Cara Membersihkan Sampah Laptop Dan Komputer Windows

Employmentandlivelihood.id– Kerap kali orang orang bingung dengan cara membersihkan sampah laptop yang sangat menumpuk dan membuat kerja sistem lebih berat. Atas alasan itulah banyak juga orang yang ingin menyingkirkan sampah tersebut dari laptopnya.

Terlebih lagi kalau kamu belum pernah membersihkannya sama sekali dari pertama kalinya membeli laptop. Pastinya sekarang laptopmu juga terasa sangat lambat ketika meload sesuatu dan kamu selalu kesal karena harus menunggu.

Nah dengan adanya artikel ini kami akan memberitahukannya kepada kamu banyak cara membersihkan sampah laptop supaya performanya kembali membaik. Oleh karena itu, kamu harus menyimak tulisan kami ini sampai selesai.

Seputar File Sampah Di Laptop

Seputar File Sampah Di Laptop

File sampah atau cache sendiri sebenarnya merupakan sebuah proses penyimpanan data secara sementara. Dimana hal ini berguna untuk mengurangi proses pada loading atau ketika sedang memuat halaman suatu aplikasi maupun situs web yang diakses.

Jadi, file cache sendiri adalah sesuatu yang dapat membuat proses penampilan halaman suatu aplikasi ataupun websitenya menjadi lebih cepat. Sehingga kamu tidak akan merasakan lagi loading yang lama seperti pertama kali membuka aplikasi.

Contohnya bisa kamu rasakan seperti ketika sedang mengunjungi suatu pusat belanja yang baru saja opening. Pastinya kamu sulit menemukan barang yang kamu inginkan dan harus berkeliling dulu karena memang tokonya baru saja resmi dibuka.

Setelah berkeliling terus kamu pun jadi tahu barang yang kamu inginkan terletak di rak sebelah mana. Sehingga ketika nanti kamu mengunjungi lagi toko tersebut sudah tahu dimana letak barang yang kamu tuju tersebut dan tidak perlu berkeliling lagi..

Nah begitu juga dengan file sampah atau cache, kalau cache ini tidak ada maka proses membuka halaman utamanya akan semakin lama. Karena belum pernah ada histori kunjungan ke aplikasi atau situs web tersebut sebelumnya.

Oleh karena itu banyak sekali dari aplikasi maupun situs web yang memakai teknologi cache ini. Tujuannya tidak lain agar ketika sedang membuka situs web yang dikunjungi, kamu tidak perlu menunggu lama lagi dan langsung terlihat halamannya.

Sebelum kami memberitahukan cara membersihkan sampah laptop, kami juga akan beritahu dulu fungsi sebenarnya dari sampah ini. Dan fungsinya bisa kamu baca di penjelasan selanjutnya.

Manfaat Dari Cache Di Laptop

Manfaat Dari Cache Di Laptop

ache atau sampah di laptop sendiri, punya manfaat atau tujuan yang sangat berguna. Dimana tujuan utamanya yakni pengefisiensian waktu akses terhadap suatu aplikasi supaya tidak perlu menunggu berlama lama.

Untuk akses ke sistem dan juga situs webnya juga jadi lebih cepat dengan adanya sampah ini. Sehingga kamu bisa lebih menghemat bandwidth lagi karena tidak perlu sampai download ulang datanya ketika situs web dibuka.

Selain dipakai pada browser dan juga sebuah sistem, cache atau sampah ini dipakai juga di banyak aplikasi ponsel. Seperti di aplikasi pemutar musik yaitu spotify. Dimana kamu bisa mendownload lagunya dan memutarnya nanti kapan pun kamu ingin mendengarnya.

Tetapi, biasanya juga lagu yang didownload tadi akan terhapus secara automatic ketika sudah disimpan selama beberapa minggu. Hal ini sangatlah wajar karena memang cache ini sifatnya yang sementara membuat datanya tidak tersimpan lama.

