6 Minuman Untuk Penderita Diabetes yang Baik Dikonsumsi

Simak, minuman untuk penderita diabetes yang baik untuk dikonsumsi selain air putih. Diabetes merupakan penyakit kronis. Penyakit ini ditandai dengan kenaikkan kadar gula darah.

Sehingga, bagi yang sudah didiagnosis penyakit diabetes harus bisa mengkontrol segala asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Pengidap diabetes sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan atau minuman manis.

Penderita diabetes yang ingin mengkonsumsi makanan dan minuman manis, harus mengetahui batasan kandungan gulanya. Namun yang lebih baik untuk menghindari makanan dan minuman dengan kandungan gula yang tinggi.

https://www.ayovaksindinkeskdi.id/6-minuman-untuk-penderita-diabetes-/
Ilustrasi. 6 rekomendasi minuman untuk penderita diabetes (Pixabay)

Pengidap diabetes harus mentaati beberapa pantangan makanan dan minuman. Namun, ternyata ada enam minuman untuk penderita diabetes yang bisa dikonsumsi sehari-hari lho. Tidak hanya air putih, minuman tersebut mulai dari susu rendah lemak hingga teh herbal.

Mau tau apa saja minuman untuk penderita diabetes? Simak ulasannya di bawah ini.

Daftar Minuman Untuk Penderita Diabetes Selain Air Putih

Berikut dibawah ini adalah rekomendasi minuman untuk penderita diabetes yang dilansir dari US News.

1. Jus Buah

https://www.ayovaksindinkeskdi.id/6-minuman-untuk-penderita-diabetes-/
Ilustrasi. (Pixabay)

Meski mengidap diabetes, kamu masih bisa menyantap buah dengan cara di jus. Namun, tak semua jenis buah yang di jus baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Jus juga bisa menjadi minuman yang tak baik untuk dikonsumsi lho. Akan tetapi, kamu masih bisa menikmati jus buah yang benar-benar berasal dari buah asli.

Jika ingin meminum jus buah, pastikan jus tersebut benar-benar berasal dari buah asli atau buah alami ya teman-teman. Dan ingat, jangan tambahkan gula atau pemanis lainnya saat membuat jus buah. Cukup diracik dengan menambahkan air putih saja. Salah satu contoh jus buah yang baik untuk dikonsumsi pengidap diabetes adalah jus buah tomat.

2. Smoothies

https://www.ayovaksindinkeskdi.id/6-minuman-untuk-penderita-diabetes-/
Ilustrasi. (Pixabay)

Smoothies tidak jauh berbeda dari jus buah, keduanya sama-sama terbuat dari buah. Hanya saja, tekstur smoothies lebih kental dari jus buah dan lebih kental lantaran mengandung bahan-bahan lain.

Smoothies menjadi salah satu minuman yang baik untuk dikonsumsi pengidap diabetes. Jika ingin membuat smoothies dengan menambahkan bahan lain, kamu bisa menambahkan Greek yogurt. Selain itu, membuat smoothies dengan buah berry merupakan pilihan yang baik.

Tips lain, kamu bisa menggunakan buah beku untuk membuat smoothies, agar mendapatkan banyak rasa dengan menghindari es mencair.

3. Infused Water

https://www.ayovaksindinkeskdi.id/6-minuman-untuk-penderita-diabetes-/
Ilustrasi. (Pixabay)

Minuman infused water menjadi salah satu minuman lain yang dapat diminum untuk penderita diabetes. Infused water ini dibuat dari air putih yang ditambahkan buah dan didiamkan beberapa waktu.

Biasanya banyak orang membuat infused water dengan menambahkan irisan buah lemon, kiwi, timun, jeruk nipis, daun mint, dan lainnya. Lalu ditambahkan dengan jahe hingga daun basil.

4. Kopi

https://www.ayovaksindinkeskdi.id/6-minuman-untuk-penderita-diabetes-/
Ilustrasi. (Pixabay)

Siapa yang tidak suka kopi saat ini? Jika kamu penderita diabetes, kamu masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi kopi.

Kopi adalah minuman yang mengandung antioksidan yang tinggi. Selain itu, kopi mengandung kafein yang berguna untuk meningkatkan imunitas.

Bagi pengidap diabetes, masih boleh meminum minuman kafein dengan jumlah yang sedang. Yang penting, jangan minum kopi terlalu banyak ya teman-teman.

Dan perlu diingat, saat membuat atau meracik kopi, hindari untuk tak memasukkan banyak gula, krim, dan susu. Bahkan sangat dianjurkan untuk membuat kopi tanpa gula.

