Doa Setelah Wudhu Pendek Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Employmentandlivelihood.id – Di saat akan melaksanakan ibadah seperti sholat ataupun membaca Al-Qur’an, maka di wajibkan untuk mengambil wudhu terlebih dahulu. Karena untuk membersihkan dari hadas kecil. Maka dari itu, di anjurkan untuk melakukan wudhu. Dan setelah berwudhu juga di sunnah untuk membaca Doa Setelah Wudhu.

Karena doa setelah wudhu merupakan salah satu amalan sunnah yang dapat menyempurnakan wudhu yang kalian lakukan. Berdoa setelah wudhu akan membukakan delapan pintu syurga dan boleh masuk dari pintu mana saja yang di inginkan.

Tentunya agama islam sangat menganjurkan umatnya untuk selalu dalam keadaan suci dan bersih. Apalagi di saat akan melaksanakan ibadah seperti sholat atau pun membaca Al-Qur’an. Karena salah satu cara untuk bersuci tersebut adalah dengan melakukan wudhu.

Yang mana dalam pelaksanaan wudhu tersebut terdapat niat yang menjadi rukun, sehingga jika niat tersebut tidak di ikut sertakan dalam wudhu, maka wudhu tersebut menjadi tidak sah. Jadi perkara ibadah apa saja juga sangat bergantung pada niat.

Jadi setelah melakukan wudhu dengan sesuai rukunnya, maka umat islam di sunnahkan membaca Doa Setelah Wudhu. Yang mana hal tersebut sudah di jelaskan di dalam Al-Qur’an dan Hadist Shahih.

Meskipun doa setelah wudhu tersebut masuk dalam kategori sunnah. Namun membaca doa setelah selesai melaksanakan wudhu memiliki banyak keutamanan. maka dari itu, agar kita bisa mendapatkan keutamaan tersebut maka bisa membaca doa setelah wudhu. Yang akan kami bahas pada pertemuan kali ini.

Penjelasan Tentang Wudhu

Penjelasan Tentang Wudhu

Sebelum kita melanjutkan pada pembahasan inti yaitu Doa Setelah Wudhu. Maka ada baiknya ketahui terlebih dahulu tentang penjelasan pada wudhu tersebut. Sehingga bisa memahami arti dari wudhu tersebut.

Wudhu merupakan salah satu syarat yang harus di penuhi oleh umat islam ketika akan melaksanakan ibadah sholat, membaca Al-Qur’an atau ibadah lainnya. Karena wudhu tersebut menjadi sebuah proses dan pembersihan sebelum melaksanakan ibadah sholat.

Pasalnya wudhu menjadi syarat sah sholat yang harus di kerjakan. Karena di anggap tidak sah jika tidak mengambil terlebih dahulu. Adapun yang di maksud wudhu sendiri adalah mensucikan anggota tubuh mulai dari wajah, tangan, kepala serta kaki. Sebagaimana Firman Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-Maidah Ayat 6 yang berbunyi :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِذَا قُمۡتُمۡ إِلَى ٱلصَّلَوٰةِ فَٱغۡسِلُواْ وُجُوهَكُمۡ وَأَيۡدِيَكُمۡ إِلَى ٱلۡمَرَافِقِ وَٱمۡسَحُواْ بِرُءُوسِكُمۡ وَأَرۡجُلَكُمۡ إِلَى ٱلۡكَعۡبَيۡنِۚ وَإِن كُنتُمۡ جُنُبٗا فَٱطَّهَّرُواْۚ وَإِن كُنتُم مَّرۡضَىٰٓ أَوۡ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوۡ جَآءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ ٱلۡغَآئِطِ أَوۡ لَٰمَسۡتُمُ ٱلنِّسَآءَ فَلَمۡ تَجِدُواْ مَآءٗ فَتَيَمَّمُواْ صَعِيدٗا طَيِّبٗا فَٱمۡسَحُواْ بِوُجُوهِكُمۡ وَأَيۡدِيكُم مِّنۡهُۚ مَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيَجۡعَلَ عَلَيۡكُم مِّنۡ حَرَجٖ وَلَٰكِن يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمۡ وَلِيُتِمَّ نِعۡمَتَهُۥ عَلَيۡكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُونَ (المائدة : 6)

Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman! apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub, maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan debu itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.” (Q.S. Al-Maidah : 6)

Dan juga di perjelas dalam beberapa hadist shohih. Bahwa Rasulullah SAW Bersabda :

لاَ يَتَوَضَّأُ رَجُلٌ يُحْسِنُ وُضُوءَهُ، وَيُصَلِّي الصَّلاَةَ، إِلَّا غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الصَّلاَةِ حَتَّى يُصَلِّيَهَا

Artinya : Tidaklah seorang lelaki yang berwudu dengan memperbagus wudhunya lalu melaksanakan shalat kecuali ia diampuni dosanya di antara wudhunya itu hingga ia mengerjakan sholat. [HR. Bukhari : 160]

مَا مِنَ امْرِئٍ مُسْلِمٍ تَحْضُرُهُ صَلَاةٌ مَكْتُوبَةٌ فَيُحْسِنُ وُضُوءَهَا وَخُشُوعَهَا وَرُكُوعَهَا، إِلَّا كَانَتْ كَفَّارَةً لِمَا قَبْلَهَا مِنَ الذُّنُوبِ مَا لَمْ يُؤْتِ كَبِيرَةً وَذَلِكَ الدَّهْرَ كُلَّهُ

Artinya : Tidaklah seorang muslim ketika masuk waktu shalat wajib lalu ia sempurnakan wudhunya, khusyuknya, dan rukuknya melainkan hal itu menjadi pelebur dosa-dosa yang telah ia kerjakan sebelumnya selama ia tidak melakukan dosa besar. Dan hal itu berlaku disetiap waktu. [HR. Muslim : 228]

مَنْ أَتَمَّ الْوُضُوءَ كَمَا أَمَرَهُ اللهُ تَعَالَى، فَالصَّلَوَاتُ الْمَكْتُوبَاتُ كَفَّارَاتٌ لِمَا بَيْنَهُنَّ

Artinya : Barang siapa yang menyempurnakan wudhu sebagaimana yang Allah perintahkan maka sholat-sholat wajib yang ia kerjakan adalah pelebur dosa diantara sholat-sholat tersebut. [HR. Muslim : 231]

Jadi untuk melaksanakan wudhu sendiri tentunya ada tata cara dan rukunnya yang harus di penuhi. Agar Dalam melaksanakan wudhu bisa menjadi sempurna dan maksimal. Karena setiap ibadah dalam islam tentu memiliki tata caranya sendiri.

Adapun tujuan dari wudhu itu sendiri yaitu untuk membersihkan diri secara lahir batin. Sehingga bisa mempersiapkan dalam melakukan ibadah sholat dengan baik dan benar. Jadi wudhu tersebut merupakan salah satu ibadah paling penting dalam agama islam. Yang mana di lakukan sebelum melakukan sholat atau ibadah lainnya.

Apalagi wudhu tersebut memiliki banyak sekali manfaat yang bisa di dapatkannya. Yaitu seperti membersihkan dari kotoran, menjaga kesucian dan kebersihan serta memurnikan hati menjadi tentram. Akan tetapi hal tersebut harus di dasari dengan hati yang tulus dan ikhlas. Agar menjadi lebih sempurna lagi tentunya di tambahkan dengan membaca Doa Setelah Wudhu.

Bacaan Doa Setelah Wudhu Serta Artinya

Bacaan Doa Setelah Wudhu Serta Artinya

Membaca Doa Setelah Wudhu merupakan doa yang sangat penting bagi setiap umat muslim. Karena dengan membaca doa tersebut dapat mengungkapkan rasa syukur dan pengakuan ke pada Allah SWT atas nikmat wudhu yang sudah di berikannya. Meskipun doa setelah wudhu tersebut merupakan sunnah, namun di dalamnya memiliki banyak keutamaannya.

