Contoh Makalah Singkat Yang Benar Beserta Strukturnya

Contoh Makalah – Siapa nih yang masih bingung kalau diberikan tugas membuat makalah? Jika kamu ingin membuat makalah, maka nantinya kamu akan bisa simak contoh makalah yang ada di dalam artikel Employmentandlivelihood.id kali ini. Oleh karena itu, kita bisa langsung masuk ke dalam pembahasannya saja, ya.

Ketika kita memasuki dunia perkuliahan, maka nantinya kamu akan langsung dikejutkan dengan banyaknya tugas makalah yang menanti. Pastinya waktu awal-awal kamu masuk kamu akan merasa kaget kan dengan tugas yang kamu dapatkan tersebut. Karena kan mungkin saat di bangku sekolah menengah atas, kamu hanya beberapa kali saja ya mendapatkan tugas makalah.

Namun, sekarang mah kamu jangan bingung ya karena untuk mencari referensi dari Contoh Makalah sudah banyak tempatnya. Kamu akan bisa menemukan banyak sekali tempat yang bisa digunakan untuk mendapatkan referensinya. Seperti saja di internet ini, kamu bisa dengan mudah menemukan referensinya.

Kamu juga pastinya sudah penasaran dan ingin langsung mencari referensinya kan? Kalau memang seperti itu, ya kita langsung simak saja yuk pembahasan tentang makalah yang harus banget kamu simak. Supaya makin paham dan juga makin mudah membuat makalah nantinya, ya.

Struktur Contoh Makalah yang Harus Diperhatikan dan Wajib Ada

contoh-makalah

Mungkin untuk kamu yang baru-baru dan akan memasuki ke dunia perkuliahan, kamu harus tahu dan paham banget deh ya tentang Contoh Makalah ini. Jadi, kalau kamu ingin membuat makalah, maka kamu harus simak pembahasan penting tentang makalah di dalam artikel kami. Oke?

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih lanjutnya disini Employmentandlivelihood.id akan sekalian membahas tentang pengertian dari makalah ya. Pasalnya nih kalau kamu belum mengetahui hal tentang makalahnya bagaimana kamu bisa membuatnya bukan kah begitu?

Jadi, makalah ini memang memiliki dua arti yang dikutip dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Makalah ini adalah tulisan yang berisikan suatu masalah atau pokok masalah yang akan dibacakan di hadapan khalayak ramai, seperti di persidangan dan sering juga ditulis untuk diterbitkan.

Selain itu, makalah juga merupakan karya tulis yang dibuat oleh mahasiswa atau pelajar sebagai laporan hasil dari perguruan tinggi atau sekolah. Kan memang ya seperti yang sudah kami sampaikan kalau makalah ini merupakan salah satu tulisan atau karya tulis yang dikerjakan oleh siswa atau mahasiswa.

Nah, untuk membuat makalah ini juga nantinya ada beberapa hal yang harus kamu penuhi. Kamu akan mengikuti bagian-bagian yang sudah ditetapkan atau struktur dari makalah yang ada. Maka dari itu kalau kamu ingin membuat makalah, hal pertama kali yang harus kamu ketahui adalah struktur dari makalahnya ini.

Untuk itu, supaya kamu mengetahuinya, maka kami akan sampaikan ke kamu beberapa hal yang akan bisa membuat makalah kamu menjadi makalah yang baik dan benar. Kami akan sampaikan ke kamu struktur-struktur dari makalah ini sendiri. Supaya nantinya kamu tidak kebingungan, ya.

Simak referensi Contoh Makalah yang akan kami berikan di bawah ini ya, supaya kamu tidak mencari kemana-mana lagi. Tinggal berpindah pembahasannya ke bawah saja, ya. Oke deh kalau begitu langsung simak yuk.

Cover Makalah

Cover merupakan salah satu bagian yang akan diletakkan di paling awal sebuah makalah. Seperti saja namanya cover yang artinya sampul. Dimana kalau sampul ini merupakan bagian yang paling luar dari sebuah karya tulis. Di dalam sampul kamu akan bisa meletakkan seperti nama penulis, NIM dan lainnya.

