6 Cara Melacak HP yang Hilang, Efektif Lebih Cepat Ditemukan

Employmentandlivelihood.id – Ketahuilah beberapa Cara Melacak HP yang Hilang disini, baik menggunakan email ataupun menggunakan cara lewat nomor telephone disini. Kalian tidak perlu khawatir jika mengalami hal sial seperti kehilangan ponsel atau hp.

Mengingat telephone genggam seperti smartphone itu merupakan salah satu hal yang penting dikehidupan sehari-hari. Karena biasanya tempat menyimpan data pribadi itu selain di computer atau laptop yakni biasanya menyimpannya di smartphone.

Dengan bentuknya yang kecil, memungkinkan smartphone ini bisa selalu dibawa kemana-mana penggunanya berpergian. Namun sekarang ini banyak sekali oknum-oknum yang sering kali mencuri perangkat pintar seperti smartphone.

Mengingat dengan pesatnya perkembangan dunia tekhnologi, menjadi smartphone sebagai saran hiburan. Bahkan kini smartphone bisa dipergunakan sebagai alat komunikasi praktis yang mengaksesnya tidak sulit, melainkan mengaksesnya bisa dengan mudah.

Sehingga banyak pemiliki smartphone mempergunakan smartphone tersebut untuk menyimpan berbagai berkas penting seperti kontak telephone dan lain sebagainya. Dengan banyaknya data-data penting didalamnya, maka akan banyak oknum yang ingin mencuri smartphone.

Selain memiliki data yang penting, tapi juga kini banyak varian smartphone yang harganya sangat mahal seperti series IPhone. Namun kalian jangan khawatir jika kalian telah mengalami hal buruk seperti kehilangan smartphone atau ponsel pintar.

Pasal pada kesempatan kali ini kami akan memberikan kalian sedikit Cara Melacak Hp Yang Hilang, dengan mamnfaatkan Nomor Email ataupun lainnya. Nah bila kalian ingin lebih mengetahui selengkapnya apa saja metode yang digunakan untuk Cara Melacak Hp Yang Hilang tersebut.

Maka silahkan kalian duduk manis, tetap pantau terus artikel kali ini dan jangan berpindah kelain situs atau website lainnya. Karena disini kalian akan dimanjakan dengan pembahasan tentang Cara Melacak Hp Yang Hilang dengan lengkap, mulai dari melacak lewat google maps hingga lewat whatsapp.

Yuk pahami dengan seksama, agar kalian bisa menemukan kembali perangkat ponsel atau smartphone yang telah hilang. Kalian akan disediakan berbagai macam metode yang sering digunakan untuk Cara Melacak Hp Yang Hilang entah kemana.

Beberapa Cara Melacak Hp yang Hilang, Sangat di Rekomendasi

Beberapa Cara Melacak Hp yang Hilang, sangat di Rekomendasi

Kalian jangan mudah panic apabila kalian telah kehilangan hp atau hp kalian dicuri oleh seseorang atau oknum pencuri. Karena pada dasarnya ada banyak Cara Melacak Hp yang Hilang yang bisa kalian coba untuk menemukan kembail hp yang hilang.

Apalagi kalian sudah mengetahui atau mencatat nomor IMEI hp yang sudah hilang entah kemana, karena pasalnya nomor IMEI tersebut bisa dijadikan bahan untuk melacak hp. Namun jika kalian lupa karena tidak mencatat nomor IMEI tersebut, maka kalian bisa juga gunakan cara lainnya.

Untuk cara lainnya yang bisa digunakan untuk melacak hp yang hilang adalah dengan menggunakan akun email, aplikasi dan situs tertentu, layanan google maps dan lain-lainnya. Apabila kalian ingin mengetahui semuanya, maka simak saja cara lengkapnya dibawah ini.

Cara Lacak Hp Dengan Nomor IMEI

Cara Lacak Hp Dengan Nomor IMEI

Pertama, cara yang bisa digunakan untuk menemukan kembali perangkat hp yang hilang yang lacak dengan nomor IMEI. Namun untuk menggunakan nomor IMEI tersebut kalian harus mengetahui terlebih dahulu nomor IMEI yang dimiliki oleh perangkat yang hilang itu.

Pasalnya setiap perangkat smartphone atau hp itu memiliki jenis dan nomor IMEI yang berbeda-beda, oleh karena itu setiap pemiliki smartphone paling tidak harus mengetahui nomor IMEI hpnya sendiri. Atau bila ingin selalu mengingatnya, maka kalian semua harus mencatat di kertas lembaran atau lainnya.

Lantas bagaimana cara mengetahui atau cara cek nomor IMEI tersebut. Perlu kalian ketahui, nomor IMEI itu adalah nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM. Nomor IMEI tersebut biasanya terdiri dari 15 hingga 16 angka, dan bila kalian ingin mengecek nomor imei yang ada diperangkat kalian maka silahkan baca artikel Cara Cek IMEI disini.

