25 Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2

Employmentandlivelihood.id – Simak contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 9 semester 2 l engkap dengan kunci jawabannya. Contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 9 semester 2 ini bisa menjadi bahan pembelajaran siswa jelang ujian.

Hanya hitungan hari lagi murid Sekolah Dasar (SD) akan menjalani masa Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Ulangan Tengah Semesters (UTS). Oleh karena itu, perlu mempersiapkan diri salah satunya dengan mengerjakan beberapa contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 9 semester 2 sebagai referensi.

PTS sendiri dilakukan agar para guru bisa mengevaluasi peserta didik terkait pencapaian nilai berdasarkan dengan kompetensi dasar. Soal PTS biasanya diambil dari materi yang telah dipelajari oleh siswa.

Namun perlu diingat, bahwa artikel pendidikan ini bukanlah sebuah bocoran. Hanya sebagai soal latihan untuk persiapan peserta didik sebelum menghadapi ujian PTS.

Selain untuk peserta didik, contoh soal ini juga dapat digunakan oleh guru sebagai referensi dalam pembuatan soal PTS semester genap, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berikut di bawah ini adalah contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 9 semester 2.

Kumpulan Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2

Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 2

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang paling tepat !

Materi Teks Tanggapan

Soal untuk mengidentifikasi dan menguraikan struktur teks tanggapan
Bacalah kutipan berikut kemudian pilihlah jawaban yang tepat!

Alasan yang pertama, kita pasti sudah mengetahui jika lulusan SMK lebih mudah dan lebih siap untuk bekerja jika dibandingkan dengan lulusan SMA. Karena di SMK siswa tidak hanya diajari teoretik yang mendalam sesuai jurusannya saja, melainkan di sana siswa juga dibekali dengan kemampuan praktik yang sangat menambah pengalaman dan memberikan gambaran nyata tentang dunia kerja. Sebagaimana yang sering kita dengar atau lihat, siswa SMK sering melaksanakan PKL (Praktik Kerja Lapangan) atau yang biasa disebut dengan istilah “magang”. Saya sepakat dengan hal ini karena pada SMA, siswa lebih banyak belajar teori secara mendalam, sehingga lulusan SMA harus berkuliah dulu jika ingin mendapatkan pekerjaan.

  1. Kutipan tersebut merupakan bagian teks tanggapan ….
    A. Evaluasi
    B. Deskripsi
    C. penegasan ulang
    D. Kesimpulan
  1. Bacalah kutipan berikut kemudian pilihlah jawaban yang tepat!
    Internet memberikan dampak negatif yang tidak sedikit bagi pelajar. Internet menyediakan situs yang isinya tidak pantas untuk dilihat oleh pelajar terutama pelajar SD dan SMP Informasi pada kutipan tersebut termasuk….
    A. Sanggahan
    B. Kritik
    C. Pujian
    D. Evaluasi

Bacalah kutipan berikut kemudian pilihlah jawaban yang tepat!

                                                      Pencemaran Lingkungan
Pencemaran udara umumnya dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil yang tidak sempurna, seperti pembakaran batu bara, kayu, minyak, dan gasolin. Polutan gas yang masuk ke udara berasal dari aktivitas manusia atau terjadi secara alami. Polutan gas ini mengandung karbon dioksida, karbon monoksida, timah, nitrogen oksida, dan sulfur dioksida.

Saat ini, jumlah karbon dioksida (CO2) yang dilepaskan ke udara terus mengalami peningkatan sehingga terjadilah efek rumah kaca atau kenaikan suhu di bumi. Efek rumah kaca ini menjadi masalah darurat yang dapat mengancam kehidupan manusia di bumi. Peningkatan suhu di bumi menyebabkan salju di daerah kutub mencair sehingga permukaan air laut meningkat. Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang memicu semakin sering terjadinya banjir di bumi.

Karbon monoksida membuat kemampuan darah untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh berkurang. Karbon monoksida ini dihasilkan oleh asap motor dan mobil. Sulfur dioksida (SO2) yang meningkat di atmosfer menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia, terutama radang paru-paru, penyakit bronkitis, dan gagal jantung. Selain itu, SO2 juga mampu merusak semua vegetasi hingga jarak yang jauh. SO2 merupakan komponen utama yang menyebabkan terjadinya hujan asam. Hujan asam dapat menyebabkan korosi pada bangunan dan kerusakan hutan.

