Info Update Gaji PNS dan Tunjangan 2023 Untuk Semua Golongan

Employmentandlivelihood.id – Gaji PNS adalah hal yang wajib untuk diketahui oleh semua orang yang ingin menjadi PNS di suatu instansi pemerintahan Indonesia. Dengan mengetahui berapa besaran upah yang diterima perbulannya, akan memperkecil kemungkinan terjadinya salah paham antar sesama anggota PNS.

Memang sampai sekarang ini pekerjaan sebagai PNS atau Pagawai Negri Sipil masih ramai diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti ujian penerimaan Pegawai Negri Sipil yang diadakan setiap tahunnya.

Jika kamu juga berencana ingin bekerja sebagai Pegawai Negri Sipil dan mau tau berapa jumlah gaji PNS. Maka kamu harus baca artikel ini selengkapnya untuk menemukan berapa besar upah yang bisa diterima Pegawai Negri Sipil per bulannya.

Yuk Ketahui Besaran Gaji PNS Yang Diterima Berdasarkan Golongannya

Yuk Ketahui Besaran Gaji PNS Yang Diterima Berdasarkan Golongannya

PNS atau Pegawai Negri Sipil adalah salah satu jenis profesi yang ada di Indonesia. Tentunya profesi PNS atau Pegawai Negri Sipil ini sudah dikenal dan diketahui oleh banyak orang.

Jenis profesi PNS ini merupakan salah satu jenis profesi yang menjadi favorit banyak orang di Indonesia. Mulai dari anak muda sampai orang tua, semuanya suka profesi PNS ini.

Hal ini dikarenakan hidup dan bekerja sebagai seorang PNS dianggap terjamin kehidupannya. Ini karena PNS tak hanya menerima gaji setiap bulannya. Namun nantinya jika sudah pensiun dan habis masa tugas, PNS masih mendapatkan tunjangan pensiun yang bisa diambil setiap bulannya.

Jika kamu mau menjadi PNS tentu saja kamu juga perlu mengetahui banyak hal mengenai menjadi seorang PNS. Salah satu hal yang perlu untuk kamu tau itu adalah berapa besaran upah bulanan yang diterima oleh PNS.

PNS dibagi menjadi empat macam golongan jabatan. Keempat macam golongan jabatan dari Pegawai Negri Sipil ini memiliki gaji yang beda – beda juga. Namun pastinya besaran gaji yang diterima semua anggota PNS itu sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Lalu berapa besaran upah PNS untuk setiap golongannya? Berikut ini merupakan detail dari besaran gaji untuk semua golongan PNS atau Pegawai Negri Sipil.

1. Detail Upah Untuk Pegawai Negri Sipil Golongan Pertama

Golongan pertama dari Pegawai Negri Sipil adalah golongan pertama atau PNS Golongan 1. Jenis golongan PNS yang pertama ini adalah golongan terendah yang dimiliki oleh Pegawai Negri Sipil.

Untuk golongan 1 dari Pegawai Negri Sipil ini diambil dari masyarakat Indonesia yang memiliki latar pendidikan sebagai tamatan SD dan SMP. Jadi jika kamu tamatan SD atau SMP, kamu tetap bisa melamar menjadi PNS dengan mengambil PNS golongan 1.

Sebutan golongan satu PNS ini sering dikenal dengan nama PNS Juru. Istilah ini digunakan untuk menyebutkan jabatan PNS yang belum membutuhkan keterampilan khusus. Sehingga jabatan PNS ini hanya mensyaratkan keterampilan umum saja.

Tugas utama dari PNS golongan 1 ini adalah untuk membantu PNS yang berada di tingkat di atasnya. Ini berarti tugas utama PNS tingkat 1 adalah membantu PNS tingkat 2.

Tentunya jika kamu bekerja sebagai PNS golongan 1, maka kamu berhak mendapatkan upah dari negara. Karena PNS golongan 1 juga dibagi menjadi 4 bagian. Maka tiap bagiannya juga akan memperoleh gaji PNS bulanan yang berbeda – beda.