Kalian bisa cek nomor IMEI dari berbagai metode, mulai dari cek IMEI dari kode USSD, situs resmi, dus boxnya hingga cek lewat menu setting perangkat. Lalu bagaimana Cara Melacak Hp yang Hilang menggunakan nomor IMEI ini, nah untuk caranya simak saja dibawah ini.

  • Pastikan sudah mengetahui “Nomor IMEI” perangkat smartphone yang hilang
  • Kemudian silahkan lakukan panggilan ke operator seluler
  • Konfirmasi ke operator tersebut jika kalian telah kehilangan hp dan ingin melacak dengan nomor IMEI
  • Lalu setelah sudah mengkonfirmasi ke layanan, maka kalian akan diminta untuk membuat surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian
  • Berikutnya silahkan kunjungi pihak kepolisian terdekat
  • Hubungi ke petugas jika ingin meminta surat yang diperlukan (Surat Keterangan Kehilangan)
  • Apabila sudah memiliki surat tersebut, silahkan hubungi Call Center dari Provider Telekomunikasi yang kalian gunakan
  • Berikan nomor IMEI dan beserta nomor hp kalian kepada Costumer Service
  • Setelah itu kalian akan bisa mendapatkan dimana lokasi hp kalian berada
  • Selesai

Cara Melacak Hp Dengan Akun Email

Apabila kalian tidak mengetahui nomor IMEI nya sehingga kalian tidak bisa menggunakannya untuk Cara Melacak Hp yang Hilang. Maka kalian coba gunakan cara yang kedua, cara yang kedua adalah Cara Melacak Hp yang Hilang dengan akun Email.

Cara ini terbilang tidak terlalu sulit seperti cara yang pertama yang memungkinkan harus datang ke kantor polisi terdekat.  Dengan akun email ini butuh mengunjungi web browser saja langsung dan untuk cara lebih lengkapnya silahkan pembahasan dibawah ini.

  • Masuk kedalam web browser
  • Log In menggunakan akun kalian yang digunakan pada perangkat yang hilang
  • Setelah itu silahkan tekan ikon 3 titik yang terdapat di bagian atas kanan
  • Setelah itu pilih opsi “Akun”
  • Lanjut dengan pilih bagian “Keamanan”
  • Lalu cek perangkat apa saja yang memiliki akses ke Gmail kalian
  • Kemudian, kalian klik bagian opsi perangkat yang hilang
  • Jika sudah menemukan perangkat yang hilang, klik “Detail Selengkapnya”
  • Selanjutnya tap juga menu “Cari Perangkat”
  • Secara otomatis kalian akan diarahkan kepada fitur layanan Find My Device yang dimiliki oleh Google
  • Memungkinkan layanan itu akan menunjukan lokasi perangkat kalian yang hilang atau lokasi dimana perangkat tersebut berada secara akurat

Untuk cara yang kedua bisa kalian dijadikan sebagai alternative  untuk menemukan kembali perangkat hp yang hilang dengan menunjukan lokasi terakhir perangkat. Atau apabila caranya cukup rumit, maka coba saja Cara Melacak Hp yang Hilang berikutnya.

Cara Melacak Hp via Aplikasi Find My Device

Cara Melacak Hp via Aplikasi Find My Device

Beriktunya kalian bisa menyimak Cara Melacak Hp yang Hilang via aplikasi Find My Device, dapatkan aplikasinya terlebih dahulu bila kalian ingin menemukan kembali perangkat yang hilang. Download aplikasinya langsung pada market place resminya seperti google playstore atau app store.

Setelah kalian sudah mendownload dan menginstallnya diperangkat yang digunakan untuk melacak hp, maka selanjutnya silahkan simak ulasan berikut. Langsung saja apabila kalian sudah tidak sabar menemukan lokasi perangkat yang hilang, simak saja cara yang dibawah ini.

  • Pertama pastikan sudah memiliki aplikasi diperangkat yang digunakan untuk melacak hp yang hilang
  • Selanjutnya silahkan buka lalu login menggunakan Email yang sudah dikaitkan di hp yang hilang
  • Dengan otomatis, sistemnya akan menunjukan lokasi hp yang hilang
  • Selesai

Aplikasi Find My Device juga memiliki layanan lainnya yang memungkinkan bisa melacak keberadaan hp dengan mudah. Layanan tersebut diantaranya yakni Play Sound, Erase Device, Secure Device, gunakanlah layanan tersebut sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan.

Cara Melacak Hp via Google Find My Device (Website)

Selain menggunakan aplikasinya, ada cara lainnya untuk memanfaatkan Find My Device yakni lewat Web Browser. Bagi kalian yang memiliki ruang penyimpanan yang terbatas, maka kalian gunakanlah web browsernya saja karena tidak mengharuskan download aplikasinya.

