Info Valid Gaji Satpam Terbaru 2023 di Berbagai Tempat Lokasi

Employmentandlivelihood.id – Gaji Satpam sedang dicari oleh banyak orang. Pekerjaan mulia yang satu ini cukup terjamin dan lumayan menghidupkan. Profesi satpam sedang populer di kalangan masyarakat. Bahkan salah satu satpam di bank swasta telah menjadi perbincangan hangat karena keramahannya.

Artikel kali ini akan membahas tentang profesi satpam. Tentunya kami juga akan memberikan informasi seputar gaji satpam terbaru 2023 saat ini. Maka dari itu buat yang penasaran dan ingin tahu simak penjelasannya dibawah ini.

Mengenal Profesi Satpam

Mengenal Profesi Satpam

Satpam pasti sering kamu temui dimanapun berada. Seperti mall, toko perbelanjaan, Bank, supermarket, dan lain-lain. Satuan pengamanan merupakan kepanjangan dari satpam atau sering disebut juga sekuriti. Tugas utama dari satpam adalah membantu POLRI menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya.

Artinya mereka menjaga keamanannya terbatas dengan lingkungan tempat kerjanya. Jadi tidak seperti polisi pada umumnya. Lembaga satpam ini dibentuk secara resmi pada akhir tahun yaitu 30 Desember 1980. Hal tersebut karena polisi sadar tidak dapat menjalankan fungsinya sendiri.

Satpam sendiri memiliki peranan sendirinya seperti menyediakan layanan menjaga keamanan secara profesional. Artinya mereka menjaga keamanan dan ketertiban untuk gedung.

Selain gedung juga bisa untuk lokasi bisnis, infrastruktur publik, kantor, dan lain-lain. Satpam ini tentunya bisa dibentuk oleh pemerintah atau swasta. Namun yang harus diperhatikan ialah sah yang resmi oleh KAPOLRI. Ada dua peran penting dari satpam yaitu unsur pembantu pimpinan dan unsur pembantu polri.

Satpam diharuskan memiliki rasa profesionalisme dalam mengemban tugasnya. Mereka harus memiliki kemampuan fisik prima, disiplin, bijaksana, sopan, tegas, dan tanggap.

Jika ada keributan di lingkungan kerja mereka, maka satpam harus bertanggung jawab menertibkan dan menanganinya. Ketika sudah di luar batas kemampuan satpam, maka bisa menghubungi polisi.

Seorang satpam juga harus bisa bela diri agar bisa melumpuhkan penjahat di area kerjanya. Tugas utamanya ialah menjaga keamanan di wilayah kerja mereka. Satpam merupakan pekerjaan yang mulia karena menjaga sebuah keamanan dari penjahat atau kriminalitas lainnya. Mereka juga harus tegas tetapi ramah dan sopan.

Saat ini gaji satpam sangatlah cukup untuk menghidupi kalian. Apalagi jika kamu bekerja di ibu kota atau kota-kota besar pasti digaji sesuai dengan umr atau sesuai rata-rata gaji satpam yaitu 3 juta.

Pelatihan Dan Karir Satpam

Pelatihan Dan Karir Satpam

Tentunya para satpam memiliki jenjang pelatihan ataupun jenjang karir. Pelatihan ini sangat menunjang kualifikasi kamu yang ingin menjadi satpam. Jadi kamu yang ingin bekerja sebagai satpam bisa mengikuti pelatihan agar mendapatkan sertifikasinya. Ada tiga tingkatan yang akan kami jelaskan di bawah ini:

1. Gada Pratama Atau Pelaksana

Pelaksana adalah latihan yang paling dasar dan wajib diikuti oleh para calon satpam. Pelatihan dasar ini biasanya dilaksanakan sekitar 4 minggu atau sebulan. Materi yang diajarkan selama pelatihan ini memiliki 200 an jam pelajaran. Pelajaran yang diajarkan seperti interpersonal skill dan etika profesi.