  1. Isi paragraf ke-1 bacaan tersebut adalah…
    A. Polutan gas yang masuk ke udara berasal dari aktivitas manusia
    B. Bahan bakar fosil yang tidak sempurna, seperti pembakaran batu bara, kayu, minyak, dan gasolin.
    C. Polutan gas ini mengandung karbon dioksida, karbon monoksida, dan sulfur dioksida.
    D. Pencemaran udara umumnya dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil yang tidak sempurna
  1. Yang termasuk simpulan adalah …
    A. Berbeda dengan masyarakat kota yang gelisah akan musibah seperti banjir, timbulnya penyakit demam berdarah, serta kondisi lingkungan lembab yang tidak sehat. Terkadang masyarakat kota selalu menyalahkan pemerintah yang dianggap tidak bisa mengatasi banjir.
    B. Menyalahkan orang lain atas musibah dan kekacauan memang sudah menjadi budaya dan mengakar, tanpa melihat sebenarnya siapa yang harus bertanggung jawab dibalik semua ini. Masyarat itu sendiri yang tidak mampu mengatur sampah rumahan sehingga kerap kali selokan gang-gang rumah tersumbat oleh sampah itu sendiri.
    C. Masyarakat bisa saja menuntut pemerintah untuk selalu memperbaiki system drainase setiap tahunnya, akan tetapi mereka tidak bisa menuntut diri mereka sendiri untuk memperbaiki cara hidup dan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan yang seimbang. Sudah saatnya masyarakat tidak hanya menuntut pemerintah, tetapi juga menuntut diri sendiri.
    D. Menyalahkan orang lain atas musibah dan kekacauan memang sudah menjadi budaya dan mengakar, tanpa melihat sebenarnya siapa yang harus bertanggung jawab dibalik semua ini. Terkadang masyarakat kota selalu menyalahkan pemerintah yang dianggap tidak bisa mengatasi banjir
  1. Informasi yang berupa kritik adalah ….
    A. Sudah saatnya masyarakat tidak hanya menuntut pemerintah, tetapi juga menuntut diri sendiri.
    B. Terkadang masyarakat kota selalu menyalahkan pemerintah yang dianggap tidak bisa mengatasi banjir.
    C. Menyalahkan orang lain atas musibah dan kekacauan memang sudah menjadi budaya dan mengakar.
    D. Ketika musim peghujan tiba, masyarakat desa mungkin akan Bahagia menyambut musim menanam padi.

Materi Bab 5 Teks Diskusi

Kutipan teks diskusi berikut untuk soal nomor 6-9.

Pada era globalisasi ini, game online semakin marak di kalangan masyarakat. Peminatnya berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, dan bahkan hingga dewasa, terutama pelajar. Kini, game online semakin mudah ditemukan dan banyak macamnya. Sebagian besar masyarakat menggemarinya. Apalagi, kini banyak warnet yang menyediakan game online dengan harga yang cukup murah. Membuat peminat game online terus meningkat hingga sekarang.

Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa game online memberikan dampak negatif bagi para pemainnya. Namun, ada juga yang menganggap bahwa bermain game online akan berdampak positif. Game online merupakan suatu aktivitas untuk refreshing. Dengan game online anak yang baru pulang dari sekolah dapat menghilangkan rasa jenuh setelah berjam-jam memikirkan pelajaran. Mereka bisa melepaskan kelelahan sambil bermain game online, yang digemarinya. Selain itu, bermain game online dapat meningkatkan kreativitas sang anak.

  1. Paragraf pertama kutipan teks tersebut disebut bagian…
    A. isu masalah
    B. Argumen
    C. Isi
    D. Simpulan
  1. Topik masalah dalam kutipan teks tersebut adalah….
    A. penggemar game online
    B. maraknya game online
    C. manfaat game online
    D. dampak game online
  1. Makna kata kreativitas pada paragraf kedua adalah….
    A ketangkasan
    B. Kecerdasan
    C. daya cipta
    D. akal manusia
  1. Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf kedua adalah….
    A. Bisnis game online sangat menguntungkan masyarakat.
    B. Game online meningkatkan kreativitas anak.
    C. Game online membuat anak menjadi pemalas.
    D. Game online merupakan dampak globalisasi.

Kutipan teks diskusi berikut untuk nomor 10-13.

Sebagian besar peminat game online berasal dari kalangan pelajar. Bagi kalangan pelajar, game online memiliki beberapa dampak salah satunya menyebabkan kecanduan. Jika sudah ketagihan, mereka akan berusaha mendapatkan skor terbanyak dan mencapai level tertinggi. Dampak lain adalah lupa waktu untuk melakukan aktivitas lain, seperti belajar, makan, mandi, dan beribadah.

Perkembangan game online memiliki dampak positif dan negatif. Dampak yang dirasakan ini tergantung dari pemainnya. Orang tua disarankan utuk melakukan tindakan yang dapat mencegah dampak negatif dari internet, khususnya game online. Para orang tua harus bekerja sama dengan guru untuk turut memantau perkembangan anaknya ketika di sekolah.

