Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKP, Tanah, Pajak Motor, Dll

Untuk membuat surat kuasa, pastinya kamu harus menggunakan format-format yang benar dan terperinci ya. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui contoh surat kuasa yang baik dan benar. Disini kami akan sampaikan ke kamu contoh-contoh surat yang bisa digunakan nantinya.

Kalau ingin melakukan banyak hal yang berkaitan dengan dokumen-dokumen penting, pastilah kamu perlu menggunakan surat kuasa, ya. Namun, sepertinya kalau untuk kamu yang memang ingin melakukan pembuatan surat kuasanya, kamu akan merasa bingung kan ya bagaimana caranya.

Bahkan hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk membuat surat kuasanya juga kamu pastinya belum mengetahui. Apalagi kalau kamu merupakan orang yang baru pertama kali berhadapan dengan surat-surat seperti ini. Bingung sekali kan ya. Maka dari itu, kami akan menyampaikan ke kamu beberapa hal yang sangat penting.

Jadi tidak hanya contohnya saja, tetapi kami akan berikan ke kamu pembahasan secara detail mengenai surat kuasa ini. Bagaimana kamu pastinya merasa bingung kan dengan penjelasan mengenai surat kuasa ini? Baiklah, kalau begitu kamu bisa menyimak pembahasan yang ada langsung yuk.

Penjelasan Lengkap Mengenai Surat Kuasa

contoh-surat-kuasa

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan yang intinya, kami akan sampaikan ke kamu penjelasan mengenai surat kuasa ini sendiri. Untuk membuat surat kuasa kan kamu harus tahu ya tentang banyak hal di dalamnya terlebih dahulu. Ya, seperti yang sudah kami katakan di atas, kamu harus paham terlebih dahulu baru nantinya kamu akan bisa membuat suratnya dengan baik.

Langsung memasuki bagian pembahasannya saja, yuk. Jadi, surat kuasa ini merupakan salah satu jenis surat yang bisa digunakan orang-orang untuk bukti pemindahan suatu hak. Tidak hanya bisa digunakan untuk pemindahan tanah saja, ya tetapi masih banyak hal-hal yang akan bisa dibuktikan pemindahannya dengan surat kuasa ini.

Untuk lebih paham, surat kuasa ini merupakan surat yang menyatakan pemberian kekuasaan kepada orang lain, yang dimana disebut sebagai wali kuasa. Dimana wali kuasa ini nantinya akan bisa memberikan tindakan apapun atas kuasa yang diberikannya tersebut. Sudah paham sampai disini?

Kalau intinya, surat kuasa ini merupakan surat yang memang dibutuhkan saat melakukan pemindahan kekuasaan atas apapun. Mau melakukan pemindahan kuasa untuk tanah, pengambilan dokumen tertentu atau lainnya. Nantinya kamu bisa menggunakan pemindahan kuasa hal yang penting deh ya.

Sebagai contoh, kamu ingin melakukan pemindahan kuasa terhadap barang yang yang kamu beli gitu. Nantinya kamu akan bisa lho membuat surat kuasa atas pemindahan kuasa barangnya tersebut. Pembuatan surat kuasa ini nantinya akan bisa memberikan ke kamu wewenang yang sudah jelas gitu. Semakin paham kan kalau seperti ini?

Untuk itu, kamu tidak perlu lagi bingung-bingung dalam melakukan halnya. Ingin langsung membuat surat kuasa gitu? Oke kalau memang seperti itu, kamu bisa menyimak pembahasan yang lebih banyaknya lagi di bawah ini ya. Jangan sampai kamu lewatkan pembahasannya ya.

Beberapa Jenis Surat Kuasa yang Harus Diketahui

contoh-surat-kuasa

Setelah mengetahui tentang penjelasan mengenai surat kuasa, maka kamu nantinya akan bertemu dengan jenis-jenis surat kuasa. Iya, jadi surat kuasa ini tidak hanya satu jenis saja tetapi akan memiliki beberapa jenis. Dengan menggunakan beberapa jenis tersebut, nantinya kamu akan bisa lebih mengetahuinya secara spesifik.

Kan nantinya dalam membuat surat kuasa kamu harus membuat surat sesuai dengan jenisnya gitu lho ya. Jadi, kalau membuat surat kuasa tidak hanya semata-mata menggunakan satu jenis saja. Untuk itu, ya kamu harus mengetahui beberapa jenisnya yang bisa digunakan.