Ada juga tugas pokok, peranan dan fungsi, bela diri, menembak, narkotika, bahan peledak, dan lain-lain. Tentunya latihan dasar dan umum. Mereka juga berlatih menggunakan borgol dan tongkat satpam. Selain itu mereka juga berlatih baris berbaris dan penghormatan.

2. Gada Madya Atau Penyelia

Penyelia atau Gada Madya merupakan pelatihan lanjutan dari Gada Pratama atau pelatihan dasar. Pelatihan ini bisa dilakukan jika sudah memiliki kualifikasi dari Gada Pratama. Gada Madya memiliki jam pelajaran yang lebih sedikit dari pelatihan sebelumnya. Pelatihan ini hanya dua minggu saja dan hanya 160 jam pelajaran.

3. Gada Utama Atau Manajer Keamanan

Pelatihan berikutnya adalah pelatihan umum yang dilakukan oleh para tingkat yang selevel dengan manajer. Dikenal juga sebagai manajer keamanan atau Chief Security Officer. Jam pelajaran ini hanya memiliki kurang lebih 100 jam pelajaran. Jika kamu sudah menjadi manajer keamanan bisa mengikuti pelatihan ini.

Jika kamu ingin menjadi satpam, maka yang harus kamu ikuti terlebih dahulu ialah Gada Pratama atau pelaksana. Pelatihan dasar wajib diikuti oleh para calon satpam.

Tentunya pelatihan di atas sangatlah berguna dan menunjang kualifikasi sebagai satpam. Ketiga Gada tersebut memiliki sertifikat masing-masing yang cukup berguna untuk melamar pekerjaan sebagai satpam.

Tugas Dan Perlengkapan Satpam

Tugas Dan Perlengkapan Satpam

Tentunya setiap profesi memiliki tugas umumnya, satpam pun memiliki tugas umum. Kamu pasti selalu mengira satpam hanya menjaga keamanan atau ketertiban. Tentunya itu tugas utama mereka menjaga keamanan dari penjahat. Namun masih ada tugas-tugas lainnya. Adapun beberapa tugas umumnya di bawah ini:

  • Tugas utamanya ialah menjaga keamanan dan ketertiban di area kerjanya
  • Melaksanakan tindakan preventif untuk keamanan
  • Mencegah penyusup datang
  • Melakukan kontrol di lingkungan kerjanya
  • Melapor, menangani kejadian, dan panggilan
  • Mencegah pencurian atau melakukan deteksi dini
  • Mempertahankan situasi kondusif di lingkungan kerja
  • Melapor dan menangani awal

Selain tugas di atas masih ada banyak lagi yang disesuaikan oleh tempat kerja. Intinya tugas satpam yaitu menjaga dan melindungi tempat kerjanya. Agar para satpam dapat melakukan pekerjaannya secara efektif, maka ada perlengkapan yang harus dimiliki oleh para satpam. Adapun keperluan perlengkapan para satpam di bawah ini:

  • Buku saku dan alat tulis
  • Alat komunikasi
  • Senter
  • Seragam
  • Alat pelindung diri
  • Borgol
  • Tongkat
  • Sangkur
  • Perisai

Anggota satpam juga biasanya dilengkapi oleh senjata seperti senjata api. Hanya saja senjata api yang tidak seperti polisi. Adapun senjata yang dimiliki oleh satpam:

  • Senjata api genggam
  • Senjata api bahu
  • Senjata peluru karet
  • Senjata peluru gas
  • Senjata peluru pallet
  • Kejut listrik
  • Semprot gas

Alat-alat yang dimiliki satpam tentunya menunjang tugas umumnya yaitu menjaga keamanan. Tentunya mereka juga sudah dilatih untuk menggunakan senjata yang dimilikinya. Jadi para satpam tidak mungkin menyalah gunakan senjatanya. Tentunya profesi ini juga memiliki undang-undang yang mengatur pekerjaan satpam ini.

