Account Officer Adalah, Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab

Employmentandlivelihood.id – Account officer adalah penyebutan bagi orang-orang yang bertanggung jawab pengelolaan sistem akuntansi di bidang keuangan, seperti koperasi atau bank. Orang ini mempunyai tanggung jawab untuk dapat tingkatkan penggunaan produk kredit atau apapun itu kepada nasabah.

Pada di dalam perusahaan yang bergerak di bidang keuangan terdapat beragam macam tingkatan yang tentunya pasti beragam macam orangnya. Semua orang di dalam satu tingkatan memiliki fungsi, tugas, dan peran yang bermacam-macam satu sama lainnya, tetapi tujuannya itu sama semua untuk memajukan instansi.

Nah begitu juga dengan jabatan Account Officer. Karena nasabah atau user ini menjadi bagian paling penting dalam kelanjutan bisnis bank, maka posisi AO ini menjadi sangat penting dan selalu ada pada posisi ini. Nah disini kami akan menjelaskan tentang apa itu jabatan Account Officer ini di dunia pekerjaan.

Membahas Tentang Apa Itu Account Officer

Membahas Tentang Apa Itu Account Officer

Account officer merupakan posisi kerjaan di sebuah instansi keuangan seperti koperasi atau Bank yang memiliki tugas, peranan dan tanggung jawab untuk mengisi kebutuhan klien atau pengguna dalam hal soal kredit.

Pada di dalam perusahaan yang bergerak di bidang keuangan terdapat beragam macam tingkatan yang tentunya pasti beragam macam orangnya. Semua orang di dalam satu tingkatan memiliki fungsi, tugas, dan peran yang bermacam-macam satu sama lainnya, tetapi tujuannya itu sama semua untuk memajukan instansi.

Karena nasabah atau pengguna ini menjadi bagian penting dalam kelanjutan bisnis pada bank, maka posisi AO (Acount oficer) ini menjadi sangat penting dan selalu ada posisi ini di instansi perbankan. Di dunia perbankan, ada beberapa jenis macam acount officer. Disini kami akan menjelaskan satu persatu.

1. Account officer micro

Seorang Account Officer Mikro (AOM) merupakan orang yang face to face antara bank dan nasabah. Yang dimana harus menjaga hubungan baik dengan klien atau nasabah, dan wajib mengontrol seluruh kegiatan nasabah secara terus dan menerus.

Selain itu Account Officer Mikro (AOM) juga bertugas untuk menganalisis layak pembiayaan calon klien dengan sangat baik agar mecega pembiayaan bermasalah. Selain itu tugas dari Acount oficer ini mencari atau mengajak nasabah baru, Menganalisis calon nasabah atau klien baru.

Ditambah juga harus enjaga hubungan dengan baik bersama nasabah, meningkat kualitas pembiayaan dari nasabah dann melakukan penagihan ke klien yang menunggak.

2. Account oficer SME

Pekerjaan dari salah satu jenis acount oficer ini bertugas seperti lakukan sosialisasi sebuah produk pembiayaan kepada klien potensial. Membuat proposal pembiayaan setelah melakukan sosialisasi, Melakukan analisis nasabah dan survey layakan pembiayaan. Dan juga membuat laporan keuangan instansi sederhana.

3. Account oficer Secured Loan

Tugasnya memberikan solusi bagi para klien yang ingin mengajuan KPR dengan cara menganalisis legalitas dari nasabah, membuat hubungan yang baik dengan klien, memberikan solusi soal masalah dalam pengajuan kredit.

4. Account officer financial service

Tugasnya yaitu produk yang memudahkan klien untuk mengelola aset financial yang dipunya. Bentuknya bisa bermacam-macam, mulai dari alat menampung uang, mendapatkan pinjaman duit, sampai pengembangan uang melalui investasi.

5. Account Oficer Kredit

Tugas Officer Kredit yaitu bertemu dengan nasabah yang tertarik untuk ambil pinjaman untuk memberi info yang diperlukan dalam mengawali proses peminjaman.

Dari kelima jenis ini, bisa dibilang tugas dan tanggung jawab yang sama. AO ini punya tugas dan tanggung jawab untuk identifikasi calon klien apakah memenuhi kriteria atau tidak. Tujuan dari identfikasi ini sendiri adalah untuk lindungi bank dari kerugian.

Tidak sedikit orang anggap bahwa pekerjaan acount officer yaitu sama dengan pekerjaan marketing. Padahal hal tersebut salah. Karena ada beberapa perusahaan atau instansi yang bergerak di sektor keuangan yang memiliki tim pemasaran sendiri.

Nah setelah mengetahui pekerjaanya, sekarang kami akan menjelaskan tugas dan tanggung jawab dari Acount Officer ini.

Tugas dan Tanggung Jawab Account Officer

Tugas dan Tanggung Jawab Account Officer

Walaupun tugas AO ini terdengar mudah dan simpel untuk dikerjakan dan dilakukan. Sebenarnya tugas dari AO sendiri cukup banyak dan sulit. Sehingga tugas AO tidak bisa diremehkan begitu saja. Kamu akan dapat rasakan saat bekerja sebagai Acount Officer di sebuah instansi atau perusahaan.

1. Collecting

Tugas account oficer yang pertama yaitu collecting. Tugas ini berupa menyebar atau memberi brosur, memakai sosial media, hingga minta referensi pada orang-orang yang dikenalnya.

Tujuan AO melakukan yaitu untuk mencari calon user atau nasabah baru untuk di ajak. Salah satu masalah account oficer adalah ketika ada orang yang tidak mau dengan kasar pada produk-produk yang ditawarkan oleh AO ini.

2. Melakukan Pengenalan Sebuah Produk

Tugas selanjutnya yang jadi pekerjaan acount officer yaitu melakukan mengenalan produk ke nasabah. Produk yang dikenalkan ini berupa produk yang dibuat oleh instansi tempatnya bekerja.

Biasanya produk yang dikenalkan yaitu jasa. Bisa dalam pinjaman deposito, kredit dan bentuk jasa lainnya. Untuk selesaikan tugas ini, AO biasanya perlu lakukan pengenalan produk ke kantor nasabah atau ketika nasabah datang ke tempat.

3. Menjalin Hubungan Baik dengan Nasabah

Salah satu tugas acount officer yang penting adalah jalin hubungan baik dengan Nasabah. Misalnya dengan jawab dengan sopan terkait penawaran produk. Hal ini tidak berlaku untuk nasabah baru saja, tetapi juga nasabah lama.

Cara yang bisa dilakukan dalam mengerjakan kerjaan acount officer satu ini yaitu hubungi nasabah melalui SMS, telepon, atau WhatsApp. Akan lebih baik lagi apabila seorang AO datangi langsung nasabah untuk sekedar bertukar sapa. Hal ini agar nasabah merasa nyaman terhadap layanan yang diberikan oleh AO ini.

4. Memberikan Penjelasan Yang Terperinci

Saat menawarkan sebuah produk atau jasa oleh AO, tidak semua nasabah langsung memahami atau mengerti apa yang dimaksud dengan penjelasannya. Maka dari itu, AO bertugas untuk memberikan penjelasan terperinci pada nasabah sampai mereka paham dan mengerti.

Dari tugas ini, yang menjadi masalah yaitu ketika nasabah terlanjur tidak memahami atau mungkin salah paham dengan produk yang ditawarkan atau di jelaskan. Seorang AO yang baik yaitu mereka yang berani melakukan pertanggung jawaban akan pekerjaannya kepada manager atau atasannya.

5. Bisa Melakukan Koordinasi dengan Tim Marketing

Hal lain yang jadi kerjaan acount officer yaitu melakukan koordinasi atau kerja sama dengan tim marketing instansi atau perusahaan. Hal ini diperlukan untuk permudah pekerjaan dalam membuat rencana pemasaran.

Nah yang harus diperhatikan oleh AO (Acount Officer) ini yaitu efisiensi dan efektivitas dalam kerja. Keduanya ini sangat dibutuhkan dan berguna selesaikan pekerjaan dan tanggung jawab dalam pekerjaan ini.

6. Memberikan Solusi Terhadap Masalah Nasabah

Pasti akan ada saat yang di mana nasabah mengalami masalah atau sulit dalam masalahnya. Nah, tugas acount officer ini yaitu memberikan solusi atau bantuan atas masalah yang dialami oleh nasabah ini. Solusi atau bantuan yang diberikan pun harus sesuai pada ketentuan atau kebijakan instansi ini.

Biasanya masalah acount officer yaitu user atau nasabah yang sikapnya tidak ramah dan tidak mau sabar. Maka dari itu, seorang AO ini harus mempunyai kemampuan komunikasi yang lebih baik agar nasabah merasa nyaman dan terbantu.

7. Mengelola Akun dan Data Nasabah atau Klien

Berikutnya tugas dari pekerjaan account officer yaitu dapat mengelola akun nasabah atau klien. Hal ini dilakukan supaya akun nasabah atau klien ini tidak mengalami masalah atau problem di masa yang akan mendatang. Baik itu klien yang lama atau klien yang baru.

Saat melaksanakan kerjaan ini, jangan sampe seorang AO ini meninggalkan begitu saja nasabah atau klien yang sudah direkrut atau sudah di ajak. Tanggung jawab kerjaan ini tidak berhenti sampai di situ aja.

8. Melakukan Pengelolaan Kredit dan Produk

Tugas pekerjaan acount officer lainnya yaitu melakukan pengelolaan kredit dan produk yang dijelaskan sebelumnya. Seperti tawarkan dan berikan produk yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan user atau nasabah.

Tidak hanya itu saja, AO ini juga harus melakukan pengecekan terus-menerus kepadauser atau nasabah dengan benar agar nasabah yang melakukan kewajibannya bisa dengan lancar. Dan juga supaya tidak ada terdapat masalah yang lumayan rumit untuk kliennya.

9. Pembuatan Laporan Kerja

Yang terakhir tugas dari pekerjaan acount officer ini yaitu membuat laporan pekerjaan. Yang dimana laporan kerja yang dibuat berupa laporan analisis produk dari setiap user atau nasabah yang sedang dikerjakan atau diurus. Pembuatan laporan kerja ini harus dilakukan secara sering dan sesuai dengan peraturan di perusahaan.

Nah itu dia beberapa tugas dari pekerjaan acount officer ini, nah berikut ini merupakan tanggung jawab yang harus diambil oleh AO ini.

Tanggung Jawab Pekerjaan Account Officer

Tanggung Jawab Pekerjaan Account Officer

Setelah kamu sudah paham apa itu acount officer dan berbagai macam tugasnya, perlu juga dipahami tentang apa saja tanggung jawab pekerjaan AO ini, di antara lain:

  1. Pastikan produk atau kredit yang ditawarkan oleh perusahaan bisa terdistribusi dengan baik dan pas sasaran.
  2. Memastikan user atau nasabah dapat memahami produk yang dipilihnya itu baik untuk nasabah itu sendiri.
  3. Dapat Menjaga hubungan baik dengan user atau nasabah, meskipun ada beberapa dari mereka tidak berminat pada produk yang jelaskan atau ditawarkan.
  4. Memastikan user atau nasabah mendapatkan solusi yang tepat, baik dan cepat atas permasalahan yang didapatnya.
  5. Menjaga kredibilitas atau profesionalisme dan nama baik perusahaan di depan user atau nasabah.

Itu merupakan tanggung jawab yang harus di ambil oleh pekerjaan AO ini, Selanjutnya yaitu Skill apa saja yang diperlukan untuk pekerjaan AO ini.

Skill Yang Harus Di Miliki Oleh Account Officer

Setelah sudah tahu beberapa pekerjaan acount officer yang berhubungan tentang pelayanan user atau nasabah, kamu perlu perhatikan beberapa keahlian sebelum lakukan pemilihan calon pekerja.

Beberapa skill yang harus punya oleh account oficer yaitu:

  1. Harus sudah menggunakan komputer, terutama untuk pekerjaan menggunakan Microsoft Excel dan Quick Books.
  2. Mempunyai keahlian pada bidang matematika di tingkat lanjut untuk lakukan penghitungan dan mencatat yang lebih akurat.
  3. Mampu melakukan komunikasi yang baik dan kuat dalam bentuk ucapan atau tulisan untuk interaksi dengan user atau nasabah. Terutama untuk permasalahan yang berurusan dengan duit.
  4. Memiliki kemampuan mengelola dan menjaga catatan keuangan instansi dengan akurat, detail, dan teliti.
  5. Mampu bekerja secara dua atau lebih perkerjaan untuk mengelola beberapa akun user atau nasabah, dan bentuk pembayaran lain.
  6. Memiliki tingkat efektifitas dan efisiensi yang baik untuk tangani berbagai masalah dengan cepat dan meminimalisi gangguan yang ada.
  7. Mampu secara efisien dalam menangani banyak masalah keuangan dengan cepat.

Itu dia merupakan skill yang harus dimiliki untuk kamu yang ingin bekerja di bidan Account Officer ini. Dan pahami poin-poin agar kamu bisa bekerja di bidang ini.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Minimal Lulusan Apa Agar Bia Bekerja Di Bagian Account Officer?

Untuk kamu yang ingin bekerja di bidang Account Officer ini setidaknya kamu memiliki pendidikan yang minimal Diploma 3 dari semua jurusan. Atau bisa kalo kamu tamatan SMA melamar jika kamu memiliki pengalaman banyak atau cukup sebagai Account Officer.

2. Berapa Besar Gaji Pekerjaan Account Officer Di Indonesia Ini?

Sesuai tingkat jabatan dan pengalaman kerjanya, rata-rata gaji dari account officer di negara Indonesia ini berada di antara angka Rp4 juta sampai dengan Rp11 juta. Gaji ini biasanya lebih tinggi di instansi perbankan yang sudah diketahui oleh banyak orang.

Tapi, gaji dari pekerjaan account officer ini belum termasuk tunjangan dan bonus lain-lain apabila ada  penambahan nasabah baru.

Nah itu dia penjelasan dari pekerjaan AO Acount Oficial ini mulai dari pekerjaannya bagaimana, skill yang harus punya dan sampai tanggung jawab pekerjaannya yang bisa kamu baca di artikel ini. Sekian dari kami, jangan lewatkan konten-konten terbaru lainnya di artikel ini. Sekian dan Terima kasih.

Baca juga beberapa informasi menarik lainnya:

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News Employmentandlivelihood.id

Originally posted 2023-04-29 23:13:22.