Download Kumpulan Murottal Al-Qur’an Terlengkap

Employmentandlivelihood.id – Download Kumpulan Murottal buat sobat muslim dan muslimah yang pengen mudah menghafal Al-Qur’an. Tidak dipungkiri membaca Al-Qur’an memberikan ketenangan jiwa. Jika mampu menghafalnya tentu kita akan mendapatkan manfaat yang jauh lebih banyak.

Sobat muslim dan muslimah dapat mendengarkan bacaan Al-Qur’an dimanapun dan kapanpun. Kita bisa Download Kumpulan Murottal dengan banyak versi irama bacaannya. Download Kumpulan Murottal bisa dengan mudah dilakukan.

Nah, lebih detailnya kenapa kita harus Download Kumpulan Murottal? Trus gimana langkah-langkah Download Kumpulan Murottal? Siapa saja ulama yang bisa kita dapatkan versi irama bacaannya ketika Download Kumpulan Murottal? Bakal kita bahas di artikel ini.

Manfaat Download Kumpulan Murottal

Manfaat Download Kumpulan Murottal

Tak kenal maka tak sayang. Begitu jugalah peribahasa ini juga sangat bisa dipakai untuk kita yang tidak kenal Islam dan syariatnya. Yups, bila tak kenal Islam maka tidak akan merasa nikmatnya ber-Islam.

Sobat muslim & muslimah, satu-satunya cara agar paham Islam ya dengan mempelajari Al-Qur’an. Untuk bisa mempelajari Al-Qur’an tentu harus dibaca dan diamalkan. Sebagai mana ungkapan ulama yaitu ‘Ilmu lil ‘amal, yakni setiap yang dipelajari segera untuk di amalkan.

So, gimana nih manfaat kita Download Kumpulan Murottal?

Mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an pasti dapat memberikan ketenangan hati. Suasana yang damai dan syahdu. Semakin kita mendekat dengan Al-Qur’an maka akan semakin tenanglah hidupnya.

Jika mendengarkannya saja sudah menenangkan, apalagi bila Al-Qur’an tersebut dibacakan oleh para Qori dengan merdu. Mashaa Allah,, pasti akan bertambah ketenangannya. Nah, inilah salah satu manfaat tambahan jika kita melakukan Download Kumpulan Murottal.

Setiap muslim dan muslimah yang beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala meyakini bahwa sumber ketenangan adalah dengan dzikrullah. Berdzikir kepada Allah dengan menyebut asma-Nya, berdoa kepada Allah, serta membaca dan mendengarkan Al-Qur’an.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, yang artinya:

“Orang-orang beriman dan hati-hati mereka menjadi tenang/tentram dengan mengingat Allah (berdzikir). Ingatlah, hanya dengan berdzikir (mengingat Allah) hati menjadi tenang” (Terjemah QS. Ar-Ra’du: ayat 28)

Sobat muslim dan muslimah, dari ayat ini kita memahami bahwa dengan mengingat Allah Ta’ala sebagai kegundahan hati akan menghilang. Kegalauan, kekecewaan juga semua rasa sedih akan bisa teratasi jika diserahkan kepada yang mampu menuntaskannya, ialah Allah Yang Maha Segalanya.

Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Keutamaan membaca Al-Qur’an sangatlah banyak. Selain menenangkan hati dan memudahkan kita untuk menghadapi serta menemukan jalan keluar atas setiap masalah.

Rasulullah saw., berkabar tentang keutamaan orang yang cinta untuk membaca Al-Qur’an. Kelak di Yaumul Akhir, Al-Qur’an akan menjadi penyelamat bagi yang sering membacanya. Hal ini selaras dengan Hadis Rasulullah saw., yang diriwayatkan oleh Abu Umamah sebagai berikut:

اقْرَعُوا الْقُرْآنَ ، فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ…

Artinya: “bacalah Al-Quranul Karim. Sebab ia (Al-Qur’an) akan datang pada hari kiamat sebagai penolong bagi yang membacanya.”

