Bacaan Niat Sholat Maghrib Sendiri, Berjamaah & Waktunya

Niat sholat maghrib – Sholat magrib merupakan salah satu sholat wajib yang lima waktu bagi ummat muslim yang sudah mukallaf rokaatnya ada tiga.

Waktu shalat maghrib sangatlah jika dibandingkan dengan waktu sholat fardu yang lain. Maka dari itu apabila sudah masuk waktu sholat maghrib bergegaslah untuk melaksanakannya.

Sebagaimana perintah Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqoroh Ayat 45 :

وَاسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلاَّ عَلَى الْخَاشِعِينَ

Artinya : ”Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu.” (QS Al Baqarah: 45)

Lafadz Niat Sholat Maghrib

Lafadz Niat Sholat Maghrib

Karena niat termasuk rukun 13 maka harus diikut sertakan dalam pelaksanaan sholat maghrib, jika tidak niat sholatnya tidak sah.

Adapun lafadz Niat Sholat Maghrib adalah seperti dibawah ini :

Lafadz Niat Sholat Maghrib Sendirian

اُصَلِّى فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Latin : Ushalli fardhol maghribi tsalaata raka’aatim mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta’aala

Artinya : “Aku berniat shalat fardhu Maghrib tiga raka’at menghadap kiblat karena Allah Ta’ala”

Lafadz Niat Sholat Maghrib Berjama’ah Sebagai Makmum

Kalimat Makmum Wajib dibaca karena jika berjama’ah sebagai ma’mum sedang ia tidak niat ikut imam maka jama’ahnya tidak sah.

اُصَلِّى فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءًمَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Latin : Ushalli fardhol maghribi tsalaata raka’aatim mustaqbilal qiblati adaa-an makmuman lillaahi ta’aala

Artinya : “Aku berniat shalat fardhu Maghrib tiga raka’at menghadap kiblat mengikuti imam karena Allah Ta’ala”

Lafadz Niat Sholat Maghrib Berjama’ah Sebagai Imam

Bagi seorang imam tidak wajib malafadzkan kalimat Imaman, karena makmum dalam sholat sudah mengangkat ia sebagai imam.

اُصَلِّى فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءًإِمَامًا لِلهِ تَعَالَى

Latin : Ushalli fardhol maghribi tsalaata raka’aatim mustaqbilal qiblati adaa-an imaman lillaahi ta’aala

Artinya : “Aku berniat shalat fardhu Maghrib tiga raka’at menghadap kiblat menjadi imam karena Allah Ta’ala”

Seharusnya kalian sudah hafal semua ya mengenai niat sholat maghrib ini, karena kita sudah mendapakatkan pendidikan mengenai niat sholat dari kecil bukan?

Siapa Yang Wajib Sholat Maghrib

Siapa Yang Wajib Sholat Maghrib

Karena sholat maghrib termasuk salah satu sholat yang Fardhu maka bagi seorang muslim wajib untuk mengerjakannya dan mengetahui niat sholat maghrib.

Sedangkan kewajiban melaksanakan sholat maghrib adalah bagi muslim yang sudah mukallaf “yang sudah dikenakan kewajiban dalam hukum islam”.

Adapun seseorang yang mukallaf tentunya berasal dari umur yang sudah baligh dan berakal sehat tidak gila.

Usia baligh ada tandanya agar mengetahui tanda seseorang yang sudah baligh maka didalam artikel ini akan dituliskan beberapa tanda baligh.

Syaikh Salim bin Sumair Al-Hadhrami menjelaskan tanda atau ciri baligh didalam kitab Safinatun Najah memiliki tiga tanda sebagai berikut.

تمام خمس عشرة سنة في الذكر والأنثى والاحتلام في الذكر والأنثى لتسع سنين والحيض في الأنثى لتسع سنين

Artinya; “Ketiga tanda baligh tersebut adalah sempurnanya umur lima belas tahun bagi anak laki-laki dan perempuan, keluarnya sperma setelah berumur sembilan tahun bagi anak laki-laki dan perempuan, dan menstruasi atau haid setelah berumur sembilan tahun bagi anak perempuan”.

Batasan-Batasan Waktu Sholat Wajib

Batasan-Batasan Waktu Sholat Wajib

Sholat fardu ada lima yang memiliki waktu berbeda dalam mengerjakannya, sebagaimana yang telah difirmankan Allah SWT dalam QS. An Nisa’ ayat 103.

إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

Artinya : “Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu/wajib yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”. [ QS. An Nisa’ (4) : 103]

Berikut dibawaah ini akan dijelaskan batasan-batasan waktunya :

Waktu Sholat Maghrib

Waktu Sholat Maghrib sholat maghrib sangatlah singkat yakni menurut imam syafi’i mulai dari terbenamnya matahari kemudian ditambah dengan waktu azan maghrib, berwudhu, menutupi aurat kemudian sholat maghrib dan ditambah sholat lima rokaat.

Adapun menurut pendapat qodimnya imam syafi’i mengatakan bahwa waktu sholat maghrib memanjang sampai hilangnya mega merah.

Waktu Sholat Isya’

Awal memasuki waktu sholat Isya’ adalah hilangnya mega merah, sedangkan akhir waktu ikhtiarnya sholat Isya’ adalah disepertiga malam dan akhir waktu jawaznya ialah sebelum terbitnya fajar shodiq.

Waktu Sholat Subuh

Waktu awalnya sholat subuh adalah munculnya fajar kedua, Waktu pertengahan atau akhir ikhtiyar sholat subuh adalah suasana remang-remang dan waktu akhirnya sholat subuh adalah munculnya sinar matahari.

Waktu Sholat Zuhur

Awal waktu masuknya sholat zuhur adalah ketika matahari tergelincir kearah barat dan waktu tersebut akan berakhir ketika bayangan benda sama dengan bentuk aslinya dan ditambah dengan bayangan awal ketika tergelincirnya matahari.

Waktu Sholat Ashar

Permulaan waktu masuknya sholat ashar adalah ketika bayangan benda melebihi bentuk aslinya, waktu pertengahannya adalah ketika bayang-bayang benda tersebut dua kali lebih panjang. Sedangkan waktu akhirnya adalah ketika matahari terbenam.

Itulah keterangan waktu sholat wajib yang lima dari maghrib, isya’, subuh, zuhur, dan ashar. Akan tetapi untuk dizaman sekarang ini untuk mengetahui jadwal waktu masuk nya sholat sangatlah mudah.

Karena banyak alaram atau jam digital yang sudah siap sedia memberikan peringatan kepada ummat muslim untuk mengingatkan waktu sholat.

Penutup

Inilah penjelasan tentang Niat Sholat Maghrib yang ditulis dalam artikel Employmentandlivelihood.id. Sekiranya ada kesalahan dalam penulisan atau dalam penjelasannya penulis meminta maaf dan dengan kelapangan hati sangat membutuhkan bimbingan untuk meluruskan.

Wallahu A’lam….

Baca Juga :