5. Teh Herbal

https://www.ayovaksindinkeskdi.id/6-minuman-untuk-penderita-diabetes-/
Ilustrasi. (Pixabay)

Minumah teh hangat memang menjadi minuman favorit semua orang. Tak hanya kopi, teh juga mengandung antioksidan yang tinggi lho, bermanfaat untuk menjaga imunitas. Namun saat kamu didiagnosa mengidap diabetes, the manis menjadi salah satu minuman yang dilarang untuk dikonsumsi.

Namun, kamu bisa mengkonsumsi teh herbal sehari-hari. Teh herban terbuat dari aneka rempah, sehingga bisa dikonsumsi pengidap diabetes tanpa gula. Salah satu contohnya adalah teh jahe.

6. Susu Rendah Lemak

https://www.ayovaksindinkeskdi.id/6-minuman-untuk-penderita-diabetes-/
Ilustrasi. (Pixabay)

Minuman ini juga dinilai aman untuk dikonsumsi untuk pengidap diabetes. Pasalnya, kandungan protein dan lemak pada susu, dapat membantu menyeimbangkan penyerapan gula.

Ada sumber vitamin D dan kalsium baik yang terdapat dalam produk susu rendah lemak. Dua kandungan itu jadi nutrisi penting untuk asupan sehari-hari.

Penyakit Diabetes, Penyebab, dan Gejala Diabetes

Berikut akan dijelaskan apa itu penyakit diabetes. Mulai dari pengertia, penyebab, gejala hingga tipe diabetes itu sendiri.

Penyakit diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kenaikkan kadar gula darah. Pada penderita diabetes, glukosa yang menjadi sumber energy  tidak dapat digunakan oleh tubuh.

Glukosa yang ada dalam darah dikendalikan hormone insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Pada pengidap diabetes, pankreas tak bisa menghasilkan hormon insulin sesuai kebutuhan. Sehingga, sel-sel tubuh tidak bisa menyerap dan mengolah glukosa tersebut menjadi energy untuk tubuh.

Penyebab Diabetes

Lantas apa penyebab diabetes? Penyebab diabetes dibedakan menjadi dua tipe, yakni diabetes tipe 1 dan 2. Berikut adalah penjelasannya:

Tipe 1

Diabetes tipe ini dikenal dengan diabetes autoimun. Penyebabnya masih belum ditentukan secara pasti. Dugaannya, factor genetic dan lingkungan menjadi salah satu faktor penyakit diabetes tipe 1 ini.

Di saat system kekebalan tubuh keliru menyerang dan menghancurkan sel-sel pada pankreas. Hal tersebut membuat glukosa darah meningkat hingga memicu kerusakan organ-organ tubuh.

Tipe 2

Diabetes tipe sangat banyak diidap oleh banyak orang. Tipe 2 ini terjadi di saat sel-sel tubuh kurang sensitive terhadap insulin. Sehingga insulin yang dihasilkan dari pankreas tidak digunakan dengan baik. Diabetes 2 ini dikenal dengan sebutan resistensi insulin.

Gejala Diabetes

Di bawah ini, akan dipaparkan beberapa gejala diabetes yang terjadi pada diabetes tipe 1 dan 2.

Untuk diabetes tipe 1 bisa berkembang sangat cepat, bahkan dalam kurun waktu beberapa hari hingga beberapa minggu. Sedangkan tipe 2, banyak yang tak menyadari bahwa para penderita sebenarnya telah mengidap diabetes selama bertahun-tahun. Pasalnya, gejala diabetes tipe 2 ini tidak terlalu spesifik.

Ciri-ciri penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2

– Berat badan turun namun tanpa alasan atau sebab yang jelas

– Kerap buang air kecil, lebih sering di malam hari

– Terkadang kerap merasa sangat lapar dan haus

– Mudah lemas dan lemah

– Pandangan mata menjadi kabur

– Jika terjadi luka, akan sulit untuk sembuh dan kering

– Gusi, kulit, saluran kemih atau vagina mudah terjadi infeksi

– Mulut menjadi kering

– Kulit mengalami gatal-gatal

– Adanya bercak hitam di sekitar ketiak, leher, dan selangkangan, pertanda resistensi insulin

Jika kamu sudah merasakan gejala-gejala tak biasa seperti yang sudah disebutkan di atas, ada baiknya kamu segera ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan kamu ya teman-teman.

Baca Juga:
– Arti Wakanda Forever Date Bahasa Gaul yang Viral 2022
– Apa Arti Cuki Kata Viral di TikTok, Gak Boleh Sembarang Diucap
– Viral Wanita Berhijab Terjerat Lem Tikus saat Nonton Bioskop
– Viral Emak-emak Dibonceng Hadap Belakang, Kakinya Naik
– Petir Merah Pecah Artinya Dalam Bahasa Gaul (Viral TikTok)