Ulas Lengkap Daftar Upah PNS Golongan 1A Sampai 1D

Lalu bagaimana besaran gaji PNS golongan 1? Berikut adalah detail gaji yang dimiliki oleh para PNS dengan golongan 1.

  • Pegawai Negri Sipil Golongan 1A atau PNS Juru Muda akan mendapatkan upah bulanan dengan rentang 1.560.800 sampai 2.335.800. Untuk masa aktif kerja jabatan golongan 1A ini bisa berlangsung selama satu tahun sampai 26 tahun.
  • Pegawai Negri Sipil Golongan 1B atau PNS Juru Muda Tingkat Pertama akan memperoleh upah bulanan dengan rentangan 1.851.800 sampai 2.686.500. Untuk masa aktif jabatan golongan IB ini bisa dari tiga tahun kerja sampai 27 tahun kerja.
  • Pegawai Negri Sipil Golongan 1C atau PNS Juru bisa membawa pulang upah dengan rentang jumlah 1.776.600 sampai 2.557.500. Masa kerja tingkat 1C atau juru ini bisa berlangsung dalam kurun waktu 3 tahun kerja sampai 27 tahun kerja.
  • Pegawai Negri Sipil Golongan 1D atau PNS Juru Tingkat Pertama bisa mendapat upah berentang 1.851.800 sampai 2.686.500. Masa jabatan golongan 1D itu bisa berlangsung dalam tiga tahun kerja sampai 27 tahun kerja PNS.

2. Detail Upah Pegawai Negri Sipil Golongan Kedua

Di atas tingkat golongan 1 Pegawai Negri Sipil ada tingkat PNS yang lebih tinggi dan disebut sebagai PNS Golongan 2. Para PNS golongan 2 ini diisi oleh mereka yang tamatan SMA, SMK, dan D3.

Jadi kalau kamu mau menjadi Pegawai Negri Sipil dan punya latar belakang pendidikan SMA, SMK atau D3. Maka kamu bisa menjadi Pegawai Negri Sipil dengan melamar Pegawai Negri Sipil untuk golongan kedua.

Golongan kedua dari Pegawai Negri Sipil ini juga dikenal dengan sebutan golongan PNS pengatur. Nama pengatur ini merupakan nama yang digunakan untuk menyebut pangkat PNS yang anggotanya memiliki kemampuan dan keterampilan tertentu yang bersifat teknis.

Untuk tugas pokok yang dimiliki oleh golongan kedua Pegawai Negri Sipil ini sendiri adalah merealisasikan beragam rencana operasional. Dalam pelaksanaan tugas ini semua Pegawai Negri Sipil golongan kedua akan dibantu oleh Pegawai Negri Sipil golongan pertama.

Gaji yang diberikan pada golongan kedua ini tentunya berbeda – beda pula besarnya. Apa lagi golongan kedua dari Pegawai Negri Sipil juga terbagi menjadi empat bagian. Keempat bagian memiliki besaran upah yang saling berbeda satu dengan lainnya.

Ulas Lengkap Daftar Gaji PNS Golongan 2A Sampai 2D

Lalu berapa besaran upah bulanan yang bisa dibawa pulang oleh setiap bagian PNS golongan kedua ini? Berikut ini adalah ulasan lengkap dari semua detail upah untuk para PNS dengan golongan 2A sampai dengan 2D.

  • Pegawai Negri Sipil Golongan 2A atau PNS Pengatur Muda bisa membawa pulang uang berjumlah 2.022.200 sampai 3.373.600 setiap bulannya. Masa jabatan untuk golongan 2A ini bisa dari satu tahun kerja sampai dengan 33 tahun kerja.
  • Pegawai Negri Sipil Golongan 2B atau PNS Pengatur Muda Tingkat Pertama bisa punya upah bulanan dengan besaran 2.208.400 sampai 3.516.300. Kalau lama jabatan kerja PNS 2B bisa dari 3 tahun kerja sampai 33 tahun kerja PNS.
  • Pegawai Negri Sipil Golongan 2C atau PNS Pengatur bisa mendapatkan upah dengan rentang 2.301.800 sampai 3.665.000 per bulannya. Lama kerja jadi PNS untuk PNS golongan 2C ini bisa 3 tahun kerja sampai 33 tahun kerja.
  • Pegawai Negri Sipil Golongan 2D atau PNS Pengatur Tingkat Pertama akan membawa pulang upah bulanan 2.399.200 sampai 3.820.000. Jabatan PNS 2D punya masa jabatan 3 tahun kerja sebagai PNS sampai 33 tahun kerja sebagai PNS.

