Cara Kompres Foto di Laptop dan HP Secara Online Praktis

KPP261.id – Cara kompres foto di laptop dan hp adalah hal yang harus kamu ketahui. Karenanya hal tersebut akan sangat berguna untuk kamu, terutama bagi kamu yang membutuhkan ukuran foto yang kecil. Nah disini kamu akan mengetahui caranya.

Adapun untuk melakukan hal tersebut, sebenarnya sangatlah mudah dimana dalam hal ini kamu bisa menggunakan beragam cara. Kamu bisa menggunakan perangkat seperti laptop dan hp ataupun perangkat lainnya yang bisa terhubung ke dalam web online.

Nah tanpa harus menunggu lagi, teruntuk kamu yang ingin segera memperkecil ukuran sebuah foto. Maka baca lah penjelasan cara kompres foto dari kami ini dengan baik. Karena nya disini ada berbagai pilihan cara mengompres foto yang bisa kamu pakai.

Tentang Kompres Foto

Tentang Kompres Foto

Di era yang serbi – serba digital ini, mungkin kita sudah tak asing dan bahkan telah akrab dengan istilah kompres foto. Dimana banyak sekali kegunaan dari adanya pengompresan pada foto digital.

Diantara dari banyak gunanya tersebut adalah untuk mengurangi waktu pada saat melakukan pengunggahan foto ke dalam sebuah website. Selain itu hasil dari foto yang sudah dikompres juga bisa menghemat pemakaian memori dan kuota.

Adapun bagi kamu yang tak tau apa itu kompres foto. Kompres foto sendiri memiliki arti pengecilan ukuran gambar ataupun memori gambar sehingga hasil foto tidak akan membebani sebuah memori penyimpanan.

Apabila kamu menginginkan hasil kompres dengan kualitas maksimal. Maka kami sarankan untuk memakai cara kompres foto dengan menggunakan aplikasi khusu ataupun layanan web online.

Karena biasanya pada layanan khusus kompresi tersebut terdapat pengaturan untuk menghasilkan keluaran kompres foto dengan hasil maksimal. Adapun untuk aplikasi dan cara-caranya silahkan kamu lihat saja kembali ke pembahasan di atas.

Untuk layanan kompres pada aplikasi khusus dan web online yang kami berikan di atas. Silahkan kamu gunakan saja, karenanya layanan tersebut sangatlah aman. Namun jika kamu menggunakan layanan lain, maka kamu perlu melihat reviewnya terlebih dulu.

Di era yang serbi – serba digital ini. Maka mengetahui cara untuk melakukan kompres foto sangatlah penting. Karenanya terdapat berbagai keperluan yang mengaharuskan kamu untuk menggunakan sebuah foto dengan format ukuran yang kecil.

Nah maka darinya sangat perlu bagi kamu untuk mengetahui berbagai cara kompres foto. Baik itu dengan laptop ataupun hp. Adapun berbagai cara untuk kompres foto tersebut, bisa kamu pelajari di dalam artikel kami ini.

Cara Kompres Foto Memakai Aplikasi Bawaan Laptop

Cara Kompres Foto Memakai Aplikasi Bawaan Laptop

Nah setelah membahas kompres foto. Maka berikutnya kita langsung lihat saja penjelasan terkait cara – caranya. Dimana sebelumnya dijelaskan, kalau kamu bisa memakai beragam cara untuk melakukan kompresi foto. Baik itu di laptop ataupun di hp.

Cara kompres foto pertama yang akan kami berikan adalah dengan memakai aplikasi bawaan laptop. Bagi kamu yang tak mau repot mencari aplikasi tambahan khusus atau pun web khusus yang memberikan layanan kompresi foto. Maka ini cara cocok buat kamu.

Berarti adapun dengan cara kompres ini, maka kamu akan bisa lebih menghemat penyimpanan memori dan juga kuota. Namun perlu kamu ketahui proses dari kompresi menggunakan aplikasi bawaan ini tidak bisa kamu custom atau setting sendiri.

