Doa Nabi Hud Untuk Kaum Raksasa & Untuk Menurunkan Hujan

Doa Nabi Hud – Nabi Hud adalah salah satu diantara 25 Nabi yang namanya diabadikan menjadi nama surat dalam Al-Qur’an yakni surat Hud.

Bertempat didaerah suku ‘Ad dan berbangsa arab, nabi Hud As sangat diakui sebagai orang baik dan dikenal pada masa itu mempunyai akhlak yang mulia.

Jujur, bijaksana, amanah termasuk juga pekerja keras pandai bergaul dan ramah terhadap sesama.

Nabi Hud As pada masa hidupnya memiliki doa yang menjadi salah satu media untuk memohon kepad Allah SWT terkait hajat dan keinginannya. Simak dibawah ini beragam doa nabi Hud As.

Pilihan Doa Nabi Hud Yang Dapat Dijadikan Amalan Ummat Islam

Pilihan Doa Nabi Hud Yang Dapat Dijadikan Amalan Ummat Islam

Dalam kisah perjalan hidupNya Nabi Hud memiliki beragam doa yang dapat diamalkan untuk ummat muslim saat ini.

Bahkan doa-doa tersebut termasuk dalam kategori doa yang Masyhur sering diperdengarkan oleh tokoh agama ketika memimpin doa.

Beragam pilihan do’a nabi Hud dapat disimak dan dibaca serta diamalkan melalui artikel Employmentandlivelihood.id.

Dikisahkan pada saat itu kaum ‘Ad dilanda kemarau yang amat sangat sehingga nabi Hud As meminta agar kaumnya memohon ampun kepada Allah SWT atas semua kesalahannya dan mengikuti ajaran yang dibawa oleh nabi Hud.

Adapun doa nabi Hud menurunkan hujan adalah seperti dibawah ini :

وَيَا قَوْمِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا وَيَزِدْكُمْ قُوَّةً إِلَىٰ قُوَّتِكُمْ وَلَا تَتَوَلَّوْا مُجْرِمِينَ

Wa ya qaumistagfirụ rabbakum tsumma tụubuu ilaihi yursilis samaa a ‘alaikum midraaraw wa yazidkum quwwatan ilaa quwwatikum wa laa tatawallau mujrimiin

Artinya :

Dan (dia berkata): “Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa”. (QS. Hud : 52)

Doa tersebut diabadikan didalam surat Hud ayat 52, adapun ayat atau doa tersebut diatas bisa dibaca ketika memohon turunnya hujan.

Akan tetapi dibaca dengan iklas hanya karena mengharap pertolongan Allah SWT semata dan tidak dengan yang lainnya.

Doa Nabi Hud Dalam Al Quran

Nama nabi Hud diabadikan menjadi nama salah satu surat dalam Al-Qur’an yakni Surat Hud. Tentunya tidak salah lagi jika nabi Hud As memiliki pilihan doa yang ditulis dalam Al-Qur’an.

Adapun salah satu doa nabi Hud dalam Al-Qur’an Surat Hud ayat : 56 adalah seperti berikut ini :

إِنِّى تَوَكَّلْتُ عَلَى ٱللَّهِ رَبِّى وَرَبِّكُم ۚ مَّا مِن دَآبَّةٍ إِلَّا هُوَ ءَاخِذٌۢ بِنَاصِيَتِهَآ ۚ إِنَّ رَبِّى عَلَىٰ صِرَٰطٍ مُّسْتَقِيمٍ

Innii tawakkaltu ‘alallaahi rabbii wa rabbikum, maa min daabbatin illaa huwa aakhidzum binaaṣiyatihaa, inna rabbii ‘alaa ṣiraaṭim mustaqiim

Artinya :

Sesungguhnya aku bertawakkal kepada Allah Tuhanku dan Tuhanmu. Tidak ada suatu binatang melatapun melainkan Dialah yang memegang ubun-ubunnya. Sesungguhnya Tuhanku di atas jalan yang lurus”. (QS Hud : 56)

Ayat atau doa tersebut diatas tentunya sudah sering diperdengarkan baik melalui pengajian, atau perkumpulan majlis yang dilantunkan oleh para ustad pemimpin doa.

Doa Nabi Hud Untuk Kaum Raksasa

Doa Nabi Hud Untuk Kaum Raksasa

Pada masa itu perjuangan nabi Hud As sangatlah berat yakni harus berhadapan dengan jalijan yang memiliki tinggi 100 siku. Atau yang sering disebut dengan kaum raksasa.

Raja jalijan dan kaumnya sangatlah kejam dan merupakan kaum yang menyembah berhala dan menentang ajaran nabi Hud.

Bahkan ketika nabi Hud As berdakwah dilemparinya pakai batu akan tetapi nabi Hud tetap melaksanakan ajaran tauhid sampai 70 tahun masih juga tetap dilempari bebatuan.

Kisah selanjutnya ketika nabi Hud As menyeru agar kaum raksasa tersebut beriman kepada Allah SWT dan tidak menyembah berhala.

Seketika Raja Jalijan berkata “Celakalah engkau Hud coab engkau lihat kekuatan dalam kelompok kami sangat kokoh dan keturunan kami selalu bertambah dalam sehari semalam bisa menambah 1000 keturunan”.

Singkat cerita nabi Hud lelah dan putus asa ajakan untuk mengesakan Allah SWT selalu ditentang oleh Raja Jalijan serta kaum Raksasa yang kejam.

Seraya nabi Hud As berdoa kepada Allah SWT, Adapun doa Nabi Hud untuk kaum raksasa adalah seperti dibawah ini :

Artinya :

“Wahai Tuhanku, Engkau tahu bahwa sesungguhnya aku telah menyampaikan risalah-Mu kepada kaum ‘Ad, tetapi mereka tetap dalam kekafiran mereka karena kesesatan mereka yang nyata.”

Setelah nabi Hud As berdoa maka Allah memberikan azab kepada kaum Raksasa tersebut salah satunya adalah kemarau selama 7 tahun.

Penutup

Demikianlah ringkasan tentang doa nabi Hud As yang ditulis dalam artikel ini, semoga dapat bermanfaat dan bisa mengambil sedikit dari perjalanan kisah nabi Hud yang sangat luar biasa.

Sebesar dan sekuat apapun kehidupan yang dijalani manusia ia hanyalah ciptaan yang tentunya bisa kuat karena diberikan kekuatan, bisa hidup karena dihidupkan.

Jika Allah SWT menghendaki kehancuran semua itu akan sangat mudah seperti halnya Allah SWT mengazab kaum Raksasa dimasa nabi Hud As.

Wallahu A’lam …..

Baca Juga :