Membaca Al-Qur’an juga termasuk salah satu ibadah yang lebih utama dibanding ibadah lainnya. Hal ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw., lewat riwayat Nu’man Bin Basyir, yaitu:

Artinya: “… ibadah yang paling utama yang dimiliki ummatku ialah membaca Al-Qur’an”. (HR. Al-Imam Al-Baihaqi).

Juga terdapat hadis Nabi Muhammad saw., yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas’ud tentang keutamaan membaca Al-Qur’an. Keutamaannya diganjar dengan pahala pada setiap huruf Al-Qur’an yang dibaca. Hal ini terdapat pada HR. At-Tirmidzi sebagai berikut:

“Siapa saja yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an (Kitabullah), maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan itu setara dengan 10 kebaikan yang semisal. Aku (Rasulullah saw.) tidak mengatakan ‘Alif-laaam-miiim sebagai satu huruf. Namun ‘Alif satu huruf, Laam satu huruf, Miim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi nomor 2910)

Lanjutan Manfaat Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Lanjutan Manfaat Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Kemudian ada perumpaan atas setiap muslim yang membaca dan yang tidak membaca Al-Qur’an dalam hidupnya. Hal ini megurai sabda Rasulullah saw., terkait keutamaan membaca Al-Qur’an sebagai berikut:

“Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al-Qur’an, ialah bagaikan buah Utruja (rasanya enak baunya pun harum). Perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Al-Qur’an bagaikan buah tamrah (Kurma), yakni rasanya enak namun tidak wangi.”

“Sedangkan perumpamaan orang munafik yang membaca Al-Qur’an bagaikan buah Raihanah (baunya harus namun rasanya pahit). Serta perumpamaan seorang munafik yang tidak membaca Al-Qur’an bagikan buah Hanzalah (baunya tidak harum dan rasanya pahit).” (HR. Bukhari & Muslim dari Abu Musa Al-Asy’ari ra.)

Pada hadis Riwayat Imam Muslim, Rasulullah saw., bersabda yang artinya:

“Sesungguhnya Allah Ta’ala akan mengangkat derajat suatu kaum pada kemuliaan, dengan Al-Qur’an. Dan dengan Al-Qur’an pula Allah Ta’ala akan menjatuhkan derajat suatu kaum yang lain (menuju kehinaan).”

Sobat muslim dan muslimah tentu masih banyak lagi keutamaan bagi siapa saja yang gemar membaca Al-Qur’an. Semua keutamaan ini akan membuat setiap muslim bersemangat untuk semakin dengan Al-Qur’an.

Manfaat Lain Download Kumpulan Murottal

Manfaat Lain Download Kumpulan Murottal

Apakah mendengarkan bacaan Al-Qur’an juga akan diberi pahala yang besar seperti membaca Al-Qur’an? Sobat muslim, tentu kita perlu tahu tentang keutamaan mendengarkan bacaan Al-Qur’an.

Download Kumpulan Murottal tentu aktivitasnya adalah mendengarkan bacaan Al-Qur’an seseorang yang direkam. Hal ini pun bisa kita lakukan kapanpun dan dimanapun.

Pada QS. Al-A’raf ayat 204, Allah Subhanahu wa Ta’ala berifirman. Yang artinya “apabila dibacakan Al-Qur’an, maka perhatikan dan diamlah, agar kalian mendapat rahmat.” Tentu dari ayat ini kita memperoleh informasi dengan mendengarkan Al-Qur’an maka rahmat Allah terbuka untuk kita.

Rasulullah saw., Suka Mendengarkan Bacaan Al-Qur’an Para Sahabat ra.

Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh salah seorang sahabat Rasulullah saw., yakni Ibnu Mas’ud. Rasulullah saw., senang sekali mendengarkan bacaan Al-Qur’an dari para sahabatnya.

Nabi Muhammad saw., pernah menyuruh Ibnu Mas’ud untuk membacakan Al-Qur’an dihadapan beliau. “Silahkan bacakan Al-Qur’an”. Kemudian Ibnu Mas’ud ra., bertanya: “Yaa Rasulullah saw., apakah saya membacakan Al-Qur’an dihadapan Engkau, sedangkan Al-Qur’an diturunkan padamu?.”

