Doa Setelah Sholat Witir Arab, Latin dan Terjemahannya (Lengkap)

Employmentandlivelihood.id – Setelah kalian sudah melakuka sholat witir maka sebaiknya kalian melakukan Doa Setelah Sholat Witir. Karena sholat witir termasuk sholat sunnah yang di anjurkan oleh Rasulullah Saw sebagai penutup sholat malam.

Sholat witir merupakan salah satu amalan sholat sunnah yang di kerjakan pada malam hari. Sholat witir ini di kerjakan anarata sholat isya hingga menjelang waktu sholat shubuh. Biasanya di saat bulan Ramadan orang mengerjakannya setelah sholat tarawih, tahajud atau pun sholat malam lainnya.

Karena sholat witir tersebut menjadi salah satu penyempurna ibadah. Terutama pada saat bulan Ramadan. Doa Setelah Sholat Witir adalah suatu doa yang di baca oleh umat islam sesudah melaksanakan ibadah sholat sunnah witir. Yang mana sholat witir ini di kerjakan pada watu malam yang terdiri dari satu rakaat, tiga rakaat, lima rakaat atau tujuh rakaat.

Mengerjakan sholat witir ini yakni 2 rakaat salam dan di lanjutkan dengan satu rakaat salam. Namun, ada juga yang berpendapat tiga rakaat dengan satu salam. Tentunya hal tersebut tidak perlu di perdebatkan. Karena semuanya sudah memiliki dasar masing-masing.

Adapun untuk doa setelah sholat sunnah tersebut termasuk doa yang di lantunkan sebagai bentuk rasa syukur dan permohonan agar kita di berikan keberkahan, perlindungan serta petunjuk dalam menjalani hidup yang penuh dengan keberkahan dan bermanfaat untuk semua orang.

Sholat witir tentunya memiliki keutamaan yang sangat besar dalam islam. Karena Rasulullah SAW selalu mengerjakan sholat witir dan memerintahkan umatnya agar melaksanakannya juga. Karena sholat witir tersebut merupakan salah satu sholat penyempurna dari sholat malam seperti sholat tahajud dan sholat malam lainnya.

Arti Dari Witir

Arti Dari Witir

Witir Artinya yaitu termasuk amalan sholat sunnah yang di kerjakan pada wkatu malam hari dalam islam. Adapun sholat sunnah bermakna bahwa jika seseorang mengerjakannya maka akan mendapatkan pahala, namun apabila tidak mengerjakannya maka tidak akan mendapatkan apa-apa.

Jika kita berbicara tentang witir artinya adalah sholat sunnah yang di kerjakan pada malam hari. Karena di kerjakan pada malam hari jadi mulai dari setelah waktu sholat isya hingga sebelum menjelang masuk waktu sholat shubuh.

Selain itu, sholat witir juga termasuk pada bagian dari sholat qiyamul lail. Artinya yaitu sholat sunnah ini termasuk ibadah yang bermakna sebagai sholat malam hari yang di kerjakan secara ganjil 3 rakaat, 5 rakaat hingga 7 rakaat.

Adapun untuk waktu pelaksanakan pada sholat witir ini yaitu di kerjakan pada waktu penghujung sholat. Yaitu setelah waktu mengerjakan sholat isya atau juga di saat bulan ramadan setelah sholat tarawih.

Dengan kata lain witir juga artinya yaitu pamungkas waktu malam mengganjili yang memiliki rakaat genap. Oleh karena itulah, sholat witir ini di kerjakan pada akhir setelah sholat sunnah seperti sholat sunnah tarawih maupun sholat tahajud.

Bacaan Doa Setelah Sholat Witir Arab Latin dan Artinya

Bacaan Doa Setelah Sholat Witir Arab Latin dan Artinya

Setelah kalian sudah mengetahui tentang arti witir dan bilangan rakaat dalam melaksanakan sholat witir. Maka sekarang kalian harus mengetahui Doa Setelah Sholat Witir. Adapun untuk doanya cukup luamayan panjang.

Dan sudah kami siapkan bacaan dalam teks arab, latin beserta artinya. Agar kalian bisa dengan mudah membaca dan mengerti arti dari doa tersebut. Yang mana di dalam doa tersebut terdapat banyak kebaiknya. Maka dari itu, setelah sholat witir di anjurkan untuk membaca doa.