Dalam menggunakan jenis-jenis surat kuasanya ini juga harus sesuai dengan penempatannya tersebut. Jangan sampai salah memilih atau menggunakan jenis surat kuasanya. Karena kalau sampai salah ya nanti surat kuasanya menjadi tidak sah karena tidak benar dalam bentuk atau format yang digunakan.

Walaupun memang sih ya jenis atau format yang ada di surat kuasa ini hanya seperti itu saja, tetapi kan di setiap jenisnya masing-masing akan ada bentuk yang sedikit berbedanya gitu. Supaya kamu lebih memahaminya, langsung saja simak perincian tentang jenis dari surat kuasanya sebagai berikut.

Surat Kuasa Pribadi

Untuk jenis surat kuasa yang pertama ini adalah surat kuasa pribadi, dimana nantinya kamu akan bisa menggunakan surat kuasa ini hanya untuk perorangan atau pribadi gitu. Tidak bisa digunakan untuk pemindahan kekuasaan yang beramai-ramai gitu lho ya.

Menggunakan surat pemindahan kuasa jenis yang satu ini juga nantinya hanya bisa digunakan untuk hal atau dokumen yang ada kaitannya dengan dokumen pribadi gitu, ya. Seperti surat kuasa untuk pengambilan gaji pensiun, surat kuasa untuk pengambilan barang-barang atau lainnya. Masih banyak sekali surat kuasa yang akan bisa kamu gunakan deh.

Surat Kuasa Resmi

Surat kuasa yang resmi ini adalah surat pemindahan yang dikeluarkan oleh instansi-instansi atau lembaga yang berwenang. Jenis surat yang satu ini memiliki sifat yang formal, ya jadi tidak bisa sembarangan dibuat atau diciptakan. Nantinya surat ini akan dikeluarkan untuk hal-hal yang memang krusial dan berasal dari suatu instansi gitu.

Seperti saja surat yang akan digunakan untuk pemindahan tugas atau wewenang pekerjaan yang dilakukan di luar kota, ya. Jad, isi dari suratnya juga ada berisikan wewenang-wewenang yang harus dijalankan oleh karyawan selama menjalankan tugasnya. Dimana tugas-tugas yang akan dikerjakannya ini harus sesuai dengan ketentuan yang sudah ditentukan perusahaan.

Surat Kuasa Insidentil

Jenis surat kuasa yang selanjutnya ini adalah surat kuasa insidentil, dimana surat kuasa ini merupakan surat yang memang dibuat berdasarkan kejadian di suatu peristiwa atau kejadian. Nantinya kalau kamu membuat surat kuasa ini, harus didasarkan oleh suatu kejadian tersebut, ya.

Orang yang membuat surat kuasa ini adalah orang yang masih memiliki hubungan darah oleh pemberi dan juga si penerima kuasa tersebut. Jadi, untuk surat kuasa jenis yang ini bisa dibilang termasuk dokumen yang resmi juga lho ya.

Surat Kuasa Khusus

Seperti namanya surat kuasa khusus ini dibuat untuk melakukan pemindahan kekuasaan yang sangat khusus gitu ya. Surat kuasa yang satu ini nantinya akan mewakilkan atau memberikan bukti khusus untuk suatu kepentingan yang tertentu lho ya.

Untuk menjadikan surat ini lebih sah di mata hukum yang berlaku, maka nantinya kamu harus menuliskan amanat-amanat yang jelas dan juga rinci di dalam surat kuasanya ini. Bagaimana sudah paham kan?

Surat Kuasa Perantara

Nah, kalau surat kuasa perantara ini merupakan salah satu jenis surat pemindahan yang dibuat untuk menunjuk perwakilan dari agen perdagangannya. Jadi, nantinya di dalam surat yang dibuat akan berisi tentang perintah yang harus dijalankan dari pihak pertama kepada pihak yang kedua. Nah, pihak yang ketiga ini nantinya dituliskan identitasnya secara lengkap, ya.

Surat Kuasa Istimewa

Surat kuasa yang terakhir ini adalah jenis surat kuasa istimewa. Dimana di dalam surat kuasa yang satu ini nantinya akan berisikan banyak hal yang penting. Untuk membuat surat kuasa jenis yang satu ini, nantinya akan bisa dilakukan oleh pihak yang bersangkutan atau yang memang memiliki kewenangan.