Kamu juga nantinya akan bisa memasukkan nama dari institusi dimana tempat kamu belajar, ya. Dengan cover tentunya akan menjadi tanda pengenal darimana makalah ini terbit dan siapa pembuat dari makalah yang diterbitkannya ini. Oleh karena itu, kamu bisa langsung saja memasukkan data yang penting di dalam sampul Contoh Makalahnya.

Kata Pengantar

Kalau di bagian Contoh Makalah yang selanjutnya ini adalah kata pengantar dimana, kata pengantar ini merupakan salah satu bagian yang ada di hampir segala macam karya ilmiah. Jadi, kalau kamu membuat karya ilmiah gitu, kata pengantar ini tidak boleh tertinggal, ya.

Kata pengantar ini isinya adalah informasi-informasi umum seperti siapa saja yang terlibat di dalam pembuatan atau penerbitan dari makalahnya. Selain itu, ada juga ucapan terima kasih kepada siapa pun. Di dalam kata pengantar ini juga berisi pandangan dari si penulis tentang makalah yang dibuat tersebut.

Daftar Isi Makalah

Bagian yang paling penting dan harus ada di sebuah Contoh Makalah yang dibuat adalah daftar isi. Dimana daftar isi ini merupakan bagian yang isinya menjelaskan tentang dimana letak bab-bab atau penjelasan yang ingin dibaca. Nantinya pembaca akan diberikan kemudahan untuk menemukan halaman untuk dibaca.

Jadi, kalau tidak ada daftar isi di dalam sebuah makalah, maka nantinya makalahnya akan kurang lengkap. Selain itu juga, pembaca akan merasa kesulitan dalam menemukan bab atau sub bab yang dicari. Karena kan biasanya makalah ini isinya sangat banyak gitu, ya.

Pendahuluan (Bab I)

Selanjutnya, kamu akan menemukan pendahuluan di dalam bagian Contoh Makalah. Pendahuluan ini merupakan bagian yang mendeskripsikan sebuah masalah. Di bagian pendahuluan ini, nantinya kamu akan membagi menjadi tiga bagian. Dimana bagian yang akan kamu gunakan, yaitu rumusan masalah, latar belakang, dan juga tujuan dari penelitiannya.

Pembahasan (Bab II)

Kalau tadi ada yang penting, kali ini ada bagian yang paling penting dan harus ada di dalam suatu Contoh Makalah. Karena kalau bagian yang satu ini tidak ada maka nantinya makalahnya tidak akan jadi. Yap, bagian yang harus kamu ketahui adalah pembahasan dimana pembahasan ini merupakan bagian yang paling penting dalam suatu makalah.

Karena di dalam pembahasan ini nantinya kamu bisa memasukkan seluruh hal-hal yang dibahas di dalam makalahnya. Mulai dari masalah yang dibahas, metode-metode penelitian, dan lainnya deh. Jadi, pembahasan ini merupakan bagian yang harus selalu ada dalam pembuatan makalah.

Penutup (Bab III)

Bagian yang menuju akhir Contoh Makalah ini adalah penutup. Dimana di dalam penutup ini nantinya akan ada kesimpulan yang diberikan dan tidak lupa juga saran. Kalau kesimpulan ini merupakan ringkasan yang bisa diambil dalam pembahasan, ya. Bisa berisi poin-poin pentingnya dan lain hal.

Sedangkan kalau saran, nantinya akan berisi suatu harapan dari penulis makalah tersebut supaya bisa bermanfaat dan juga saran-saran yang akan bisa digunakan oleh pembaca makalah yang dibuat tersebut.

Daftar Pustaka

Bagian paling akhir yang akan bisa dibuat di dalam Contoh Makalah ini adalah daftar pustaka. Dimana kamu akan bisa menemukan banyak referensi-referensi dari si penulis tentang dimana mereka mendapatkan sumber atau informasi untuk makalah yang ditulis. Untuk menuliskan daftar pustaka ini harus sesuai dengan abjad, ya.

