Bacaan Doa Gempa Bumi Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Doa Gempa Bumi – Gempa bumi adalah sebuah peristiwa alam yang terjadi ketika terjadi getaran pada permukaan bumi, yang biasanya disebabkan oleh pelepasan energi dari dalam bumi. Baik itu dari pergerakan lempeng tektonik, aktivitas gunung berapi, maupun dari ledakan nuklir.

Gempa bumi biasanya disertai dengan getaran, guncangan, dan bergoyangnya tanah atau bangunan. Gempa bumi dapat terjadi di mana saja di dunia, namun beberapa wilayah di dunia ada yang lebih sering mengalami gempa bumi karena letaknya di atas daerah pergerakan lempeng bumi.

Hal ini merupakan bukti nyata adanya kekuasaan Allah SWT jika berkehendak maka tidak menunggu waktu yang lama kehidupan bisa berubah hancur luluh lantak oleh besarnya goncangan dunia.

Doa Yang Dibaca Pada Saat Gempa Bumi

Doa Yang Dibaca Pada Saat Gempa Bumi

Untuk mengurangi dampak buruk dari gempa bumi, beberapa tindakan dapat dilakukan seperti membangun bangunan yang tahan gempa, membuat jalur evakuasi. Serta meningkatkan kesadaran dan persiapan masyarakat dalam menghadapi gempa bumi.

Selain itu doa juga dapat menjadi salah satu bentuk persiapan spiritual dalam menghadapi bencana alam seperti gempa bumi. Karena dengan adanya doa manusia akan semakin merasa bahwa dirinya tidak mampu berbuat apa-apa.

Doa Gempa Bumi Arab, Latin Dan Artinya

Untuk mempermudah pembaca yang budiman mengenai doa gempa bumi, maka penulis menyiapkan tulisan dengan teks arab, latin dan artinya. Karena tidak semua orang diberi kemudahan untuk membaca tulisan arab. Ada juga yang pandai membaca tulisan arab namun tidak paham makna atau arti dari bacaan doa tersebut.

Adapun bacaan doa gempa bumi arab, latin dan artinya bisa dilihat dibawah ini :

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzi la yadurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wa laa fissamaa’i, wa huwassamii’ul ‘aliim

Artinya :

“Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui).” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Doa Gempa bumi Secara Islam Nu

Doa Gempa bumi Secara Islam Nu

Berdoa merupakan keharusan sebagai seorang muslim terlebih jika terkait tentang kemanan dalam situasi kehidupan salah satunya seperti musibah gempa dan lainsebagainya.

Karena yang mengatur alam semesta ini tiada lain hanyalah Allah SWT, sehingga dengan penuh harap ketika berdoa memohon diberikan keselamatan insya Allah atas izinnya akan selamat.

Adapun bacaan doa gempa bumi sesuai sunnah dapat dilihat dibawah ini :

اللّٰهُمَّ بِحَقِّ الْفَاتِحَةِ وَسِرِّ الْفَاتِحَةِ يَا فَارِجَ الْهَمِّ وَيَاكَاشِفَ الْغَمِّ، يَامَنْ لِعِبَادِهِ يَغْفِرُوَيَرْحَمُ، يَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَا اَللّٰهُ، وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحْمٰنُ وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحِيْمُ

Allohumma bihaqqil fatihah, wasirril fatihah, yaa faarijal hamma, wa yaa kasyifal ghomma, yaa man li ibaadihi yaghfiru wa yarham, yaa dafi’al bala-i yaa allah, wa yaa dafi’al bala-i ya rohman, wa yaa dafi’al bala-i yaa rohiim.

Artinya :

“Ya Allah, dengan kebenaran Al-Fatihah dan rahasia Al-Fatihah, Wahai sang pembedah kegelisahan. Wahai Sang Penyingkap Kebingugnan. Wahai Dzat yang mengampuni dan mengasihi para hambaNya, Wahai Sang Penolak Bala, Ya Allah. Tuhan Yang Maha Pengasih. Wahai Sang Penolak Bala, Tuhan Yang Maha Penyayang,”

Doa Gempa Bumi Sesuai Sunnah

Rosulullah SAW penah mencontohkan kepada para sahabatNya ketika disuatu daerah yang ditempati terkena musibah gempa. Tentunya sebagai seorang muslim dengan hal ini dapat mengikuti apa yang disampaikan oleh Rosulullah SAW ketika dilanda gempa.

Adapun bacaan doa gempa sesuai sunnah adalah sepeti dibawah ini :

Bismillahir Rahmanir Rahiim, Innalillahi wa inna ilaihi roojiun, Allohumma Ajirhum Fii Musibatihim, Wa akhlif lahum khairan minha.

Artinya :

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, Sesungguhnya kami ialah milik Allah SWT dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Allah.

Doa ini memberikan pengertian bahwa kehidupan yang ada dimuka bumi ini tiada hidup kecuali dihidupkan oleh Allah SWT. Jika sudah waktunya tiba maka Allah jualah yang akan mematikannya.

Doa Gempa Bumi Muhammadiayah

Doa Gempa Bumi Muhammadiayah

Sebagai salah satu organisasi terbesar diindonesia muhammadiyyah yang memiliki kualitas kemajuan ummat dalam bidang pendidikan, dakwah dan pelayanan sosial. Sehingga sampai dengan saat ini kemajuan terkait bidang pendidikan muhammadiyyah masih unggul sampai perguruan tinggi.

Melihat dari seringnya bencana alam yang dialami oleh ummat manusia, organisasi Muhammadiyah ini tidak tinggal diam dan selalu ikut andil dalam membantu saudara yang ditimpa musibah. Tentu saja salah satunya adalah berdoa untuk keselamatan saudara-saudara yang tertimpa musibah.

Adapun bacaan doa gempa bumi muhammadiyyah adalah seperti dibawah ini :

Allahumma ahminna min rajzi al-ardhi wa zilzilatiha wa min fazi’iha wa khawfiha wa min ‘adhabiha wa min zallliha.

Artinya :

Ya Allah, lindungilah kami dari guncangan bumi, gempa, rasa takut dan ketakutan, serta azab dan kehancurannya.

Doa tersebut diatas bisa diamalkan bukan hanya pada saat ditimpa musibah gempa saja. Akan tetapi bisa diamalkan setelah melaksanakan sholat lima waktu dan lain sebagainya.

Penutup

Demikianlah ringkasan terkait bacaan doa gempa bumi yang ditulis dalam artikel Employmentandlivelihood.id. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat, terlebih akhir-akhir banyak sekali musibah yang datang.

Sehingga dengan wasilah bacaan doa gempa bumi Allah SWT berikan keselamatan baik lahir maupun bathin. Wallahu A’lam…

Baca Juga :