Selain contoh surat kuasa diatas ada juga beberapa surat kuasa lainnya, diantaranya adalah :

  • Pengambilan BPKP
  • Kuasa Tanah
  • Pajak Motor
  • Ahli Waris
  • Pengambilan Uang
  • Bermaterai
  • Pengambilan Ijazah
  • Sertifikat Tanah
  • Perceraian
  • Dll

Ciri Khas yang Dimiliki Oleh Surat Kuasa dan Membedakan Dari Surat Lainnya

contoh-surat-kuasa

Nah, sudah mengetahui kan jenis-jenis dari surat kuasa yang akan bisa kamu gunakan dalam membuat suatu halnya? Kalau begitu, sekarang kami akan sampaikan ke kamu beberapa ciri dari surat kuasa yang memang harus diketahui. Mungkin kan kamu akan melihat banyak jenis surat, ya tetapi kalau kamu ingin membedakan antara surat kuasa dan surat lainnya kamu harus ketahui ciri-cirinya dahulu.

Maka dari itu, di bawah ini Employmentandlivelihood.id akan sampaikan ke kamu tentang ciri khas dari surat kuasanya ini. Oke deh kalau begitu, di bawah ini kami akan sampaikan ke kamu ciri khas yang akan bisa membedakan surat kuasa dengan jenis surat yang lainnya.

  • Di dalam surat terdapat pernyataan yang menjelaskan tentang pengalihan suatu wewenang atau kekuasaan yang diberikan kepada wali kuasa.
  • Surat yang dituliskan menggunakan bahasa baku, yaitu bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  • Untuk tata bahasa yang digunakan dalam surat harus baik, yaitu menggunakan kata yang jelas, padat dan juga singkat. Tidak perlu menggunakan bahasa yang panjang atau belibet-libet.

Bagian-Bagian Surat Kuasa Lengkap

Bagian-Bagian-Surat-Kuasa-Lengkap

Untuk membuat jenis surat kuasa yang baik dan benar, maka nantinya kamu harus mengetahui tentang bagian-bagian yang ada di dalam jenis surat satu ini. Kalau kamu membuat surat kuasa dan tidak menggunakan bagian-bagian yang ada di dalam suratnya ini nanti surat kuasa yang kamu buat tidak sempurna.

Jadi, untuk kamu yang ingin membuat surat kuasa dengan menggunakan bagian-bagian yang benar, kami akan sampaikan ke kamu bagian-bagian yang bisa digunakan. Oke, kalau begitu, langsung saja di bawah ini ya.

  • Pertama, kamu harus membuat kop surat yang mana berisi nama instansi dan alamat. Intinya semua hal lengkap mengenai instansi yang membuat suratnya tersebut, ya.
  • Membuat nomor surat sesuai dengan kaidah nomor surat.
  • Tuliskan judul surat yang ingin dibuat.
  • Buat tanggal dari pemberian kuasanya.
  • Langsung tuliskan identitas yang lengkap dari si pemberi kuasa.
  • Isi dari surat yang memiliki keterkaitan tentang pemberian kuasa.
  • Jangan lupa untuk membuat tanda tangan si pemberi kuasa dan juga tanda tangan dari penerima kuasanya.
  • Berikan cap instansi atau stempel dari instansi yang terkait.

Hal Penting yang Harus Dilakukan Dalam Pembuatan Surat Kuasa

Dalam pembuatan surat kuasa kamu harus memperhatikan hal-hal yang memang penting untuk dilakukan, ya. Karena kalau membuat surat kuasa ini kan bisa dibilangnya pembuatan dokumen yang formal gitu, ya. Jadi, nantinya kamu akan bisa membuatnya dengan sangat mudah dan benar.

  • Siapkan dokumen yang lengkap dan diperlukan dalam pembuatan surat kuasa.
  • Pilihlah orang yang dipercaya untuk menangani pemberian kekuasaannya tersebut supaya tetap berjalan sebagaimana mestinya.
  • Gunakan cap atau materai yang sesuai dengan instansi atau pihak berwenang.

Contoh Surat Kuasa dalam Bentuk Word

Untuk kamu yang memang ingin membuat surat kuasa, nantinya kamu akan bisa langsung membuat dengan memperhatikan hal-hal yang sudah kami sampaikan di atas, ya. Namun, bagi kamu yang memang masih belum bisa atau kurang paham bagaimana surat kuasanya, maka kami akan sampaikan ke kamu contoh surat kuasa yang baik dan benar dalam bentuk word.

Download contoh surat kuasa dengan format yang baik dan benar dalam bentuk docx –> Download Disini

Baca Artikel Lainnya Disini :