  1. Konjungsi yang memiliki makna ‘pengandaian’ pada kutipan tersebut adalah….
    A. Jika
    B. Dan
    C. Dengan
    D. Ketika
  2. Paragraf pertama kutipan teks tersebut memiliki ide pokok….
    A. peminat game online
    B. dampak negatif game online
    C. perkembangan game online
    D. game online sebabkan kecanduan
  3. Isi paragraf kedua pada kutipan teks diskusi tersebut disebut bagian …..
    A. isu masalah
    B. argumen mendukung
    C. argumen menentang
    D. Simpulan
  4. Pendapat yang sesuai dengan isi paragraf kedua adalah….
    A. Sebaiknya, orang tua membatasi anak bermain game online.
    B. Alangkah baiknya, orang tua membatasi jumlah uang saku anak.
    C. Seharusnya, guru memberikan sanksi bagi anak yang bermain game online.
    D. Sebaiknya, orang tua melarang anak keluar rumah setelah pulang sekolah.

Teks diskusi berikut untuk nomor 14-17.

Pencabutan subsidi BBM memang dari mula diluncurkan oleh Pemerintah mengundang pro dan kontra. Ada masyarakat yang sepakat dengan pencabutan subsidi tersebut. Ada pula yang menolaknya dengan pertimbangan lain yang juga logis.

Baru-baru ini subsidi BBM mulai dicabut (dikurangi) sedikit demi sedikit. Pemerintah mengalihkan subsidi tersebut untuk kebutuhan masyarakat, seperti menjalankan jaminan kesehatan, bidang pertanian, pendidikan, dan pembangunan infrastruktur secara merata ke semua daerah. Kebijakan ini tentu membawa dampak positif bagi masyarakat di daerah tertentu.

Pascapencabutan subsidi BBM khususnya solar, para pengusaha langsung meradang. Tidak sedikit mereka memberikan penolakan dengan mem-pressure Pemerintah. Jika subsidi benar-benar dicabut akan berdampak pada pemutusan hubungan kerja (PHK) secara massal. Tentu saja ancaman ini membuat Pemerintah menjadi bingung dan mencari solusi tepat untuk mengatasi masalah tersebut

Pemerintah tidak akan gegabah memberikan subsidi BBM. Pemberian subsidi BBM saat ini sangat dirasakan oleh kalangan menengah ke atas. Subsidi kurang menyentuh persoalan rakyat bawah.

  1. Bagian argumen menentang ditunjukkan oleh paragraf….
    A. Kesatu
    B. Kedua
    C. Ketiga
    D. Keempat
  2. Bagian isu masalah membahas….
    A. Pro dan kontra pencabutan subsidi BBM.
    B. Manfaat subsidi BBM bagi masyarakat.
    C. Alasan pencabutan subsidi BBM.
    D. Cara terbaik mengurangi subsidi ВВМ.
  3. Ide pokok paragraf ketiga adalah….
    A. Peningkatan kebutuhan BBM.
    B. Penolakan pencabutan subsidi BBM.
    C. Kebijakan pengurangan BBM.
    D. Kenaikan harga BBM setiap tahun.
  4. Pernyataan yang sesuai dengan bagian simpulan adalah….
    A. Kebingungan Pemerintah menentukan solusi tepat untuk subsidi BBM.
    B. Pengurangan subsidi BBM akan dimanfaatkan untuk bidang kesehatan.
    C. Pemerintah belum memutuskan kebijakan pengurangan subsidi ВВМ.
    D. Kebijakan pengurangan subsidi BBM harus menguntungkan rakyat kecil.

Teks diskusi berikut untuk soal nomor 18-21

Makanan yang disiapkan dan disajikan dengan cepat dikenal sebagai makanan cepat saji. Makanan cepat saji biasa dikonsumsi oleh individu yang sibuk dengan aktivitasnya. Sebaliknya, mereka yang menentang makanan cepat saji menyoroti dampak buruk bagi kesehatan.

Keuntungan dari makanan cepat saji adalah menghemat waktu. Bagi orang yang sibuk dengan urusan pekerjaan, makanan cepat saji adalah pilihan yang tepat. Mereka berpikir bahwa memasak makanan sendiri memerlukan waktu yang lama. Mereka lebih menyukai makanan cepat saji daripada memasak makanan di dapur dengan waktu yang lama. Selain waktu, makanan cepat saji dianggap lebih murah daripada biaya yang harus dikeluarkan ketika seseorang memasak makanan sendiri.

Makanan cepat saji tidak lebih sehat daripada makanan rumahan. Pada umumnya makanan cepat saji memiliki kandungan kedelai, gula, lemak, minyak, daging goreng, garam, keju, mayones, dan kalori yang lebih tinggi dari makanan masakan sendiri. Kandungan tersebut memberikan efek samping bagi kesehatan seseorang. Selain itu, tingkat kandungan sayuran dan buah-buahan dalam makanan cepat saji biasanya hadir dalam jumlah yang sangat kecil.