Jadi terkadang hasil yang dikeluarkan setelah proses kompresinya tidak lah maksimal. Namun cara ini mungkin bisa jadi opsi pertama kamu jika ingin melakukan kompresi. Lalu jika kamu merasa cara ini kurang maksimal, maka kamu bisa coba alternatif cara lainnya.

Yang harus kamu persiapkan untuk memakai cara kompres foto yang satu ini adalah sebuah laptop dan juga foto yang mau kamu kompres. Selanjutnya mari akhiri basa – basi dan langsung saja ikuti langkah dari deretan cara kompresi foto berikut ini.

1. Kompres Dengan Aplikasi Bawaan Paint

Aplikasi bawaan di laptop yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah aplikasi paint. Dimana aplikasi ini adalah bawaan windows untuk menggambar. Namun selain untuk menggambar, disini kamu juga bisa melakukan kompresi foto. Adapun berikut ini caranya.

  1. Pertama, bukalah aplikasi paint. Untuk membukanya, kamu bisa mencari aplikasi tersebut menggunakan fitur pencarian pada menu windows dan tekan open.
  2. Lalu setelah terbuka, silahkan kamu masukan foto yang ingin kamu kompres. Adapun caranya adalah dengan masuk ke menu insert dan pilih brows. Atau kamu juga bisa memasukan langsung dengan cara ke menu file dan pilih open.
  3. Kemudian apabila canvas telah terisi dengan gambar foto. Maka selanjutnya kamu bisa mengompres nya dengan cara masuk ke menu file dan pilih fitur resize.
  4. Setelah kamu memilih fitur resize, maka akan muncul sebuah pop up window. Dimana disini kamu bisa melakukan setting pada ukuran foto yang di inginkan.
  5. Di window ini pilih lah opsi pixel agar lebih mudah melakukan kompresinya. Selanjutnya pada bagian horizontal dan vertikal, silahkan kamu masukan ukuran yang kamu mau.
  6. Apabila sudah, di bawahnya silahkan kamu hilangkan tanda centang pada bagian maintain aspect ratio.
  7. Jika sudah, klik saja ok. Maka nantinya gambar kamu akan terkompres secara otomatis mengikuti ukuran yang kamu inginkan.
  8. Setelah gambar terkompres. Maka selanjutnya silahkan simpan saja gambarnya denagn cara melakukan save as. Kemudian jangan lupa simpan lah file dalam format JPG atau PNG.
  9. Jika sudah tersimpan maka selamat foto telah berhasil dikompres.

2. Kompres Langsung Di Aplikasi Photos

Photos adalah aplikasi bawaan windows yang biasa dipakai untuk melihat file gambar berformat jpg, png dan lainnya. Namun selain dari kegunaan untuk melihat file gambar, kamu juga bisa memakai photos untuk melakukan kompres. Berikut caranya.

  1. Pertama, silahkan buka file foto kamu dengan menggunakan aplikasi photos.
  2. Kemudian apabila file telah terbuka, silahkan kamu pilih menu yang disimbolkan dengan titik tiga pada bagian atas.
  3. Setelah itu carilah menu resize dan tekanlah fitur tersebut untuk memulai kompres foto.
  4. Maka selanjutnya akan muncul sebuah pop up window yang akan memberikan pilihan opsi resize. Disini kamu bisa memilih opsi resize kecil, sedang ataupun besar.
  5. Pilihlah opsi tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu dan hilangkan centang pada kotak maintain aspect ratio. Lalu klik simpan.
  6. Jika sudah disimpan. Maka kamu bisa melihat hasil kompresnya di dalam folder yang sama dengan foto yang belum di resize. Selesai.

Alternatif Cara Kompres Foto Mudah Di Laptop Memakai Aplikasi Khusus

Alternatif Cara Kompres Foto Mudah Di Laptop Memakai Aplikasi Khusus

Cara kompres foto berikutnya masih menggunakan perangkat laptop. Namun berbeda dari sebelumnya, disini kamu bisa memaksimalkan hasil dari kompres foto yang kamu lakukan. Adapun caranya adalah dengan memakai aplikasi khusus kompres foto.