Berikut bacaan doa setelah sholat witir :

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْـأَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا، وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا، وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا، وَنَسْأَلُكَ عَمَلاً صَالِحًا، وَنَسْأَلُكَ دِيْنًاقَيِّمًا، وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا، وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الْغِنَاءَ عَنِ النَّاسِ. اَللّٰهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخُشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللهُ يَااَللهُ يَااَللهُ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allahumma innaa nas’aluka iimaanan daaimaan, wan’asaluka qalban khaasyi’an, wanas’aluka ‘ilman naafi’an, wanas’aluka yaqiinan shaadiqon, wanas’aluka ‘amalan shaalihan, wanas’aluka diinan qayyiman,

Wanas’aluka khairan katsiran, wanas’alukal ‘afwa wal’aafiyata, wanas’aluka tamaamal ‘aafiyati, wanas’alukasyukra ‘alal ‘aafiyati, anas’alukal ghinaa’a ‘aninnaasi.

Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu’anaa watadhorru’anaa wata’abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin.

Washallallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin wa’alaa aalihi washahbihi ajma’iina, walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiina.

Artinya :

“Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu’, kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus,

kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia.

Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu’an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami,

Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.”

Keutamaan Sholat Witir

Keutamaan Sholat Witir

Tentunya setiap sunnah yang di ajarkan oleh Rasulullah adalah bernilai pahala. Apalagi jika amalan tersebut di kerjakan tepat bulan Ramadhan, tentu pahala yang di dapatkannya akan berlipat ganda. Salah satu amalan yang di kerjakannya adalah melaksanakan sholat witir, yang biasa di kerjakan setelah sholat tarawih.

Apalagi sholat witir tersebut memiliki sejumlah keistimewaan yang bisa kalian dapatkan ketika melaksanakannya. Tentu dengan mengerjakan sholat witir tersebut bisa menjadi ladang pahala bagi yang mengerjakannya.

Yang sebenarnya ibadah sholat sunnah ini merupakan sholat penutup pada sholat sunnah lainnya. Seperti setelah tarawih sholat tahajud. Dengan begitu, sholat witir ini juga bisa di kerjakan sebelum menjelang sholat shubuh.

Menyempurnakan Sholat Malam

Untuk keutamaan sholat witir yang pertama adalah sholat yang merupakan menyempurnakan sholat di malam hari. Bisa di katakan juga sebagai sholat penutup di malam hari. Sehingga dengan mengerjakan sholat sunnah witit tersebut bisa menjadikan sholat sunnah yang di kerjakan pada malam hari bisa semain sempurna lagi.

Adapun ibadah yang di lakukan dengan rakaat ganjil atau sebagai sholat penutup sholat malam. Misalnya seperti sholat tarawih dan sholat tahajud atau sholat sunnah lainnya. Tanpa melaksanakan sholat witir, maka sholat malam yang di kerjakannya serasa tidak sempurna.

Maka dari itu, tidak heran jika banyak yang mengerjakan ibadah ini agar pahal yang di dapatkannya bisa lebih maksimal. “Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan sholat Witir, maka sholat Witirlah, wahai para ahli Alquran.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ibadah Yang di Saksikan Para Malaikat

Di saat kalian Doa Setelah Sholat Witir tentu akan di saksikan oleh para malaikat. Apalagi jika kalian mengerjakan sholatnya di penghujung malam, maka para malaikat akan menyaksikannya. Karena hal tersebut sudah di riwayatkan dalm sebuah hadist.

“Barangsiapa yang khawatir tidak bisa bangun di akhir malam, hendaklah ia melakukan witir di awal malam. Dan siapa yang berharap mampu bangun di akhir malam, hendaklah ia witir di akhir malam, karena shalat di akhir malam disaksikan (oleh para malaikat) dan hal itu adalah lebih afdlal (utama).” Abu Mu’awiyah berkata; “Mahdlurah (dihadiri oleh para malaikat).” (HR. Muslim)

Amalan Yang di Kerjakan Oleh Rasulullah SAW

Tentu amalan sunnah sholat witir ini merupakan amalan yang di kerjakan oleh Rasulullah SAW, jadi kita sebagai umatnya harus mengerjakan dan mengamalkannya. Karena pada sebuah riwayat menjelaskan bahwa Rasulullah SAW selalu mengerjakan sholat witir di malam hari.