Cukup mengunjungi situs resminya yang disediakan pada web browser, lalu bagiaman caranya. Nah untuk caranya yakni sebagai berikut, namun terlebih dahulu kalian sudah mengetahui ID atau Email yang terhubung dengan perangkat hp yang hilang.

  • Kunjungi Web Browser
  • Masukan situs ini google.co./android/find diperangkat lainnya
  • Nah apabila kalian pengguna yang kehilangan perangkatnya itu sudah mengaktifkan login otomatis maka situs tersebut akan langsung memberi tahu lokasi keberadaan hp android tersebut
  • Kalian akan menemukan beberapa informasi lainnya seperti tipe hp, status jaringan, tingka daya baterai, hingga lokasi terakhir dikunjungi
  • Namun apabila penggunanya tidak mengaktifkan login otomatis maka, pelacakannya harus melakukan login terlebih dahulu memakai email yang terhubung dengan perangkat yang hilang
  • Selesai

Perlu kalian ketahui, fitur layanan seperti yang udah pernah kami katakana diatas yakni seperti Play sound, secure device, dan erase device itu memiliki kegunaannya masing masing. Dan kegunaan dari 3 layanan tersebut yakni sebagai berikut.

Play Sound: Berguna untuk mengaktifkan nada dering agar lebih mudah menemukannya

Secure Device: Berguna untuk mengunci perangkat dan me-log out atau mengeluarkan semua akun yang dihubungkan pada perangkat

Erase Device: Memiliki kegunaan untuk menghapus semua konten yang tersimpan mulai dari gambar, video, file dan juga lainnya, hapus agar tidak disalahgunakan oleh pengguna sekarang

Melacak Hp Menggunakan Google Maps

Melacak Hp Menggunakan Google Maps

Berikutnya ada Cara Melacak Hp yang Hilang menggunakan layanan Google Maps. Jika sebelum hilang hpnya sudah mengaktifkan fitur Sharing Location atau berbagi lokasi kepada teman atau yang lainnya yang terdapat dikontak maka kalian bisa melacaknya menggunakan Google Maps.

Namun apabila kalian pada saat sebelum kehilangan tidak mengaktifkan fitur sharing location atau berbagi lokasi tersebut. Maka kalian tidak akan dapat menggunakan cara ini, tapi jika sudah mengaktifkannya maka simak cara lengkapnya dibawah ini.

  • Buka layanan Google Maps
  • Pilih menu “Profil”
  • Setelah itu pilih menu “Sharing Location atau Berbagi Lokasi”
  • Tentukan waktu pelacakan (satu jam atau hingga dinonaktifkan oleh penggunanya)
  • Pilih bagian opsi “Email” yang sering kalian gunakan
  • Klik bagian “More”
  • Silahkan kalian bisa pilih email yang akan diguakan untuk berbagi lokasi hp yang hilang
  • Atau kalian masukan alamat email untuk melacak hp yang hilang
  • Terakhir konfirmasi agar lokasinya dikirm langsung ke alamat email yang sudah ditentukan
  • Selesai

Cara ini akan memberikan lokasi lebih akurat dibandingkan dengan menggunakan aplikasi, namun kelemahannya bila perangkatnya dinonaktifkan atau dimatikan. Karena bila perangkatnya sudah dimatikan maka secara otomatis layanan fitur “berbagi lokasinya” akan mati juga.

Metode Lacak Hp Hilang Yang Dalam Keadaan Mati Total

Selanjutnya Cara Melacak Hp yang Hilang dalam keadaan mati total, artinya tidak dapat dilakukan dengan berbagai cara. Nah cara tersebut cukup memanfaatkan layanan googla maps dan untuk cara lengapnya yakni sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Google Maps
  • Tekan opsi “Segitiga Kecil” yang berada dibagian kanan halaman
  • Selanjtunya klik bagian “Tambah Akun”
  • Setelah itu, silahkan masukan alamat yang terhubung di perangat hp yang hilang
  • Jangan lupa masukan kata sandinya juga atau password
  • Lalu setujui berbagai aturannya atau ketentuannya, klik “Saya Setuju”
  • Berikutnya tinggal klik lagi opsi “Segitiga Kecil” yang berada di atas kiri halaman
  • Pilih menu “Linimasa”
  • Secara otomatsi layanan google maps akan menampilkan lokasi hp yang hilang
  • Selesai

Nah hanya itu saja beberapa metode atau Cara Melacak Hp yang Hilang yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Kurang dan lebihnya mohon dimaafkan, akhir kata bila kami ada salah dalam penulisan atau salah dalam menyampaikan informasinya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semuanya. Selain itu, untuk menghindari dari kehilangan perangkat smartphone atau hp kalian perlu menjaga baik-baik perangkat dan simpan perangkat ditempat yang terbilang aman seperti di tas atau tempat penyimpanan lainnya pada saat berpergian.

Baca juga beberapa artikel menarik lainnya:

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News Employmentandlivelihood.id

Originally posted 2023-05-28 22:46:25.