Sebenarnya aplikasi khusus kompres foto ini ada banyak sekali. Namun disini kami hanya akan memberikan aplikasi yang kami rekomendasikan saja. Maka dari itu tak perlu berlama lagi, Silahkan kamu baca saja caranya sebagaimana berikut.

1. Cara Kompres Foto Dengan Fotosizer

Fotosizer adalah rekomendasi aplikasi kompres foto pertama dari kami. Dimana aplikasi ini sangatlah mudah untuk digunakan terutama dalam kompres foto. Adapun bagi kamu yang tidak tau cara menggunakannya. Berikut adalah instruksi langkah mudahnya.

  1. Pertama, untuk kamu yang belum punya aplikasinya. Maka kamu bisa mengunduhnya melalui web resmi fotosizer. Untuk mencarinya silahkan ketik saja pada kolom pencarian google dengan nama fotosizer.
  2. Setelah itu, kamu install saja terlebih dulu aplikasinya pada laptop..
  3. Apabila telah selesai, maka langsung buka saja fotosizer nya.
  4. Sebelum digunakan, disini kamu atur terlebih dulu ukuran persentase menjadi ukuran pixel alias px.
  5. Selanjutnya kamu bisa pilih opsi resize setting. Dimana ada pilihan untuk fit, strecth, side, pad dan crop.
  6. Silahkan kamu sesuaikan dengan ukuran yang kamu inginkan. Namun jika kamu ingin hasil gambar yang tidak berubah maka lebih baik jika kamu pilih opsi fit.
  7. Berikutnya silahkan kamu masukan ukuran tinggi dan lebar sesuai keinginan.
  8. Kemudian agar hasil bisa sesuai dengan keinginan. Silahkan kamu beri centang pada fitur do not enlarge dan hilangkan centang pada reserve widh and height.
  9. Untuk memaksimalkan kualitas foto pada hasilnya nanti. Maka disini kamu bisa masuk ke pengaturan miscellaneous setting. Agar hasil gambar bagus pilihlah kualitas ke 100% dan DPI sesuka hati kamu.
  10. Lalu pada destination setting. Silahkan kamu atur folder lokasi penyimapan sesuka hati dan aturlah output format ke dalam format JPG.
  11. Setelah selesai silahkan kamu masukan foto yang ingin kamu kompres dan setelahnya klik lah tombol start. Selesai.

2. Cara Kompres Foto Dengan Photoscape

Photoscape adalah aplikasi khusus edit foto yang bisa kamu pakai secara gratis. Dimana untuk salah satu fitur editnya adalah fitur kompres foto. Bagi kamu yang ingin tahu bagaimana cara kompres foto memakai photoscape. Silahkan lihat saja dibawah ini.

  1. Pertama, bukalah aplikasi photoscape.
  2. Pada kolom menu yang ada dibagian atas, silahkan kamu pilih menu editor.
  3. Lalu masukanlah foto yang ingin kamu kompres dengan cara melakukan drag ataupun browse.
  4. Untuk melakukan kompres foto. Maka kamu ubah saja kolom ukuran di bagian deskripsi foto menjadi ukuran yang kamu inignkan.
  5. Kemudian aplikasi otomatis akan mengompres foto sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Aplikasi Kompres Foto Di HP Beserta Cara Kompres Foto

Aplikasi Kompres Foto Di HP Beserta Cara Kompres Foto

Setelah tadi dibahas cara kompres foto melalui laptop. Maka sekarang saatnya untuk mempelajari cara kompres foto bagi kamu pengguna hp android. Untuk aplikasinya sendiri sebenarnya ada banyak. Namun berikut ini adalah rekomendasi dan cara dari kami.

  1. Pertama, kamu harus memasang terlebih dahulu aplikasi photo compress. Silahkan kamu cari saja pada layanan play store google.
  2. Setelah terpasang, maka bukalah aplikasi dan pilih foto yang ingin kamu kompres dengan cara memilih fitur menu select photo.
  3. Apabila foto telah dimasukan. Maka aplikasi secara otomatis akan menyimpan hasik kompres foto kamu pada memori hp.
  4. Untuk melihatnya silahkan kamu buka saja galeri dan pilih folde picture. Biasanya di dalam folder itulah hasil kompres foto disimpan. Selesai.