Terdapat hadist yang menyebut tiga hal yang tidak pernah di tinggalkan oleh Rasulullah SAW yaitu sholat dhuha, berpuasa tiga hari di setiap bulan dan sholat witir.

“Kekasihku Rasulullah memberi wasiat kepadaku agar aku berpuasa 3 hari setiap bulan, mendirikan sholat Dhuha 2 rakaat dan sholat witir sebelum aku tidur.” (HR. Bukhari)

Semakin Dekat Dengan Allah SWT

Dengan melaksanakan sholat witir dan Doa Setelah Sholat Witir. Maka amalan ini akan menjadikan seseorang semakin dekat dengan Allah SWT. Jadi mengingat Allah yang maha esa dan menyukai sesuatu yang ganji. Allah itu satu tiada sekutu bagi-Nya. Hal tersebut sesuai dengan riwayat dari Ali bin Abi Thalib Rasulullah SAW bersabda :

“Sesungguhnya Allah itu ganjil dan menyukai orang-orang yang melakukan sholat Witir, maka sholat Witirlah, wahai para ahli Alquran.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Di Kabulkan Segala Doa

Keutamaan selanjutnya yang bisa kalian dapatkan adalah di kabulkan segala doa atau hajatnya. Terlebih sholat witir di laksanakan pada malam hari, tentu membuat kalian akan semakin khusyuk dalam berdoa. Sehingga waktu tersebut menjadi waktu yang paling tepat untuk mendapatkan ketentraman dan menjadikan diri dekat dengan Allah SWT.

Ibadah Sunnah Yang Lebih Baik Dari Unta Merah

Tentunya sholat witir ini sangat di anjurkan bagi kaum muslim Meskipun sholat witir hukumnya sunnah muakkad. Karena witir tersebut memang lebih utama di bandingkan dengan hewan unta merah. Apalagi ibadah sunnah tersebut di kerjakan pada waktu tangah malam hari. Tentu akan lebih khusyuk lagi dalam mengerjakannya.

Karena hal tersebut sudah di jelaskan sebagai berikut ini :

حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ الطَّيَالِسِيُّ وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ الْمَعْنَى قَالَا حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ رَاشِدٍ الزَّوْفِيِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي مُرَّةَ الزَّوْفِيِّ عَنْ خَارِجَةَ بْنِ حُذَافَةَ قَالَ أَبُو الْوَلِيدِ الْعَدَوِيُّ خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ قَدْ أَمَدَّكُمْ بِصَلَاةٍ وَهِيَ خَيْرٌ لَكُمْ مِنْ حُمْرِ النَّعَمِ وَهِيَ الْوِتْرُ فَجَعَلَهَا لَكُمْ فِيمَا بَيْنَ

Artinya : “Telah menceritakan kepada Kami [Abul Walid Ath Thayalisi] dan [Qutaibah bin Sa’id] dari [Kharijah bin Hudzafah], Abu Al Walid Al Adawi berkata: Rasulullah shallallahu wa’alaihi wa sallam keluar menemui Kami dan berkata: “Sesungguhnya Allah telah mewajibkan bagi kalian sebuah salat yang dia lebih baik bagi kalian dari pada unta merah, yaitu salat witir, dan telah menjadikannya berada di antara salat Isya hingga terbit fajar.” (HR Abu dawud)

Akhir Kata

Dengan melaksanakan Doa Setelah Sholat Witir menjadikan ibadah sholat malam lebih sempurna lagi. Apalagi jika bertepatan dengan bulan Ramadan yang mana sholat tarawih di lakukan. Tentu amalan sunnah ini tidak pernah di tinggalkan.

Semoga dengan adanya pembahasan di atas bisa bermanfaat untuk kita semua. Dan semoga di saat mengerjakan amalan sunnah bisa mendapatkan keutamaannya. Sekian dan terimakasih. Sampai jumpa lagi di pembahasan berikutnya.

Baca juga beberapa artikel menarik lainnya:

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News Employmentandlivelihood.id

Originally posted 2023-05-08 23:26:38.