Beberapa Jenis Contoh Makalah Berdasarkan Jenis Penelitian

contoh-makalah

Untuk kamu yang ingin membuat Contoh Makalah, kamu juga harus tahu ya kalau di dalam makalah ini nantinya terdapat beberapa jenis. Yap, makalah juga memiliki jenis-jenis berdasarkan penelitiannya lho ya. Ada tiga jenis makalah yang harus kamu ketahui, ya. Mulai dari makalah induktif, makalah deduktif dan makalah campuran.

Maka dari itu, disini kami akan sampaikan ke kamu beberapa jenis makalah yang akan bisa kamu buat dan kamu tulis, ya. Selain itu kalau kamu sudah mengetahui jenis makalahnya, maka kamu akan bisa menentukan suatu makalah dengan benar lho ya. Simak yuk.

Contoh Makalah Campuran

Jenis makalah yang pertama ini adalah makalah campuran yang mana di dalam makalah campuran ini nantinya akan digabungkan antara data primer dan juga data yang sekunder. Iya dong kan sesuai dengan namanya ya, campuran dimana data-data yang digunakan juga bukan hanya dari satu sumber saja.

Tujuan dari penggabungan atau percampuran antara data primer dan juga data yang sekunder ini akan bisa menghasilkan data yang lebih valid lagi gitu. Makalah campuran ini juga nantinya dibagi menjadi beberapa jenis lagi. Jenis-jenis dari makalah campuran adalah sebagai berikut.

  • Jenis makalah kerja.
  • Jenis makalah posisi.
  • Makalah tanggapan.
  • Jenis makalah ilmiah.
  • Jenis makalah kajian.
  • Makalah analisis.

Contoh Makalah Induktif

Kalau jenis Contoh Makalah induktif ini adalah makalah yang memang isinya berupa data-data yang sekunder. Data sekunder ini nantinya akan bisa diambil dari referensi seperti buku, kajian teoritis tesis dan juga kajian-kajian yang lainnya. Makalah jenis yang satu ini adalah makalah yang sering dibuat oleh anak-anak Sekolah Dasar (SD).

Contoh Makalah Deduktif

Selanjutnya jenis Contoh Makalah deduktif adalah makalah yang isinya adalah data-data primer. Dimana di dalam data primer ini merupakan data yang isinya benar-benar atau real. Data yang digunakan atau data primer yang digunakan dalam makalah ini bisa didapatkan dari hasil survey, penelitian, dan lainnya.

Intinya kamu akan bisa membuat makalah dengan data-data yang benar-benar terbukti nyata gitu lho. Biasanya makalah yang menggunakan data primer ini adalah makalah yang dibuat oleh mahasiswa atau orang yang sedang duduk di bangku universitas, ya.

Cara Penulisan Contoh Makalah yang Baik Dan Mudah

contoh-makalah

Kalau kamu sudah mengetahui tentang struktur Contoh Makalah yang ada di dalam makalah dan juga jenis-jenis makalah yang biasa digunakan, maka sekarang kamu bisa membuat makalahnya lho ya. Untuk membuat makalah ini sebenarnya susah-susah gampang gitu. Kamu harus menyesuaikan data-data yang didapatkan terlebih dahulu baru nanti bisa membuat makalahnya.

Tetapi kunci utama yang harus kamu pegang adalah kamu harus mengetahui struktur dari makalah yang ada ini. Untuk itu, kami akan sampaikan ke kamu cara-cara yang bisa dilakukan dalam pembuatan makalahnya.

  • Lakukan persiapan yang lengkap tanpa kekurangan apapun, seperti mengumpulkan referensi dan alat lainnya.
  • Buatlah tulisan makalah yang sesuai dengan sumber referensi, jadi kamu tidak boleh melenceng ya tulisannya dari referensi yang digunakan.
  • Menetapkan judul dari makalah
  • Hindarkan penulisan makalah yang melenceng dari kerangka makalah, seperti menghilangkan daftar isi dan lainnya.
  • Periksa kembali hasil dari penulisan makalah, kamu pastikan semuanya sudah benar termasuk tidak ada typo, ya.