Manfaat lainnya dari cache atau sampah ini juga dapat kamu ketikan kalau sedang download file yang ukurannya sangatlah besar. Biasanya file file tersebut butuh waktu lama untuk meload isinya ketika kamu membukanya.

Nah ketika kamu ingin mengakses lagi file yang besar tadi, prosesnya bisa lebih cepat lagi dari pertama kali kamu membukanya. Hal ini karena cache sudah mendownload data sebelumnya dan tinggal menampilkannya saja lagi ketika kamu butuh.

Itulah manfaat yang mungkin kamu rasakan dengan adanya cache di laptop maupun di smartphone. Sehingga proses pemuatan data semakincepat dan efektif meskipun penggunaan secara besar memang menjadi masalah juga.

Beragam Cara Membersihkan Sampah Laptop

Beragam Cara Membersihkan Sampah Laptop

Dari namanya sendiri saja sudah bisa disimpulkan kalau file ini seharusnya dihilangkan kalau sudah banyak. Karena cache atau sampah ini hanya akan membuat kinerja perangkatmu lambat kalau tidak kamu kelola dengan baik.

Oleh karena itu, ada kalanya untuk beberapa minggu sekali pembersihan cache atau sampah perlu dilakukan. Hal ini tidak lain untuk mengembalikan performa perangkatmu agar berjalan seperti sedia kala dan menjadi cepat kembali.

Kamu tidak perlu risau karena semua cara yang kami sebutkan tadi 100% aman. Karena kamu tidak akan kehilangan data apa pun kecuali file sampahnya saja. Sehingga kalau kamu lakukan setiap hari pun tidak ada masalah sama sekali.

Tetapi ada kalanya sampah ini juga dibutuhkan ketika membuka file file yang besar. Pastikan saja kalau ukuran dari file sampahnya tidak memenuhi penyimpanan perangkatmu agar performanya juga tetap terjaga seperti sebelumnya.

Biasanya setelah kamu menggunakan sebuah software atau aplikasi secara lama dan sudah berminggu minggu, sampah akan menumpuk. Hal ini juga bisa menjadi masalah dimana penyimpanan yang kamu miliki jadi terkikis.

Karena cache ini tersimpannya di memori internal atau memori perangkatmu dan bukan di external. Sehingga juga bisa berdampak ke performa perangkat yang kamu pakai kalau file sampahnya sangat banyak.

Oleh karena itu, disini akan kami beritahukan cara membersihkan sampah laptop dengan berbagai macam cara. Dan cara ini bisa kamu gunakan semua untuk memaksimalkan proses pembersihan cache atau sampahnya

1. Lewat Recycle Bin

Cara membersihkan sampah laptop yang pertama bisa lewat recycle bin. Recycle bin ini bisa kamu temukan di halaman home laptopmu karena sudah otomatis terpasang ketika kamu menginstall windows pertama kali.

Nah, untuk cara membersihkan sampah laptop lewat recycle bin bisa kamu lihat berikut ini langkah langkahnya.

  1. Pertama, klik start atau logo windows yang ada di pojok kiri bawah laptop kamu.
  2. Kemudian pada kolom search ketikkan “recycle bin” dan klik enter.
  3. Bisa juga kamu cari di file exploler dan menunya ada di sebelah kiri bawah.
  4. Setelah itu kamu pilih file sampah mana yang ingin kamu hapus.
  5. Lalu klik kanan jika sudah memilih semua file yang ingin kamu hapus.
  6. Akan ada pilihan menu restore, delete, atau properties, pilih delete.
  7. Aplikasi akan otomatis menghapus file sampah di dalamnya.
  8. Selanjutnya kamu keluar dan klik kanan pada shortcut recycle binnya.
  9. Pilih empty recycle bin.
  10. Selesai dan semua file sampah pun akan terhapus selamanya.

2. Disk Clean Up

Kemudian cara membersihkan sampah laptop kedua dengan disk clean up. Cara ini bisa kamu lakukan kalau ingin cara membersihkan sampah laptop nya dengan sangat dalam. Langkahnya juga tidak sulit karena kamu masih memakai software default dari laptopnya.