Doa Setelah Wudhu sebuah amalan yang di anjurkan dalam agama islam. Karena dengan membaca doa tersebut seseorang bisa memperbanyak amal kebaikan dan meminta kepada Allah SWT agar di berikan keberkahan dalam segala semua urusan.

Yang mana doa ini memiliki dua versi doa yang bisa di baca setelah melaksanakan wudhu. Doa ini tentunya sesuai dengan sunnah yang di jalankan oleh Rasulullah SAW. Terdapat doa yang pendek atau pun terdapat doa yang panjang. Adapun untuk tujuannya tetap sama yaitu untuk menyempurnakan wudhu sebelum melaksanakan ibadah sholat.

Doa Pendek Setelah Wudhu

Untuk doa setelah wudhu ini di bacakan di luar kamar mandi. Adapun untuk doanya bisa kalian lihat di bawah ini :

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

“Asyhdu anlaa ilaaha illallah wahdahuu laa syariikalah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu warasuuluh”

Artinya : aku bersaksi tiada tuhan melainkan Allah dan Muhammad SAW adalah utusan dan hamba Allah.

Doa Panjang Setelah Wudhu

Setelah malaksanakan wudhu, maka di sunnah untuk membaca doa setelah wudhu terlebih dahulu. Memohon ampun kepada Allah SWT agar di jadikan termasuk golongan orang-orang yang bertaubat, yang bersuci dan orang-orang yang sholih. Adapun untuk bacaannya adalah sebagai berikut ini :

اشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu, wahdahu laa syariika lah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa Rasuuluh. Allahummaj ‘alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikas shalihiin.”

Artinya : “Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusanNya. Ya Allah! Jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang sholeh.”

Keutamaan Membaca Doa Setelah Wudhu

Keutamaan Membaca Doa Setelah Wudhu

Meskipun membaca Doa Setelah Wudhu ini masuk dalam kategori sunnah, namun memiliki keutamaan yang bisa di dapatkan. Karena sudah di jelaskan oleh Rasulullah SAW, di jabarkan melalui hadist shahih riwayat Tirmidzi.

Dalam hadist tersebut memang sudah di jelaskan bahwa siapa pun yang setelah wudhu melaksanakan untuk membaca doa setelah wudhu maka akan di bukakan delapan pintu menuju syurga mereka dan boleh masuk dari pintu mana saja yang di inginkannya bagi mereka yang melaksanakan doa setelah wudhu.

Hal tersebut berdasarkan dalil dari Rasulullah SAW bersabda :

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ فُتِحَتْ لَهُ ثَمَانِيَةُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

Artinya : “Barangsiapa berwudhu dengan menyempurnakan wudhunya kemudian ia membaca doa (yang artinya) ‘Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang yang menyucikan diri.’ Maka dibukalah delapan pintu untuknya delapan pintu surga yang dapat ia masuki dari mana saja ia mau.” (HR. Tirmidzi, hadits shahih)

Keutamaan ini juga disampaikan dalam hadits shahih lainnya riwayat Muslim, Ahmad, dan Abu Dawud, dengan penyampaian yang sama. Adapun untuk delapan pintu menuju syurga tersebut sudah di jabarkan dalam hadits shahih riwayat Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Ahmad, An-Nasa’I dan Ibnu Abi Dunya.

Syarat-Syarat Sahnya Wudhu

Syarat-Syarat Sahnya Wudhu

Syarat wudhu merupakan syarat yang harus di penuhi oleh orang muslim sebelum melaksanakan wudhu. Karena wudhu tersebut memang salah satu proses untuk membersihkan dan menyucikan anggota tubuh menggunakan air sebelum melakasanakan ibadah seperti sholat atau membaca Al-Qur’an.