Cara Menyusun Referensi Makalah dengan Baik dan Benar

Cara menyusun referensi makalah dengan baik dan benar sangatlah penting untuk memberikan dukungan pada argumen yang diungkapkan dalam makalah serta menunjukkan sumber-sumber penelitian yang digunakan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk menyusun referensi makalah dengan baik dan benar:

  1. Tentukan Jenis Referensi yang Dibutuhkan Pertama-tama, Anda perlu menentukan jenis referensi yang dibutuhkan dalam makalah Anda. Ada beberapa jenis referensi yang biasa digunakan dalam makalah, seperti jurnal, buku, artikel majalah, dan lain-lain. Setiap jenis referensi memiliki format yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda memahami format referensi yang sesuai dengan jenis referensi yang Anda gunakan.
  2. Pilih Sumber yang Terpercaya, setelah menentukan jenis referensi yang dibutuhkan, Anda perlu memilih sumber yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Hindari menggunakan sumber-sumber yang tidak jelas atau tidak memiliki reputasi yang baik. Pastikan bahwa sumber-sumber yang Anda gunakan dapat dipercaya dan dapat diandalkan.
  3. Gunakan Format Referensi yang Sesuai, setiap jenis referensi memiliki format yang berbeda-beda. Pastikan bahwa Anda menggunakan format referensi yang sesuai dengan jenis referensi yang Anda gunakan. Beberapa format referensi yang umum digunakan adalah APA (American Psychological Association), MLA (Modern Language Association), dan Chicago. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang format referensi yang sesuai dengan jenis referensi yang Anda gunakan melalui buku panduan atau situs web resmi dari organisasi terkait.
  4. Cantumkan Semua Informasi yang Dibutuhkan, pastikan bahwa Anda mencantumkan semua informasi yang dibutuhkan dalam referensi Anda. Informasi yang perlu dicantumkan biasanya meliputi nama penulis, judul buku/jurnal/artikel, nama penerbit/jurnal, tahun terbit, dan lain-lain. Pastikan bahwa informasi yang Anda cantumkan akurat dan lengkap.
  5. Urutkan Referensi Secara Alfabetis, setelah semua referensi dikumpulkan, pastikan bahwa Anda mengurutkannya secara alfabetis berdasarkan nama penulis atau judul jika tidak ada nama penulis yang tersedia. Hal ini membantu mempermudah pembaca dalam mencari referensi yang dibutuhkan.
  6. Gunakan Perangkat Lunak Pendukung, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pendukung seperti Mendeley atau Zotero untuk mempermudah penyusunan referensi makalah. Perangkat lunak ini membantu menyimpan dan mengatur referensi, serta memudahkan pengutipan dan pembuatan daftar pustaka.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menyusun referensi makalah dengan baik dan benar serta memastikan bahwa makalah yang Anda buat didukung oleh sumber-sumber yang akurat dan terpercaya.

Cara menulis daftar pustaka makalah yang benar adalah dengan menyusun daftar pustaka berdasarkan format yang telah ditetapkan. Format daftar pustaka yang umum digunakan adalah APA (American Psychological Association), MLA (Modern Language Association), dan Chicago. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk menulis daftar pustaka makalah yang benar:

  1. Kumpulkan semua sumber referensi yang telah digunakan dalam penulisan makalah Anda. Sumber referensi tersebut bisa berupa buku, jurnal, artikel, situs web, dan sebagainya.
  2. Tentukan jenis sumber referensi yang akan ditulis dalam daftar pustaka. Pastikan bahwa Anda memahami format referensi yang sesuai dengan jenis sumber referensi yang digunakan.
  3. Susun daftar pustaka sesuai format yang telah ditetapkan. Setiap format memiliki aturan tersendiri dalam penyusunan daftar pustaka. Pastikan Anda memahami aturan-aturan tersebut untuk menghindari kesalahan dalam penyusunan daftar pustaka.
  4. Cantumkan semua informasi yang diperlukan dalam daftar pustaka. Informasi yang perlu dicantumkan biasanya meliputi nama penulis, judul buku/jurnal/artikel, nama penerbit/jurnal, tahun terbit, dan lain-lain. Pastikan bahwa informasi yang Anda cantumkan akurat dan lengkap.
  5. Urutkan daftar pustaka secara alfabetis berdasarkan nama penulis atau judul jika tidak ada nama penulis yang tersedia. Hal ini membantu mempermudah pembaca dalam mencari referensi yang dibutuhkan.
  6. Periksa ulang daftar pustaka untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan dalam penyusunan dan pengurutan referensi. Periksa juga kesesuaian format referensi dengan jenis sumber referensi yang digunakan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menulis daftar pustaka makalah yang benar dan teratur. Pastikan bahwa daftar pustaka yang Anda buat sesuai dengan format yang telah ditetapkan dan mencantumkan semua informasi yang diperlukan. Dengan demikian, makalah Anda akan memiliki referensi yang akurat dan terpercaya.