Mengingat gaya hidup saat ini, seseorang yang memiliki aktivitas tinggi harus berpikir ulang jika mengonsumsi makanan cepat saji. Jika kebiasaan tersebut dibiarkan efeknya akan terakumulasi dalam tubuh. Akibatnya dapat menimbulkan penyakit, seperti jantung dan penyakit terkait lain. Terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan rumahan sejak sekarang. Kurangi konsumsi makanan cepat saji sebagai pengaruh gaya hidup yang tidak sehat.

  1. Bagian argumen menentang ditunjukkan oleh paragraf….
    A. Kesatu
    B. Kedua
    C. Ketiga
    D keempat
  2. Ide pokok paragraf kedua adalah….
    A. dampak konsumsi makanan cepat saji
    B. kandungan gizi makanan cepat saji
    C. kenaikan harga makanan cepat saji
    D. keuntungan makanan cepat saji
  3. Masalah pokok yang terkandung dalam paragraf ketiga adalah….
    A. Makanan cepat saji tidak lebih sehat dari makanan rumahan.
    B. Kandungan zat makanan cepat saji lebih tinggi dari makanan rumahan.
    C. Pengaruh kandungan zat makanan pada makanan cepat saji.
    D. Rendahnya kandungan sayuran dan buah pada makanan cepat saji.
  4. Pesan yang terdapat dalam teks diskusi tersebut adalah….
    A. Pilihlah makanan cepat saji yang mengandung banyak zat gizi.
    B. Luangkan waktu untuk membuat makanan sendiri di rumah.
    C. Kurangi aktivitas di luar rumah agar dapat memasak sendiri.
    D. Jagalah kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat.

Kutipan teks diskusi berikut untuk soal nomor 22-25.

Banyak orang merasa tidak perlu membayar pajak kepada negara. Mereka berpikir negaralah yang harus menyejahterakan rakyatnya. Mereka adalah sekelompok masyarakat kontraprestasi pajak, menolak membayar pajak dengan melakukan demonstrasi. Padahal, mereka justru sebetulnya kelompok penikmat pajak. Yang patut disayangkan, ada juga anggota masyarakat yang merusak fasilitas umum yang dibiayai pajak. Ini seperti merusak barang yang dibeli dengan keringat pajak sendiri.

Kelompok kontraprestasi lainnya adalah yang kecewa karena anggaran negara yang dibiayai pajak itu dikorupsi. Mereka berpikir tidak ada alasan untuk bayar pajak. Mereka akan kecewa jika uang pajak dikorupsi oleh pihak yang memanfaatkan peluang dan jabatannya.

  1. Kutipan teks diskusi tersebut merupakan bagian….
    A. pendahuluan/isu
    B. argumen mendukung
    C. argumen menentang
    D. Simpulan
  1. Makna kata kontraprestasi dalam kutipan teks diskusi tersebut adalah….
    A. Anggota masyarakat yang membayar pajak kepada negara secara tepat waktu.
    B. Anggota masyarakat yang tidak mau membayar bajak tetapi menikmati uang pajak.
    C. Kelompok masyarakat yang suka merusak barang atau fasilitas di tempat umum.
    D. Kelompok masyarakat yang menolak membayar pajak dengan melakukan demonstrasi.
  1. Informasi pokok pada paragraf pertama adalah….
    A. Banyak orang yang tidak mau membayar pajak.
    B. Negara harus melakukan penertiban bayar pajak.
    C. Kenaikan pajak menyiksa rakyat kecil dan menengah.
    D. Kenaikan pajak sebabkan kenaikan harga pangan.
  1. Simpulan dari kutipan teks diskusi tersebut adalah….
    A. Jumlah wajib pajak semakin bertambah, tetapi tidak semua mau membayar pajak.
    B. Banyak orang tidak mau membayar pajak karena berpikir uang pajak akan dikorupsi.
    C. Sebagian masyarakat tidak membayar pajak karena pajak yang harus dibayar sangat tinggi,
    D. Penurunan pemasukan dari pajak tidak menghambat pembangunan fasilitas umum di beberapa daerah.

KUNCI JAWABAN

  1. A
  2. B
  3. D
  4. C
  5. A
  6. A
  7. B
  8. C
  9. B
  10. A
  11. B
  12. D
  13. B
  14. C
  15. A
  16. B
  17. D
  18. C
  19. D
  20. A
  21. B
  22. C
  23. D
  24. A
  25. B

Itulah, contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 9 semester 2 lengkap dengan kunci jawabannya. Gunakan contoh soal PTS Bahasa Indonesia di atas untuk referensi belajar. Semoga membantu ya.

Baca Juga: