Nisfu Syaban 2023 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Yuk Cari Tahu!

Nisfu Syaban 2023 – Sebentar lagi ummat muslim akan bertemu dengan bulan sya’ban yang mana dibulan tersebut ada suatu malam sakral yakni pergantian buku catatan amal ummat islam.

Sehingga banyak ummat muslim yang melakyukan amalan sunnah seperti sholat sunnah dan membaca zikir serta membaca Al-Qur’an.

Adapun nama malam tersebut ialah Nisfu Sya’ban, ummat muslim juga banyak yang merasa gembira saat kehadiran malam tersebut.

Karena berita dari malam nisfu sya’ban itu penting dikarenakan Kehadiran bulan suci Ramadhan sudah semakin dekat.

Nisfu Syaban 2023 Jatuh Pada Tanggal Berapa?

Nisfu Syaban 2023 Jatuh Pada Tanggal Berapa

Sebelum membahas amalan apa saja yang biasanya dilakukan dalam mengisi malam nisfu sya’ban. Tentunya harus tahu terlebih dahulu kapan waktu tanggal awal masuknya malam nisfu sya’ban tersebut.

Adapun malam nisfu syaban 2023 jatuh pada tanggal berapa, bisa lihat jawabannya dibawah ini :

Kalau melihat dari kalender tahun Hijriyyah 1444 yang beredar saat ini, malam nisfu syaban 2023 yakni pada tanggal 6 maret 2023.

Hal ini dikarenakan pergantian tanggal Hijriyyah yaitu ketika datangnya waktu Maghrib, pada waktu tersebutlah ummat muslim melaksanakan beragam amalan sunnah sebagai penutup buku amal yang baik.

Nisfu Syaban 2023 Berapa Hari Lagi ?

Nisfu Syaban 2023 Berapa Hari Lagi

Setelah mengetahui tanggal awal nisfu sya’ban maka tentu lebih mudah untuk menghitung berapa hari perkiraan masuknya malam nisfu syaban.

Diatas tersebut sudah diberikan gambaran yakni pada tanggal 6 maret 2023, sedangkan saat ini masih tanggal 7 februari 2023.

Adapun malam nisfu syaban 2023 berapa hari lagi perhitunggannya adalah seperti dibawah ini :

Mudah cara menghitungnya cukup lihat tanggalan dihari ini, misal tanggal 7 februari 2023 kemudian dihitung manual sampai ke tanggal 6 maret 2023.

Maka akan ditemukan angka yang menunjukkan jumlah hari dari perhitungan tersebut yakni 28 hari lagi ummat muslim akan menemui malam nisfu syaban.

Amalan Malam Nisfu Syaban

Amalan Malam Nisfu Syaban

Karena pada malam tersebut merupakan pergantian buku catatan amal tentunya semua muslim ingin pada akhir catatan amal tersebut diisi dengan kebaikan.

Maka jangan sampai dilewatkan begitu saja malam tersebut, isilah dengan beragam amalan sunnah yang dapat menambah catatan amalan yang baik.

Adapun amalan yang dapat dilakukan saat malam nisfu syaban adalah sebagai berikut :

  • Memperbanyak Doa Kepada Allah SWT
  • Membaca dua kalimat syahadat dengan ikhlas hanya mengharap ridho Allah SWt
  • Membaca istighfar banyak-banyak seraya meminta ampun atas dosa yang telah diperbuat
  • Membaca surat yasin tiga kali berturt-turut dengan berharap
    • Bacaan Surat Yasin pertama meminta dipanjangkan umurnya
    • Bacaan yasin yang kedua meminta ketaatan kepada Allah SWT
    • Bacaan yasin yang ketiga meminta rezeki yang halal
  • Dianjurkan untuk melaksanakan sholat malam yakni sholat hajjat, tahajjud juga witir
  • Kesokan harinya disunnahkan untuk berpuasa

Namun sangat disayangkan peramalan yang seperti diatas sudah sangat jarang ditemukan, bahkan banyak yang mengatakan Bid’ah dan lain sebagainya.

Padahal jika ditelaah amalan tersebut diatas tidak ada sedikitpun yang menyimpang, bahkan bisa menjadi tambahan amal penutup buku cataan amal kehidupan.

Puasa syaban 2023 berapa hari ? Ini Jawabannya.

Secara umum puasa Syaban dikerjakan mulai dari tanggal 1 sampai 15 syaban jadi lima belas hari. Akan tetapi untuk puasa Nisfu syaban yakni tepatnya di tanggal 15 syaban.

Jika dilihat dari kalender masehi yang sudah beredar maka untuk waktunya mulai pada tanggal 21 maret 2023 sampai dengan tanggal 7 maret 2023.

Keutamaan Puasa Syaban 2023

Ibadah yang dianjurkan oleh Rosulullah SAW tentu memiliki keutamaan tentunya akan dirasakan bagi muslim yang menegrjakannya.

Begitu pula dengan puasa syaban memiliki beberapa keutamaan yang tentunya perlu diketahui agar semakin semangat dalam melaksanakan ibadah tersebut.

Adapun keutamaan puasa syaban adalah sebagai berikut :

  • Puasa syaban merupakan salah satu puasa terbaik setelah puasa bulan Ramadhan. Hal ini dapat diketahui ketika Rosulullah menjawab pertanyaan terkait puasa paling utama setelah Ramadhan. Rosulullah SAW menjawab yakni puasa dibulan Syaban untuk menyongsong kemuliaan bulan Ramadhan.
  • Bulan syaban merupakan salah satu waktu yang disukai oleh Rosulullah SAW, sehingga sangat tepat jika dimanfaatkan untuk beribadah puasa didalamnya.
  • Memuliakan bulan suci Ramadhaan yang sebentar lagi akan hadir, hal ini sebagai bentuk gembiranya seorang muslim kedatangan tamu agung yakni Bulan Suci Ramadhan.
  • Pada bulan Syaban ada satu malam yang amat istimewa yakni malam nisfu syaban, bersamaan dengan pergantian buku catatan amal. Maka tepat sekali jika dimanfaatkan untuk melaksanakan puasa pada waktu tersebuyt.
  • Allah SWT memberikan ampunan kepada semua hambanya, sehingga sangat tepat jika dibarengi dengan amalan berpuasa.

Penutup

Demikianlah penjelasan terkait Kapan Nisfu Syaban 2023 dan jatuh pada tanggal berapa. Semoga pembahasan dari Employmentandlivelihood.id ini dapat bermanfaat untuk ummat islam. Terlebih bagi yang sedang mencari materi untuk dijadiakan bahan tambahan pengetahuan atau pekerjaan sekolah.

Baca Juga :