Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online Mudah & Tanpa Ribet

Employmentandlivelihood.id – Silahkan simak saja ulasan kali ini agar kalian mengetahui secara lengkap bagaimana cara daftar BPJS kesehatan secara online tanpa ribet. Pahami beberapa cara yang kami bagikan bila kalian ingin daftar BPJS Kesehatan secara online dengan mudah.

Cukup memerlukan perangkat canggih seperti smartphone, computer, pc, ataupun lain sebagainya. Kalian bisa langsung daftar BPJS kesehatan secara resmi yang tak perlu antre lagi atau tidak perlu datang jauh-jauh langsung ke kantor BPJSnya.

Pasalnya memiliki BPJS kesehatan itu merupakan salah satu keharusan yang harus dimiliki oleh seluruh masyarakat Indonesia. Bagi yang belum mendaftarkan diri pada BPJS kesehatan, maka segera lah mendaftar langsung ke kantor BPJSnya atau bisa secara online.

Namun kami sarankan kalian untuk daftar BPJS kesehatan secara online saja, karena caranya itu begitu mudah dilakukan. Bisa lewat situs resmi atau juga bisa lewat aplikasi yang menyediakan pendaftaran BPJS kesehatan secara online seperti JKN Mobile.

Nah bila kalian tidak ingin keluar rumah lagi untuk datang ke kantor pembuatan BPJS itu. Maka kalian harus simak ulasan yang sekarang ini tentang cara daftarnya, karena kami sudah membagikan cara daftar BPJS kesehatan secara lengkap lewat manapun.

Dengan tehknologi yang super canggih ini, banyak segala aktivitas yang bisa dilakukan cukup dirumah saja. Seperti smartphone ataupun computer itu bisa kalian manfaatkan untuk berbagai segala aktivitas pendaftaran seperti halnya pendaftaran BPJS kesehatan.

Bahkan kalian bisa mendaftarnya secara gratis, cukup mudah caranya, disediakan secara gratis, nikmat mana yang kalian dustakan dengan canggihnya dunia tehknologi sekarang ini. Selain itu BPJS kesehatan pun memiliki banyak manfaatnya dan untuk selengkapnya sudah kami sediakan dibawah ini.

Oleh karena itu, kami menyarankan kalian untuk menyimaknya dari awal pembahasan sampai dengan akhir pembahasannya. Karena pasalnya kalian akan melihat beberapa hal penting yang wajib diketahui oleh kalian seperti Cara daftar, syarat, besarnya tagihan, dan manfaat BPJS untuk kehidupan kalian sebagai warga Negara Republik Indonesia.

Apa Itu BPJS Kesehatan?

Apa Itu BPJS Kesehatan?

BPJS Kesehatan adalah salah satu program dari pemerintah yang menyediakan jaminan sosial, memiliki fungsi dan tujuan untuk mensyejahterakan masyarakat. Tujuan utama dari pemerintah membuat program BPJS kesehatan itu yakni memberikan layanan kesehatan pada semua masyarakat.

Memberikan layanan kesehatan bagi semua masyarakat, namun yang diutamakan adalah masyarakat yang kurang mampu. Perwujudan dari UU no.40 thn 2004 yang mengenai system jaminan social nasional dan UU no.24 thn 2011 yang mengenai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Dengan adanya BPJS itu, memungkinkan semua masyarakat Indonesia bisa mengakses semua layanan dan fasilitas kesehatan diseluruh wilayah. Bahkan masyarakat yang memiliki BPJS kesehatan ini bisa jadi mengakses layanan kesehatan dengan biaya murah bahkan gratis.

Ditambah lagi untuk bisa mendaftar BPJS kesehatan tersebut bisa dilakukan secara mudah, tak perlu datang ke kantor BPJSnya langsung. Melainkan daftar melalui online, manfaatkan berbagai kemudahan yang diberikan oleh layanan pihak BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).

Syarat Daftar BPJS Kesehatan Online

Syarat Daftar BPJS Kesehatan Online 

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau disingkan BPJS adalah suatu program layanan kesehatan bagi seluruh warga Negara Indonesia. Dengan berbagai kemudahan yang diberikan ketika memiliki BPJS kesehatan tersebut seperti kemudahan untuk mengakses layanan kesehatan yang tersebar diseluruh wilayah.

