir bisa di mulai pada malam hari raya idul adha.

2. Mandi Sebelum Melaksanakan Sholat Idul Adha

Tujuan mandi tersebut tentunya untuk membersihkan dan menyucikan anggota seluruh badan. Karena bersih dan suci tersebut memang menjadi salah satu hal yang wajib sebelum menunaikan ibadah sholat. Jadi sangat di anjurkan untuk mandari terlebih dahulu sebelum melaksanakan sholat idul adha.

Mandi idul adha bertujuan untuk untuk membersihkan anggota badan dari bau yang tidak enak atau tidak sedap, dan membuat badan kita menjadi lebih segar. Jadi inilah mengapa waktu mandi paling baik adalah sebelum berangkat ke masjid dan melaksanakan ibadah sholat.

Rasulullah Saw biasanya mandi terlebih dahulu sebelum berangkat melaksanakan sholat Idul Adha. Hal ini sebagaimana hadis yang diriwayatkan Ibnu Majah.

” Rasulullah Saw biasa mandi pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.” (HR Ibnu Majah)

3. Memakai Pakaian Yang Terbaik dan Bersih

Amalan sunnah selanjutnya yaitu kalian bisa memperhatikan pakaian yang terbaik sebelum melaksanakan sholat idul adha. Karena di saat untuk melaksanakan ibadah sholat memang harus memakai pakaian yang bersih dan suci. Agar senantiasa bersih dan suci di saat sebelum berangkat ke masjid.

Sunnah memakai pakaian yang baik sebelum melakasanakan sholat idul adha memang tedengar sangat sederhana, namun di baik semua itu, terdapat banyak ke utamaan dan keistimwaan yang bisa di contoh oleh setiap muslim. Jadi hal tersebut membuat ibadah sholat sunnah ini bisa di lakukan dengan senang hati.

4. Menggunakan Wangi-Wangian

Di saat kita akan melaksanakan sholat, maka di sunnahkan untuk menggunakan wangi-wangian. Hal tersebut lah yang di lakukan oleh Rasullah Saw setiap merayakan dua hari raya yaitu idul fitri dan idul adha.

Jadi selain di sunnahkan untuk menggunakan wangi-wangian sebelum melaksanakan sholat idul adha, maka di sunnahkan juga untuk memotong kuku dan rambut. Mungkin hal tersebut memang merupakan hal yang sederhana, namun hal tersebut agar bisa mendaptkan keutamaan hari raya.

5. Berjalan Kaki Ke Tempat Sholat Idul Adha

Ketika kalian akan melaksanakan sholat idul adha ini maka di anjurkan untuk berjalan kaki, baik itu akan pergi sholat atau pun sudah selesai sholat. Karena Rasullah Saw juga berjalan kaki setiap pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat id.

Namun, apabila tidak kuasa untuk berjalan kaki di karenaka sakit, atau di karenakan tempat sholatnya sangat jauh maka hal tersebut di perbolehkan menggunakan kendaraan. Adapun tujuan sunnahkan berjalan kaki menuju tempat sholat adalah bertujuan agar umat muslim bisa bertegur sama dan menguatkan tali silaturrahmi.

Sebagaimana sudah di jelaskan dalam hadis dari Ibnu Umar RA bahwa Rasulullah Sawa biasa berangkat sholat Id dengan berjalan kaki, begitu pula ketika pulang.” (HR. Ibnu Majah)

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan singkat tentang betapa pentingnya Niat Sholat Idul Adha. Karena bertujuan untuk memantapkan hati dan membuat kita bisa menjadi lebih khusyuk dalam melakukan beribadah sholat idul adha ini.

Jadi itulah bagaimana tata cara sholat idul adha dari mulai niat arab latin serta artinya, bacaan, doa-doa dan juga amalan-amalan sunnah lainnya. Semoga saja pada pembahasan ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Dan senantisa bisa istiqomah dalam melaksanakan ibadah-ibadah lainnya.

Baca juga beberapa artikel menarik lainnya:

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News Employmentandlivelihood.id

Originally posted 2023-05-07 23:23:03.