  1. Adapun cara membersihkan sampah laptop memakai disk clean up sebagai berikut.
  2. Pertama, kamu harus buka dulu file exploler di laptop kamu.
  3. Kemudian, pilih disk C atau lokal disc C dengan mengklik kanan.
  4. Setelah itu pilih menu properties untuk melihat informasi detailnya.
  5. Disana kamu akan melihat banyak menu dan carilah disk clean up.
  6. Klik disk clean up tersebut dan kamu akan melihat sebuah peringatan.
  7. Langsung saja kamu klik pilihan delete all files.
  8. Hanya file sampah saja yang akan dihapus dan file biasa tidak akan terbawa.
  9. Tunggu proses penghapusannya tergantung seberapa banyak sampah yang ada.
  10. Selesai.

3. Pakai Keyboard

Jika kamu ragu dengan kedua cara membersihkan sampah laptop di atas, atau tidak bisa dengan baik membersihkan sampahnya. Kamu bisa juga mencoba cara membersihkan sampah laptop hanya memakai keyboard di laptopmu.

  1. Pertama, kamu arahkan halaman yang terbuka ke home.
  2. Kemudian langsung ketik logo windows + R secara bersama sama.
  3. Kamu bisa ketikkan %temp% dan klik enter.
  4. Nanti kamu akan dibawa langsung ke halaman yang berisi seluruh file temporary atau sementara (sampah).
  5. Kamu bisa pilih semua folder dan file yang muncul dengan mengklik ctrl + A secara bersamaan.
  6. Klik delete di keyboard untuk menghapus semua filenya.
  7. Prosesnya belum selesai karena kamu harus membuka file exploler dulu.
  8. Setelah itu cari recycle bin di sebelah kiri.
  9. Masuk ke folder tempat sampah tersebut dan hapus semua yang ada di dalamnya.
  10. Dengan begitu sampah otomatis hilang dari laptopmu.
  11. Selesai.

Memang cara membersihkan sampah laptop yang satu ini sedikit rumit. Tetapi sangat worth untuk kamu lakukan karena akan membersihkan sampah dan membuat ruang lebih lega lagi.

4. Dari Hidden File

Salah satu sampah yang tidak terdeteksi biasanya masuk ke kategori hidden file. Hal ini tentunya menjadi masalah karena kamu tidak bisa langsung menghapus file tersebut dengan ketiga cara membersihkan sampah laptop yang sudah dijelaskan tadi.

  1. Kalau begitu, kamu bisa melakukan cara membersihkan sampah laptop untuk file yang tersembunyi dengan cara berikut.
  2. Pergi ke file exploler dan kamu pilih menu view yang ada di atas.
  3. Kamu akan melihat kolom yang belum terceklis di “show hidden files”.
  4. Lalu kamu centang kolomnya dan file yang tersembunyi pun akan terlihat.
  5. Setelah itu, kamu bisa pilih semua file yang tersembunyi tadi secara manual dan menghapusnya.
  6. Atau kamu pergi ke local disk C dan pilih app data.
  7. Buka folder temporary dan pilih semua file yang ada disana.
  8. Hapus semuanya dengan klik tombol shift + delete.
  9. Selesai dan semua sampah pun terhapus dari laptopmu.

5. Lewat Pencarian

Pencarian ini mungkin juga sering kamu gunakan kalau malas mencari secara manual aplikasi atau software yang ingin dibuka. Nah kamu juga bisa cara membersihkan sampah laptop dengan pencarian ini loh. Caranya adalah:

  1. Pertama, klik kolom pencarian.
  2. Kemudian kamu ketikkan disk clean up atau drive selection.
  3. Pilihlah drive yang kamu ingin bersihkan sampahnya.
  4. File sampahnya akan muncul setelah kamu mengklikkan drivenya.
  5. Lalu pilih saja semua filenya untuk dihapus.
  6. Klik delete maka file dan folder pun akan terhapus permanan.
  7. Selesai.