Namun untuk mendaftar BPJS kesehatan tersebut perlu yang namanya syarat yang harus dipenuhi oleh para calon pendaftar. Ada beberapa syarat yang harus kalian tahu, dan merupakan kewajiban juga untuk menyelesaikan persayaratan yang diberikannya tersebut.

Suatu kewajiban bagi para seluruh penduduk di Negara Indonesia, bahkan Negara asing atau WNA yang telah tinggal selama 6 bulan juga wajib memiliki BPJS kesehata. Langung saja bila kalian sangat penasaran dengan syaratnya silahkan baca dibawah ini.

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Buku Rekening
  • Nomer Telepone Aktif
  • Alamat Email
  • KITAP atau KITAS (Khusus WNA)
  • Pas Foto Ukuran 3×4 (Min Uk 50 Kb)

Silahkan bagi kalian yang ingin mendaftar BPJS kesehatan, mohon dilengkapi terlebih dahulu persyaratan seperti yang diatas. Nah untuk mengenai cara daftar BPJS Kesehatan, silahkan kalian simak saja pada pembahasan selanjutnya dan kami sarankan harap lengkapi syarat diatas dulu.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

Akhirnya sudah sampai juga pada pembahasan intinya yakni tentang cara daftar BPJS kesehatan online. Setelah kalian berhasil memenuhi semua persyaratan diatas, maka kalian bisa ikuti saja cara daftarnnya seperti yang akan kami berikan selanjutnya.

Karena BPJS adalah sebuah program yang disediakan langsung oleh pemerintah Indonesia jadi kalian harus mendaftarnya melalui situs resminya. Ada 3 cara Daftar Kesehatan yang bisa kalian baca, dan cara yang kami bagikan ini sudah berlisensi resmi.

Cara daftar BPJS Kesehatan online ini artinya kalian tidak perlu datang langsung ke pusat badan penyelenggara jaminan sosialnya. Cukup dirumah saja dan buka perangkat gadget yang kalian miliki lalu ikuti cara yang kami bagikan dibawah ini.

1. Daftar BPJS Kesehatan Melalui Website atau Situs Resmi

Cara Daftar BPJS Kesehatan pertama yang bisa kalian gunakan untuk mendaftar BPJS Kesehatan yakni lewat website atau situs resminya. Cukup kunjungi saja web browser lalu silahkan masuk kedalam situs resminya yakni https:/bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ dan mengenai cara daftar BPJSnya yakni sebagai berikut.

  • Buka web browser (Google, chrome atau sebagainya)
  • Kunjungi situs https:/bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ (situs resmi)
  • Berikutnya pilih menu “Pendaftaran”
  • Setelah itu, lengkapi beberapa formulir yang diperlukan
  • Isi formulir yang diperlukan tersebut dengan benar sesuai dengan data pribadi
  • Selanjutnya silahkan pilih salah satu fasilitas BPJS kesehatan
  • Kemudian unggah foto kalian 2×4 yang minimal ukurannya yakni 50kb
  • Pilih opsi “selanjutnya” untuk melengkapi data anggota keluarga
  • Masukan alamat email kalian
  • Sebelum itu pastikan terlebih dahulu, formulir yang telah di isinya itu telah benar semuanya
  • Lalu, pilih opsi “Kirim Email”
  • Nah, kalian akan mendapatkan pesan lewat email yang berisikan nomor Virtual Bank Account yang bisa digunakan untuk mendaftar
  • Cara selanjutnya silahkan kalian lakukan pembayaran melalui ATM yang sudah berkerja sama dengan pihak BPJS Kesehatan atau bisa juga melalui Teller Bank
  • Simpan Bukti Pembayarannya
  • Selesai dan kalian tinggal cetak kartu fisik BPJS tersebut

2. Daftar BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi JKN Mobile

Selanjutnya ada cara daftar BPJS Kesehatan melalui aplikasi JKN Mobile, karena harus menggunakan sebuah aplikasi. Artinya kalian harus mendownload aplikasi JKN Mobile tersebut terlebih dahulu, kalian bisa mendownload pada platform download resminya yakni google playstore ataupun app store.