Selain alat-alat yang harus kamu ketahui ialah seragam. Seragam satpam tiap beberapa tahun ganti mungkin seragam yang kamu tahu adalah seragam putih dan hitam. Untuk saat ini seragam satpam mirip dengan seragam polisi. Semua perusahaan dan lainnya memiliki seragam yang sama.

Mengetahui Gaji Satpam di Berbagai Tempat

Mengetahui Gaji Satpam di Berbagai Tempat

Tentunya gaji satpam sesuai dengan lokasi kamu bekerja. Gaji satpam berkisar 2 juta hingga 4 juta per bulan. Rata-rata gaji yang diperoleh oleh satpam kurang lebih 3 juta/bulan. Selain gaji pokok, satpam juga mendapatkan tunjangan dan bonus yang akan diberikan oleh atasannya. Gaji satpam juga berbeda sesuai tempat kamu bekerja.

1. Gaji Satpam Di Lingkungan Perumahan

Biasanya di pekarangan perumahan memiliki satpam untuk menjaga rumah pemiliknya. Perumahan orang kaya atau elit biasanya menggunakan jasa satpam. Tentunya agar perumahan atau rumah aman dari penjahat, maling, atau rampok. Gaji untuk satpam perumahan sekitar Rp. 1.700.000 sampai Rp. 3.500.000.

Jika kamu bekerja di perumahan elit maka gaji satpam akan mencapai umr atau lebih dari umr. Lumayan sekali untuk bekerja di perumahan orang-orang kaya.

2. Gaji Satpam Di Pusat Perbelanjaan

Pusat perbelanjaan atau mall yang sangat banyak dan selalu ada di kota-kota besar pasti memerlukan satpam. Mereka sangat dibutuhkan untuk menjaga ketertiban disana. Mall adalah pusat perbelanjaan yang banyak dikunjungi oleh orang. Ada banyak orang berlalu lalang mengunjungi pusat perbelanjaan.

Hal tersebutlah yang membuat pusat perbelanjaan harus memiliki satpam. Agar mall aman dan terjaga dari penjahat bahkan membuat mall aman. Tentunya gaji satpam di mall atau pusat perbelanjaan sangat lumayan berkisar Rp. 3.500.000 sampai Rp. 5.000.000. Pastinya gaji akan berbeda sesuai daerah tempat kerja.

3. Gaji Satpam Di Instansi Pemerintahan

Selain di atas, instansi pemerintahan pastinya memiliki satpam juga. Jika kamu ingin bekerja di instansi pemerintahan pastinya kualifikasinya juga harus bagus dan terlatih. Artinya kamu yang ingin jadi satpam di sebuah instansi pemerintahan harus satuan pengamanan yang terlatih. Tentunya, calon satpam untuk pemerintahan harus kuat.

Kuat secara fisik dan bisa bela diri agar bisa menjaga keamanan di lokasi. Tentunya menjadi satpam di instansi pemerintahan harus memiliki rasa tanggung jawab yang besar. Bekerja menjadi satpam di instansi pemerintahan memiliki gaji yang sangat cukup. Gaji berkisar Rp. 3.000.000 sampai Rp. 6.000.000 per bulan.

4. Gaji Satpam Di Bank Mandiri

Satpam di bank sangatlah banyak diminati sekarang. Mereka adalah satpam yang sangat ramah dan sopan. Salah satu bank BUMN yang cukup besar yaitu bank Mandiri tentunya memiliki satpam yang ramah. Gaji pokok satpam di bank Mandiri ialah Rp. 2.000.000.

Namun itu belum tunjangan bahkan bonus yang akan diberikan untuk para satpam. Artinya 2 juta ini belum termasuk lain-lainnya.

5. Gaji Satpam Di Bank BCA

Satpam bank BCA adalah satpam yang paling ramah dan banyak dikenal oleh orang. Kepribadian dari satpam bank ini seringkali dipuji di sosial media. Mereka tidak pernah membedakan-bedakan dalam melayani para konsumen. Ada banyak orang yang ingin menjadi satpam di bank BCA.

Bank swasta yang besar ini memberikan gaji satpam berkisar 2,8 juta per bulan. Gaji tersebut belum bersama dengan bonus dan lainnya.

6. Gaji Satpam Di Bank BRI

Seleksi untuk bekerja di bank rakyat Indonesia ini cukup ketat dan sulit. Gaji yang diperoleh dari bank yang satu ini sangatlah lumayan dibanding di atas. Tanggung jawab dan beban pekerjaan dari bank ini sangatlah sebanding dengan gajinya. Gaji satpam di bank BRI sekitar 3,1 juta.

Tugas satpam di BRI cukup berat makanya gaji satpam di bank ini sesuai dengan rata-rata gaji yang diperoleh satpam. Jadi banyak juga yang ingin bekerja disini.

7. Gaji Satpam Di Bank BNI

Berikutnya satpam yang bekerja di bank BNI. Bank pertama BUMN yang menjadi perusahaan publik. Gaji satpam di bank BNI cukup besar dibanding yang lainnya. Satpam memperoleh gaji sekitar 3,6 juta per bulan.

Selain gaji pokok yang diterima, para satpam juga akan mendapatkan tunjangan. Tunjangan ini dihitung di luar gaji pokok. Satpam juga memiliki asosiasi yaitu Asosiasi Profesi Satpam Indonesia atau sering disebut APSI. Asosiasi ini sangat memuliakan para pekerjanya.

Bekerja menjadi satpam tidaklah tergantung dengan target. Satpam merupakan pegawai tetap untuk suatu pekerjaan. Gaji satpam juga terbilang cukup dan lumayan.

Tunjangan Para Satpam

Tentunya profesi satpam sebagai pegawai tetap pasti mendapatkan tunjangan dari tempat kerjanya. Pekerjaan ini bukan pekerjaan kontrak dan tidak ada batasan atau tidak boleh kontrak.

Pekerjaan satpam yang telah dijelaskan di atas tentunya berhak juga mendapatkan tunjangan. Jadi satpam akan mendapatkan tunjangan yang sangat cukup. Kamu yang ingin menjadi satpam selain gaji pokok yang diperoleh ada juga tunjangan lainnya. Adapun tunjangan yang didapatkan oleh satpam:

  • THR
  • Tunjangan jabatan
  • Tunjangan seragam
  • TKPKN
  • Tunjangan perusahaan
  • Bonus prestasi
  • Upah lembur
  • Biaya transportasi
  • Jamsostek
  • Dan lain-lain

Kebijakan yang akan diperoleh satpam tentunya berbeda di setiap perusahaan. Tunjangan di atas adalah tunjangan umum yang satpam dapatkan. Profesi satpam ini sangat lumayan dan cukup untuk biaya kehidupan. Jika kamu bekerja menjadi satpam di kota-kota besar sangatlah besar dibanding kota lainnya.

FAQ

Apakah Pelatihan Satpam Wajib Ikut?

Tentunya para calon satpam ada pelatihan yang wajib kamu ikuti. Seperti latihan dasar atau Gada Pratama yang sangat wajib diikuti.

Apakah Satpam Harus Bisa Bela Diri?

Pekerjaan satpam tentunya harus bisa menjaga wilayah tempat kerja mereka. Setidaknya harus bisa bela diri dasar agar bisa melindungi kantor dari penjahat atau mengejar penjahat.

Sekian artikel tentang rincian profesi satpam beserta gaji satpam. Kamu yang tertarik menjadi satpam, semangat bekerja dan lindungilah keamanan disekitarmu!

Baca juga artikel menarik lainnya:

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News Employmentandlivelihood.id

Originally posted 2023-05-02 09:19:21.