Kemudian Rasulullah saw menjawab: “sesungguhnya aku senang mendengarkan Al-Qur’an, dari bacaan orang lain.” Lalu Ibnu Mas’ud pun membaca QS. An-Nisa ayat 1 sampai 41. Dan Nabi Muhammad saw., pun menangis dipenghujung ayat tersebut (HR. Al-Bukhari Nomor 4583).

Pada Hadis Riwayat At-Tirmidzi, ia menshohihkannya dan hadis ini merupakan hadis shahih. Bahwa Rasulullah saw., bersabda “Sesungguhnya orang yang dalam hatinya tidak terdapat Al-Qur’an sedikit-pun (yang ia hafal). Ialah bagaikan rumah yang akan roboh”.

Nah, sobat muslim dan muslimah, tentu kita melihat dari sini bahwa mendengarkan bacaan Al-Qur’an juga dicintai oleh Rasulullah saw. Artinya keutamaan mendengarkan Al-Qur’an setelah kita Download Kumpulan Murottal tentu memiliki keutamaan tersendiri.

Apa Itu Murottal?

Apa Itu Murottal

Sebelum kita membahas cara Download Kumpulan Murottal, terlebih dahulu kita memngurai apa itu murottal. Saat ini sangat lazim masyarakat untuk mendengarkan bacaan Al-Qur’an lewat murottal. Murottal sendiri diartikan sebagai cara membaca Al-Qur’an yang sesuai dengan kaedah hukum bacaan yang telah dicontohkan Rasulullah saw.

Secara bahasa Arab, Murottal sendiri berasal dari kata “tartil” yang artinya perlahan. Merupakan wazan isim maf’ul  dari kata tartil. Murottal diartikan melagukan Al-Qur’an dengan pelan dan jelas.

Adapun secara istilah, membaca Al-Qur’an dengan “perlahan” dimaknai dengan tidak tergesa-gesa. Juga disertai perhatian pada ilmu tajwid dan makhrojul huruf bacaannya. Maka secara teknis, murottal adalah teknis membaca Al-Qur’an dengan tenang, santai, juga disertai pengaturan nafas.

Murottal pun sebenarnya tidak terikat dengan pakem tertentu. Sehingga bacaan murottal pun sebenarnya bisa biasa saja tanpa irama.

Aspek yang lebih utama dari murottal ialah penerapan ilmu tajwid yang baik dan tepat. Yaitu dengan memperhatikan dari seluruh kaidah tajwid yang ada tanpa kecuali. Misalkan memperhatikan panjang atau pendeknya suatu harokat, memenuhi hukum idzhar, ikhfa, iqlab, dan lainnya pada ayat Al-Qur’an.

Adapun irama membaca Al-Qur’an dengan murottal  maka ini sifatnya melengkapi bacaan saja. Oleh karena itu kadar iramanya-pun tidak mencapai 100% layaknya kita menggunakan irama mujawwad.

Maka bacaan Al-Qur’an versi murottal disimpulkan sebagai rekaman bacaan Al-Qur’an seorang Qori yang bisa diulang kapan saja. Dibaca dengan perlahan, disertai dengan irama maupun tidak. Namun yang pasti akan memastikan kaidah ilmu Tajwid dan hak setiap huruf pada makhrojul huruf-nya terpenuhi.

Karena itu Murottal lebih terfokus pada benarnya bacaan Al-Qur’an. Hal ini sangat berbeda dengan ilmu nagham  yakni berfokus pada lagu Al-Qur’an.

Bacaan Qori’ Yang Umum Ada di Download Kumpulan Murottal

Bacaan Qori’ Yang Umum Ada di Download Kumpulan Murottal

Ada banyak Qori’ terkenal yang paling familiar dicari untuk di download bacaan Al-Qur’an-nya. Baik Qori’ internasional maupun yang berasal dari bumi pertiwi. Berikut dirangkum beberapa nama Qori’ yang sering ditemukan rekaman murottalnya:

  • Asy-Syaikh Misyari Ar-Rasyid al-Afasy
  • Asy-Syaikh Abdul Al-Basith Abdul Ash-Shamad
  • Asy-Syaikh Abdullah Ali Al-Bashfar.
  • Asy-Syaikh Abdurrahman as-Sudais.
  • Asy-Syaikh Abdullah Al-Juhaniy
  • Asy-Syaikh Ahmad Ali Ajmy
  • Asy-Syaikh Abdullah al-Mathrud
  • Asy-Syaikh Abu Bakar Asy-Syathiry
  • Asy-Syaikh Bandar Balila
  • Asy-Syaikh Hani ar-Rifa’iy
  • Asy-Syaikh Sa’ad al Ghamidi
  • Asy-Syaikh Imad al-Mansariy
  • Asy-Syaikh Maher al-Mu’aiqaliy
  • Asy-Syaikh Muhammad Ayyub
  • Asy-Syaikh Mahmud al-Husari
  • Asy-Syaikh Yassir ad-Dausariy.
  • Asy-Syaikh Muhammad al-Luhaidan
  • Asy-Syaikh Shalah Al-Bukhatir Asy-Syaikh As-Su’ud asy-Syuraim
  • Ahmad Al-Misbahi (Versi bacaan Anak)
  • Asy-Syaikh Khalifa at-Tunaiji
  • Asy- Syaikh Ali Jaber
  • Asy-Syaikh Ali Hudzaifi Dan Lainnya

Adapun untuk mendapatkan rekaman Murottal Qori’ dalam negeri, berikut nama-nama Qori yang sangat dikenali bacaan Al-Qur’annya:

Muzammil Hasballah (mirip dengan irama Imam Masjid Al-Haram yakni Asy-Syekh Abdurrahman al-Ausiy)
Ibrahim Elhaq (mirip dengan irama Imam Masjid Al-Haram yakni Asy-Syaikh Misyari Ar-Rasyid)
Ustadz Hanan At-Takiy
Salim Bahanan (mirip dengan irama Imam Masjid Al-Haram)
Ustadz Abu Usama.
Dan lainnya

Download Kumpulan Murottal

Download Kumpulan Murottal

Ada banyak versi yang bisa sobat muslim dan muslimah nikmati bacaan ayat Al-Qur’an dari berbagai Qori’. Download Kumpulan Murottal akan membantu sobat muslim dan muslimah untuk mengulang hafalan. Ataupun dengan Download Kumpulan Murottal lalu diperdengarkan akan membiasakan diri dan keluarga untuk mendengarkan ayat-ayat Al-Qur’an.

Sobat muslim dan muslimah dapat mendownload berbagai kumpulan Murottal lewat Aplikasi Youtube. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tulis di mesin pencarian kata “Youtube”
  2. Setelah masuk ke aplikasi, maka sobat muslim akan disuguhi Dashboard mesin pencarian milik Youtube.
  3. Pada mesin pencari, sobat muslim cukup menuliskan “murottal versi…(pilih salah satu nama Qori yang sudah disampaikan diatas)”
  4. Tunggu beberapa saat sampai muncul beberapa hasil pencarian.
  5. Nah setelah pilihan sobat muslim muncul, maka putar dan dengarkan sebentar untuk memastikan bahwa sudah sesuai dengan yang dicari.
  6. Silahkan copy link youtube yang sedang didengarkan.
  7. Kemudian sobat muslim silahkan untuk membuka “new tab”
  8. Lalu tulis di kolom pencarian “SS youtube”
  9. Selanjutnya jika tampilan SS Youtube sudah muncul, sobat muslim paste-kan link yang sudah di copy sebelumnya.
  10. Jika sudah ditemukan pada SS youtube, maka sobat muslim tinggal download.
  11. Selesai, sobat muslim sudah bisa mendapatkan murottal yang bisa didengarkan berulang kali meskipun tidak terhubung dengan internet.

FAQ

Apakah mendengarkan murottal bisa membantu menghafal Al-Qur’an?