Aplikasi ini sudah resmi, jadi kalian tidak perlu khawatir lagi tentang resiko akan kebocoran data atau peniupan. Dan untuk cara daftar BPJS kesehatan melalui aplikasi JKN Mobile itu caranya berbeda dengan yang sebelumnya, langsung saja untuk caranya yakni sebagai berikut.

  • Seperti yang kami bilang sebelumnya, cara pertama yakni download aplikasinya
  • Setelah sudah berhasil terinstall silahkan langsung buka dan masuk kedalam aplikasi JKN Mobile
  • Jika sudah masuk kehalam utama atau awal, kalian pilih menu “Pendaftaran Peserta Baru”
  • Lalu, kalian akan melihat beberapa persyaratan dan ketentuan tertentu dan kemudian silahkan pilih “Ya, setuju” untuk menyutujui perihal syarat dan ketentuan yang berlaku
  • Masukan nomor NIK KTP dan kode captcha, lalu silahkan tekan “Selanjutnya” untuk melanjutkan keproses selanjutnya
  • Kemudian halaman akan menampilkan daftar data keluarga kalian dan bila benar langsung saja tap “Selanjutnya”
  • Setelah itu, masukan data diri kalian yang sesuai dengan di KTP, klik “Selanjutnya” lagi
  • Silahkan pilih “Faskes (fasilitas kesehatan)” dan faskes gigi
  • Masukan alamat email kalian kemudian pilih “Simpan”
  • Untuk selanjutnya kalian akan dikirim sebuah aktivasi lewat email
  • Setelah pesan emailnya masuk lalu silahkan buka emailnya
  • Berikutnya kalian akan menemukan nomor virtual account didalam pesan tersebut
  • Apabila menerima nomor virtual account tersebut maka silahkan lakukan pembayaran melalui metode apa saja (M-banking, internet banking, ATM, bank, kantor pos, atau e-commerce yang menyediakan fitur pembayaran)
  • Selesai

Beberapa Manfaat BPJS Kesehatan

Kenapa diwajibkan untuk seluruh masyarakat Indonesia? Karena dengan memiliki BPJS Kesehatan ini akan memberikan pemilikinya banyak manfaat. Beberapa manfaat yang berikan pemerintah ini untuk jangka waktu yang panjang dan untuk masa yang akan datang agar lebih baik.

Manfaat BPJS kesehatan ini adalah yakni membantu rakyat yang dalam kategori tidak mampu agar tetap bisa mengakses layanan kesehatan. Tanpa dikenakan biaya sepeserpun, namun tetap bisa menimkati fasilitas dan layanan kesehatan yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia.

Bukan hanya itu, premi yang diberikannya juga jauh lebih rendah dibandingkan ansuransi swasta. Namun ada manfaat lainnya yang harus kalian ketahui, dan mengenai beberapa manfaat BPJS Kesehatan untuk para pemiliknya yakni sebagai berikut.

1. Perlindungan Kesehatan Seumur Hidup

Manfaat pertama untuk BPJS Kesehatan tersebut yakni melindungi kesehatan seumur hidup. Dengan artian, kalian cukup hanya dengan 1 kali pendaftaran saja kalian bisa menggunakan seumur hidup dan selama hidup kalian tetap menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Namun bila ingin tetap menikmati manfaat dari BPJS kesehatan itu, maka kalian harus membayar tagihan iuran setiap bulannya. Karena sebab jika terlambat dalam pembayaran maka BPJS kesehatan kalian akan otomatis dinonaktfikan yang artinya tidak bisa digunakan lagi (kecuali membayar semua tahihan tunggakanya beserta dendanya).

2. Menjamin Perlindungan Untuk Segala jenis Penyakit

Selanjutnya manfaat kedua yang bisa kalian nikmati jika mempunyai BPJS kesehatan yakni bisa menjamin perlindungan untuk segala macam jenis penyakit. Antara lain semua jenis penyakit ringan ataupun berbahaya seperti HIV/AIDS, Sifilis, Diabetes, kanker ataupun lainnya.