Detail Gaji Pegawai Negri Sipil (PNS) Golongan Ketiga

Di atas Pegawai Negri Sipil Golongan 2 masih ada oangkat berikutnya dari PNS. Pangkat Pegawai Negri Sipil yang ada di atas PNS golongan 2 adalah PNS Golongan 3.

Untuk latar pendidikan dari semua anggota Pegawai Negri Sipil yang ada di golongan kedua ini adalah D4, S1, S2, dan S3. Oleh karena itu, kalau kamu memang mau menjadi seorang anggota Pegawai Negri Sipil dan punya latar pendidikan D4, S1, S2, dan S3, maka pilih PNS golongan 3.

PNS golongan 3 ini sering disebut sebagai PNS Penata. Yang mana Pegawai Negri Sipil golongan penata ini terdiri dari orang – orang yang memiliki kemampuan di bidang keilmuan tertentu dan sudah memahami bidang tersebut secara mendalam.

Pegawai Negri Sipil golongan 3 ini memiliki memiliki cukup banyak tugas. Tugas pertamanya adalah mengawasi sebuah proses, apakah berlangsung lancar sesuai dengan mutu yang diinginkan atau tidak.

Tugas kedua dari golongan 3 PNS ini adalah memastikan jika hasil dari semua pekerjaan tersebut baik. Tentunya baik buruknya hasil akan disesuaikan dengan target awal dari PNS golongan ketiga ini.

Sama seperti golongan sebelumnya. PNS golongan tiga ini pun juga terbagi menjadi empat bagian, mulai dari 3A sampai dengan 3D. Tentunya besaran gaji PNS golongan 3 ini juga berbeda – beda.

Ulasan Lengkap Daftar Gaji PNS Golongan 3A Sampai 3D

Lalu bagaimana besar upah yang diterima oleh semua PNS golongan 3A sampai dengan 3D ini? Berikut ini merupakan ulasan lengkap mengenai upah yang duperoleh oleh PNS golongan 3A sampai 3D.

  • Pegawai Negri Sipil Golongan 3A atau PNS Penata Muda memperoleh gaji bulanan berjumlah berkisar 2.579.400 sampai 4.236.400.
  • Pegawai Negri Sipil Golongan 3B atau PNS Penata Muda Tingkat Pertama memperoleh upah dari angka 2.688.500 sampai angka 4.415.600.
  • Pegawai Negri Sipil Golongan 3C atau PNS Penata bisa memperoleh upah bulanan berisar 2.802.300 sampai 4.602.400.
  • Pegawai Negri Sipil Golongan 3D atau Penata Tingkat Pertama akan memperoleh gaji dengan besar antara 2.920.800 sampai 4.797.000.

Detail Upah PNS Golongan Keempat

Tingkatan paling tinggi dari PNS adalah PNS Golongan 4. Yang mana PNS ini adalah PNS yang disebut dengan sebutan PNS Pembina.

Untuk tingkat keempat ini, jabatan PNS dipegang oleh orang yang sudah berpengalaman lama. Ia sudah memiliki banyak pengetahuan yang mendalam dan memiliki kebijaksanaan sebagai PNS.

Ulasan Lengkap Daftar Upah PNS Golongan 4A Sampai 4E

Berbeda dengan bagian golongan PNS 1, 2, dan 3. PNS golongan 4 dibagi menjadi lima bagian mulai dari 4A hingga 4E. Berikut ini merupakan detail gaji dari PNS golongan 4A sampai dengan 4E.