Cara Mudah Membuat Makalah Karya Ilmiah

Cara Mudah Membuat Makalah Karya Ilmiah adalah proses pembuatan makalah yang memerlukan kemampuan dalam memilih topik, mengumpulkan data dan informasi, serta menulis dan menyusun makalah dengan format yang benar. Makalah karya ilmiah dibuat untuk memaparkan suatu hasil penelitian, pemikiran, atau analisis tentang suatu masalah dalam bidang ilmu pengetahuan.

Untuk membuat makalah karya ilmiah yang baik dan berkualitas, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Tahap pertama adalah tahap persiapan, yaitu memilih topik yang menarik dan membuat rencana penulisan. Dalam tahap ini, Anda perlu memilih topik yang sesuai dengan minat dan pengetahuan Anda. Pilihlah topik yang dapat memberikan kontribusi dalam bidang ilmu pengetahuan dan menarik bagi pembaca.

Setelah memilih topik, buatlah rencana penulisan yang berisi daftar topik atau bab yang akan dibahas dalam makalah. Hal ini akan membantu Anda dalam menyusun makalah dengan lebih terstruktur dan efisien.

Setelah tahap persiapan selesai, langkah selanjutnya adalah tahap penulisan. Dalam tahap ini, Anda perlu membuat rangkuman dari sumber bacaan yang telah Anda dapatkan. Rangkuman ini akan membantu Anda dalam memilih informasi yang penting dan relevan untuk dimasukkan dalam makalah Anda.

Setelah itu, gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Hindari menggunakan bahasa yang sulit dipahami atau bahasa yang terlalu teknis. Selain itu, buatlah abstrak yang menarik. Abstrak merupakan ringkasan dari makalah karya ilmiah Anda. Buatlah abstrak yang mampu memberikan gambaran yang jelas tentang isi makalah Anda.

Tahap terakhir adalah tahap penyusunan makalah. Dalam tahap ini, Anda perlu menyusun makalah dengan format yang benar. Format yang umum digunakan dalam membuat makalah karya ilmiah adalah sebagai berikut:

  1. Judul makalah
  2. Nama penulis
  3. Abstrak
  4. Pendahuluan
  5. Metodologi
  6. Hasil penelitian
  7. Pembahasan
  8. Kesimpulan
  9. Daftar pustaka

Pastikan untuk menggunakan referensi yang akurat dan terbaru dalam menyusun makalah karya ilmiah Anda. Setelah selesai menulis dan menyusun makalah, periksa kembali makalah Anda sebelum diserahkan. Pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau kesalahan format dalam makalah Anda.

Dengan mengikuti tahapan-tahapan tersebut, Anda dapat membuat makalah karya ilmiah yang baik dan berkualitas. Selamat mencoba!

Contoh Makalah Lengkap yang Rapi dan Terbaru

Nah, ketika kamu sudah mengetahui bagaimana cara untuk membuat makalah tersebut, pastinya kamu akan langsung ingin mencoba membuat makalahnya kan? Namun, untuk membuat Contoh Makalah kamu harus perhatikan contoh yang sudah ada sebelumnya, ya. Apalagi kalau kamu masih baru pertama kali pastinya bingung kan?

Untuk itu, kamu jangan bingung karena kami sudah sediakan ke kamu contoh makalah yang lengkap dan juga sudah rapi lho ya. Kamu bisa melihat contohnya supaya bisa membuat makalah yang baik dan juga benar.

Download langsung contoh makalah file docx. –> Klik Download Disini

Simak Artikel yang Serupa :