Tanpa penyakit terkecuali lagi, pasalnya BPJS kesehatan ini masih terbilang asuransi terbaru dibandingkan asuransi lainnya. Meskipun terbaru, BPJS ini menyediakan pelayanan perlindungan untuk segala jeni penyakit yang tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi lainnya.

3. Semua Biaya Tagihan Saat Sakit Ditanggung BPJS (Gratis)

Sebelumnya sudah kami jelaskan diatas bahwa BPJS kesehatan ini adalah program yang berlakukan oleh pemerintah untuk menjamin kesehatan kepada semua masyarakat. Atau membantu masyarakat untuk menjalani pengobatan secara gratis, yang jika berbayar harganya sangat mahal.

Sebuah system gotong royong yang bisa memudahkan orang yang statusnya kurang mampu agar bisa tetap menikmati layanan dan fasilitas kesehatan pada umumnya. Jadi bagi pemilik BPJS kesehatan ini, jika ingin melakukan pengobatan ataupun sebagainya bisa tanpa berbayar.

4. Tagihan Iuran Yang Terjangkau Murah

Manfaat berikutnya yakni bisa memudahkan pemiliki BPJS atau peserta BPJS kesehatan karena tagihan iuran yang terbilang terjangkau dan sangat murah.  Ada beberapa kelas yang setiap kelasnya memiliki tagihan yang berbeda-beda.

Mesikpun kalian tidak bisa membayar tagihannya itu, tapi kalian masih bisa menikmati BPJS kesehatan tersebut yakni dengan cara mengajukan diri menjadi peserta penerima bantuan iuran (PBI). Karena juga sudah terdaftar menjadi peserta BPJS PBI, maka tagihan iuran bulanannya ditanggung oleh pemerintah.

Nah, bila kalian ingin melihat dan ingin mengetahui beberapa tagihan yang diberikan setiap kelasnya. Maka kalian jangan berpindah ke situs lainnya dan tetap disini karena sesaat lagi kami akan memberikan kalian tentang tagihan iuran BPJS kesehatah setiap kelasnya.

Tagihan Iuran BPJS Kesehatan

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, untuk pembahasan terakhir kami akan menjelaskan tentang tagihan iuran BPJS kesehatan tersebut. Pasalnya banyak yang masih bertanya-tanya soal berapa tagihan iuran BPJS kesehatan per-bulannya.

Sesuai dengan peraturan yang telah dibentuk dalam peraturan presiden nomor 64 thn 2020. Tagihan ini dibagi beberapa kelas dan setiap kelasnya memiliki iuran per-bulannya yang berbeda-beda, jadi sebelum kalian mendaftarnya kalian harus tentukan terlebih dahulu Kelasnya.

Tagihan iuran ini wajib kalian bayarkan se bulan sekali, jadi bila kalian terlambat dalam pembayaran tagihan iurannya. Kalian akan mendapat resiko BPJSnya akan secara otomatis dinonaktifkan, dan bila ingin mengaktifkannya kembali maka kalian harus membayar denda yang sesuai dengan ketentuannya.

Langsung saja tanpa perlu panjang lebar lagi untuk mengenai tagihan iuran BPJS kesehatan per-bulannya yang sesuai dengan kelasnya yakni sebagai berikut.

  • Tagihan Iuran BPJS Kelas 1 = Rp150.000 / Bulan
  • Tagihan Iuran BPJS Kelas 2 = Rp100.000 / Bulan
  • Tagihan Iuran BPJS Kelas 3 = Rp35.000 / Bulan

Cukup sekian pembahasan informasi tentang bagaimana cara daftar BPJS Kesehatan, semoga informasinya berguna dan bermanfaat dan bila mempunyai kekurangan dalam informasinya kami mohon maaf.

Akhir kata kurang lebihnya mohon maaf dan kami akhiri dengan mengucapkan termakasih yang sebanyak-banyaknya bagi kalian yang sudah tetap setia menyimak pembahasannya mulai dari awal hingga akhir.

Baca juga beberapa artikel menarik lainnya:

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News Employmentandlivelihood.id

Originally posted 2023-05-04 12:40:50.