Untuk mengetahui syarat-syarat tentang wudhu juga sangat penting bagi seorang muslim. Agar wudhu tersebut bisa sempurna. Berikut ini beberapa syarat sahnya wudhu yang harus di ketahui. Silahkan simak ulasan selengkapnya di artikel ini.

  • Beragama islam. Jadi syarat sahnya wudhu yang pertama adalah harus beragam islam. Jika tidak beragama islam tentu wudhu tersebut tidaklah sah
  • Tamyiz atau usia baligh cukup umur atau pubertas
  • Air yang di gunakan adalah air suci dan bersih
  • Tidak ada sesuatu yang menghalangi air ke kulit.
  • Tidak boleh ada sesuatu di salah satu anggota badan wudhu yang dapat mengubah keaslian air.
  • Memahami jika hukum wudhu adalah wajib.
  • Tidak boleh berkeyakinan jika hukum wudhu tersebut sunnah atau tidak wajib.
  • Menggunakan air wudhu yang suci dan halal.
  • Memasuki waktu sholat yang akan dilaksanakan.

Beberapa Manfaat Doa Setelah Wudhu

 

Beberapa Manfaat Doa Setelah Wudhu

Membaca Doa Setelah Wudhu merupakan doa yang sangat penting bagi setiap umat muslim. Karena dengan membaca doa tersebut dapat mengungkapkan rasa syukur dan pengakuan ke pada Allah SWT atas nikmat wudhu yang sudah di berikannya.

Yang mana doa yang di baca oleh setiap muslim setelah melakukan wudhu atau setelah membersihkan anggota tubuh. Berdoa setelah wudhu memang menjadi bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang sudah di berikan..

Di bawah ini ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan ketika membaca doa setelah wudhu. Adapun untuk penjelasannya bisa simak sebagai berikut :

1. Menjadi Lebih Dekat Lagi Dengan Allah SWT

Setelah kita selesai berwudhu, kemudian melakukan doa setelah wudhu tentunya terdapat manfaat yang bisa kita dapatkan. Salah satunya adalah kita bisa lebih dekat dengan Allah SWT. Sehingga kita harus bersyukur atas nikmat yang sudah di berikan-Nya.

2. Percaya Dengan Kekuasan Allah SWT

Berdoa tentunya merupakan salah satu bentuk permohonan kepada Allah SWT agar selalu di berikan keberkahan hidup yang lebih baik. Tantunya kita yakin atau percaya dengan kekuasan Allah SWT. Karena Allah sudah memberikan kita nikmat yang luar biasa kepada hambanya.

3. Dapat Menenangkan Hati dan Pikiran

Manfaat selanjutnya ketika berdoa setelah wudhu adalah dapat menenangkan hati dan pikirian. Karena doa tersebut merupakan bentuk permohonan kepada Allah SWT agar dosa yang selama di lakukan dapat di ampuni. Sehingga kita akan lebih bersih hati dan jiwa karena kita telah memohon ampun kepada Allah SWT agar dosa-dosa kita di hapuskan.

Akhir Kata

Demikianlah ringkasan yang dapat kami sampaikan mengenai Doa Setelah Wudhu serta artinya yang sudah kami tulis dalam artikel ini. Semoga apa yang sudah kami sampaikan tadi bisa memberikan manfaat dan menambahkan pengetahuan tentang doa setelah wudhu, keutamaan dan manfaatnya.

Terimakasih sudah mampir di blog kami, apabila terdapat kata-kata atau penulisan yang salah kami mohon maaf sebesar-besarnya. Semoga dengan pembahasan ini bisa menjadi pembelajaran bagi yang belum mengetahuinya. Sekian dan terimkasih.

Baca juga beberapa artikel menarik lainnya:

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News Employmentandlivelihood.id

Originally posted 2023-05-11 22:17:14.