  • Pegawai Negri Sipil 4A membawa pulang upah sebesar 3.044.300 sampai 5.000.000 per bulannya.
  • Pegawai Negri Sipil 4B bisa membawa uang bulanan 3.173.100 sampai 5.211.500.
  • Pegawai Negri Sipil 4C akan mendapat upah bulanan 3.307.300 sampai 5.431.900.
  • Pegawai Negri Sipil 4D akan mendapatkan uang per bulan dari 3.447.200 sampai 5.661.700.
  • Pegawai Negri Sipil 4E bisa membawa uang bulanan berkisar 3.593.100 sampai 5.901.200.

Beberapa Tunjangan yang Mempengaruhi Gaji PNS

Beberapa Tunjangan yang Mempengaruhi Gaji PNS

Selain gaji pokok, gaji seorang PNS juga bisa dipengaruhi oleh tunjangan yang ia dapatkan. Memang ada beberapa tunjangan yang mempengaruhi upah seorang PNS. Berikut ini merupakan beberapa tunjangan yang mempengaruhi upah PNS.

1. Penerimaan Tunjangan Kinerja

Tunjangan pertama yang bisa diterima oleh PNS adalah tunjangan kinerja yang jumlahnya bisa saja lebih besar dari gaji pokoknya. Besarnya jumlah tunjangan kinerja yang diterima para PNS ini beraneka ragam, tergantung posisi, jabatan, dan lamanya ia bekerja sebagai PNS.

2. Penerimaan Tunjangan Suami Istri (Pasutri)

Anggota PNS yang sudah menikah berhak mendapatkan sebuah tunjangan yang diberi nama tunjangan suami istri atau pasutri. Besarnya tunjangan suami istri ini adalah 5% dari keseluruhan gaji yang diterima sebagai seorang PNS.

3. Penerimaan Tunjangan Makan Harian

Para PNS juga akan menerima tunjangan makan harian yang besar nilainya tergantung dengan posisi si PNS tersebut. Kalau PNS itu bergolongan 1 atau 2 maka tunjangan makannya adalah 35.000. Tapi kalau ia adalah PNS golongan 3 maka tunjangan makannya 37.000. Sedangan PNS golongan 4 tunjangan makannya 41.000.

4. Penerimaan Tunjangan Biaya Anak

Jika pasangan PNS memiliki anak, maka ia juga berhak untuk mendapatkan tunjangan anak. Besar tunjangan ini adalah 2% dari jumlah gaji pokok si PNS itu sendiri dengan catatan jumlah anak maksimal tertanggung adalah 3 orang anak.

5. Penerimaan Tunjangan Jabatan

Seorang PNS yang memiliki jabatan Eselon berhak menerima tunjangan jabatan. Tunjangan jabatan adalah tunjangan yang khusus diberikan hanya untuk jabatan tertentu saja, ya.

6. Penerimaan Tunjangan Perjalanan

Jika PNS akan melakukan perjalanan ke berbagai tempat, maka mereka juga diberikan tunjangan tambahan. Tunjangan tambahannya adalah tunjangan perjalanan dinas PNS.

FAQ

Apakah Nilai Gaji Pokok PNS Masih Bisa Naik?

Ya, nilai gaji pokok PNS masih bisa naik menjadi lebih tinggi lagi. Bahkan di tahun 2023 ini ada wacana upah bulanan PNS akan naik 7%.

Apa Perbedaan Lokasi Kantor Kerja Dapat Mempengaruhi Jumlah Upah PNS?

Ya, perbedaan kantor kerja PNS juga bisa mempengaruhi besaran upah bulanannya. Sebab memang tiap kantor PNS memiliki kebijakan yang beraneka ragam pula.

Itulah sejumlah informasi terbaru mengenai gaji PNS tiap bulannya. Selamat menggunakan info ini untuk mencari lebih lanjut mengenai upah bulanan PNS.

Baca juga beberapa informasi menarik lainnya:

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News Employmentandlivelihood.id

Originally posted 2023-05-02 12:43:57.