6. Prefetch

Taukah kamu prefect juga bisa dipakai untuk cara membersihkan sampah laptop loh. Caranya mudah dan kamu bisa ikuti langkah kami di bawah ini.

  1. Pertama, langsung tekan di keyboard pada logo windows + R.
  2. Lalu ketik saja “prefetch” dan enter untuk membukanya.
  3. Klik saja ctrl dan A untuk memilih semuanya.
  4. Lalu hapus dengan tombol delete dan shift agar permanen.
  5. Selesai.

7. Software AVG Tuneup

Cara membersihkan sampah laptop yang lain yakni dengan software tambahan yaitu AVG Tune Up. Dengan software ini kamu bisa membersihkan sampah bahkan sampai folder yang sangat dalam sekalipun. Sehingga untuk file sampah yang sudah lama tersimpan pun bisa kamu hapus melalui software ini.

Cara menggunakannya juga tergolong mudah karena interfacenya yang sederhana membuatmu ketika memakainya akan nyaman. Berikut caranya untuk memakai AVG Tune Up:

  1. Pertama, download dulu AVG Tune Up nya dari browser chrome milikmu.
  2. Kemudian install langsung agar bisa kamu pakai.
  3. Setelah instalnya berhasil, buka saja aplikasi AVG Tune Upnya.
  4. Kamu akan melihat pilihan action yang bisa dipilih.
  5. Lalu klik pada pilihan free up space atau kosongkan ruang.
  6. Software akan otomatis memindai semua sampah yang ada di laptopmu.
  7. Kamu bisa klik di pilihan logs and cache setelah pemindaiannya.
  8. Tekan show untuk melihat file sampahnya dan klik clean untuk menghapusnya.
  9. Selesai dan sampah pun terhapus semua.

FAQ

Kerap kali orang orang bingung dengan cara membersihkan sampah laptop yang sangat menumpuk dan membuat kerja sistem lebih berat. Atas alasan itulah banyak juga orang yang ingin menyingkirkan sampah tersebut dari laptopnya.

Terlebih lagi kalau kamu belum pernah membersihkannya sama sekali dari pertama kalinya membeli laptop. Pastinya sekarang laptopmu juga terasa sangat lambat ketika meload sesuatu dan kamu selalu kesal karena harus menunggu.

1. Mengapa Sampah Di Laptop Perlu Dibersihkan?

Dari namanya sendiri saja sudah bisa disimpulkan kalau file ini seharusnya dihilangkan kalau sudah banyak. Karena cache atau sampah ini hanya akan membuat kinerja perangkatmu lambat kalau tidak kamu kelola dengan baik.

Oleh karena itu, ada kalanya untuk beberapa minggu sekali pembersihan cache atau sampah perlu dilakukan. Hal ini tidak lain untuk mengembalikan performa perangkatmu agar berjalan seperti sedia kala dan menjadi cepat kembali.

2. Apakah Semua Cara Membersihkan Sampah Laptop Di Atas Aman?

Kamu tidak perlu risau karena semua cara yang kami sebutkan tadi 100% aman. Karena kamu tidak akan kehilangan data apa pun kecuali file sampahnya saja. Sehingga kalau kamu lakukan setiap hari pun tidak ada masalah sama sekali.

Tetapi ada kalanya sampah ini juga dibutuhkan ketika membuka file file yang besar. Pastikan saja kalau ukuran dari file sampahnya tidak memenuhi penyimpanan perangkatmu agar performanya juga tetap terjaga seperti sebelumnya.

Akhir Kata

Demikian penjelasan dari kami mengenai cara membersihkan sampah laptop yang menggunakan OS apapun. Dengan begitu, kamu bisa membuat disk penyimpananmu lebih lega lagi dan tidak penuh untuk menginstall software.

Simak juga list beberapa artikel yang menarik dari kami lainnya dan tentunya menambah wawasan untuk kamu simak :

Dapatkan Berita dan Informasi Menarik Lainnya di Google News Employmentandlivelihood.id

Originally posted 2023-06-01 07:03:39.