Alternatif Cara Kompres Foto Memakai Layanan Web Online Di Laptop Dan HP

Alternatif Cara Kompres Foto Memakai Layanan Web Online Di Laptop Dan HP

Selain dari penggunaan aplikasi, cara kompres foto lain yang bisa digunakan adalah memakai layanan web online. Dimana seperti yang diketahui, kini ada banyak sekali web penyedia tools yang dimana salah satunya adalah alat kompresi.

Web penyedia tools kompresi sendiri bisa dibilang tersebar banyak di dalam jaringan web. Namun seperti halnya alat kompresi lain. Disini hanya akan kami berikan cara dan rekomendasi layanan web kompres online dari kami saja. Dimana berikut adalah caranya.

  1. Pertama, silahkan kamu buka situs IloveImg. Kamu bisa mencari situs tersebut pada layanan pencarian google.
  2. Jika kamu sudah masuk kedalam dashboard situ IloveImg. Maka silahkan kamu masukan foto yang ingin kamu kompres secara langsung ke web.
  3. Adapun caranya adalah dengan melakukan drag pada file foto di dalam folder dan kemudian drop pada kolom foto di web Iloveimg. Jika kamu pengguna hp maka kamu bisa memasukan foto dengan cara browse foto.
  4. Setelah foto dimasukan ke dalam iloveimg. Maka silahkan kamu tekan lanjut untuk kemudian mengedit gambar.
  5. Apabila tidak ada yang ingin kamu edit lagi. Maka tekan saja selesai dan tunggu proses kompresnya sampai selesai.
  6. Kemudian jika proses kompres selesai. Downloadlah hasil tersebut ke dalam folder penyimpanan hp ataupun laptop kamu dengan cara simpan ke disk.
  7. Selesai.

FAQ

1. Bagaimana Cara Kompres Foto Tanpa Menurunkan Kualitas Foto?

Apabila kamu menginginkan hasil kompres dengan kualitas maksimal. Maka kami sarankan untuk memakai cara kompres foto dengan menggunakan aplikasi khusu ataupun layanan web online.

Karena biasanya pada layanan khusus kompresi tersebut terdapat pengaturan untuk menghasilkan keluaran kompres foto dengan hasil maksimal. Adapun untuk aplikasi dan cara-caranya silahkan kamu lihat saja kembali ke pembahasan di atas.

2. Apakah Aman Untuk Melakukan Cara Kompres Foto Dengan Aplikasi Khusus Dan Web Online?

Untuk layanan kompres pada aplikasi khusus dan web online yang kami berikan di atas. Silahkan kamu gunakan saja, karenanya layanan tersebut sangatlah aman. Namun jika kamu menggunakan layanan lain, maka kamu perlu melihat reviewnya terlebih dulu.

3. Kenapa Mengetahui Cara Kompres Foto Sangat Penting?

Di era yang serbi – serba digital ini. Maka mengetahui cara untuk melakukan kompres foto sangatlah penting. Karenanya terdapat berbagai keperluan yang mengaharuskan kamu untuk menggunakan sebuah foto dengan format ukuran yang kecil.

Akhir Kata

Begitu saja kiranya info mengenai cara kompres foto di laptop dan hp yang bisa di suguhkan. Kini agar ukuran foto kamu menjadi lebih kecil, kamu bisa gunakan beberapa opsi yang telah kami berikan di atas. Semoga dengan info ini kamu jadi lebih di mudahkan.

Apabila kamu memiliki masalah dan memerlukan tips dan cara untuk mengatasinya. Silahkan kunjungi dan datangi saja portal web kami. Karena mungkin beberapa dari artikel kami bisa membantu kamu. Sekian sampai berjumpa kembali dan lalu terima kasih.

Baca juga artikel bermanfaat dari kami lainnya disini :

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News Employmentandlivelihood.id

Originally posted 2023-05-01 07:36:10.