Jika sobat muslim dan muslimah ingin menjadi seorang penghafal Al-Qur’an, tentu bisa dilakukan dengan menyimak tulisan. Namun mendengarkan bacaan Al-Qur’an juga akan sangat membantu. Ditambah jika pada beberapa kondisi kita tidak bisa menyentuh mushaf Al-Qur’an.

Hipokampus serta Korteks Frontal merupakan 2 area besar yang terdapat di otak. Berfungsi untuk menyimpan dan menyerap informasi (memori) pada setiap detiknya. Irama pada murottal serta keteraturan bacaannya akan sangat membantu otak untuk menyimpannya.

Disisi lain, pada karya Veni Hadju dalam buku Islam Sehat  serta Menyehatkan Sistem Saraf. Berdasarkan penelitian seorang tokoh di wilayah Florida, Amerika Serikat. Membuktikan bahwa dengan mendengarkan bacaan ayat suci Al-Qur’an, seseorang bisa merasakan perubahan secara fisiologis pada sistem saraf-nya.

Penelitian ini dilakukan kepada Muslim maupun non-muslim, dan apakah mereka terbiasa berbahasa Arab maupun tidak.Faktanya diperoleh bahwa bacaan Al-Qur’an berpengaruh sebesar 97% untuk melahirkan kestabilan sistem saraf. Hasil penelitian ini-pun diperkuat oleh penelitian Muhammad Salim yang dipublikasikan pada Universitas Boston.

Maka dapat kita simpulkan jika mendengarkan murottal bukan hanya mampu memperkuat hafalan namun juga memperbaiki sistem saraf manusia. Mendengarkan murottal tentu akan sangat membantu sobat muslim untuk memuroja’ah (mengulang hafalan) Al-Qur’annya.

Pada saat kapan sebaiknya kita mendengarkan murottal?

Pertanyaan ini bisa kita anggap sama dengan pertanyaan “kapan sebaiknya membaca Al-Qur’an?”. Nah, sobat muslim dan muslimah tidak ada waktu khusus untuk membaca Al-Qur’an. Namun akan lebih utama jika kita memperbanyak membacanya.

Oleh karena itu jika kita tidak memiliki waktu yang banyak untuk membaca Al-Qur’an, maka buatlah manajemen waktu yang matang. Disisi lain, mendengarkan murottal akan sangat membantu kita untuk tetap dengan Al-Qur’an meskipun tidak sedang membaca tulisannya.

Disisi lain, saat kita gundah, kecewa, gelisah, sedih maka mendengarkan murottal juga akan sangat membantu. Hati yang mendengarkan bacaan Al-Qur’an akan lebih tenang dan dijanjikan rahmat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Murottal juga dapat kita dengar sambil disimak, ketika kita melakukan berbagai aktivitas rutin. Sobat muslim bisa mendengarkan murottal Al-Qur’an saat mengulang hafalan ataupun akan menambah hafalan baru.

Memperdengarkan murottal pada anak juga akan sangat membantu daya kembang otak anak. Tentu jika anak memiliki otak yang sehat, maka akan berpengaruh juga pada prestasinya.

Jika biasanya di dalam mobil kita memutarkan musik biasa sebagai hiburan selama perjalanan. Maka mendengarkan murottal tentu akan membuat perjalanan kita terasa lebih tenang. Disisi lain, mendengarkan murottal sebelum tidur juga dapat membantu diri kita untuk lebih relax sebelum tidur.

Akhir Kata

Demikian pejelasan terkait Download Kumpulan Murottal. Ada banyak versi dari bacaan Qori yang bisa sobat muslim dan muslimah akses.

Masih banyak lagi bacaan Qori pada Download Kumpulan Murottal versi ulama lain yang belum bisa dirangkum pada artikel ini. Semoga artikel ini Download Kumpulan Murottal bermanfaat dan bisa kita terapkan.

Simak juga list beberapa artikel yang menarik dari kami lainnya dan tentunya menambah wawasan untuk kamu simak :

Dapatkan Berita dan Informasi Menarik Lainnya di Google News Employmentandlivelihood.id

Originally posted 2023-06-01 06:43:23.