Cara Cek NISN Dengan Nama Secara Online Lewat HP Mudah

Employmentandlivelihood.id – Cek NISN Online Dengan Nama kini bisa dilakukan secara mudah melalui ponsel. Namun masih ada beberapa orang yang belum mengerti dengan cara ini. Agar kamu bisa melakukan Cek NISN secara online dengan nama maka silahkan ikuti dan simak terus ulasan dibawah.

NISN merupakan salah satu nomor unik yang kita miliki pada saat di bangku sekolah satu mulai SD hingga SMA. Setiap orang pasti memiliki NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional.

Cuma, ada beberapa orang yang abai dengan nomor ini. Mereka menganggap tidak penting sebab kebanyakan orang berfikir bahwa NISN ini hanya berfungsi ketika atau pada saat sekolah saja.

Pemikiran seperti itu salah besar, karena nomor induk ini masih berguna meskipun kamu sudah lulus sekolah. Apalagi, bagi para siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan di bangku kuliah.

Yang pasti NISN ini sangat berguna sebagai salah satu syarat untuk masuk ke jenjang perkuliahan. Selain itu, banyak juga orang yang tidak tahu dengan nomor dari NISN yang dimiliki.

Mereka bingung untuk melihat atau Cek NISN yang dimiliki. Semenjak adanya artikel ini kamu tidak perlu bingung lagi untuk Cek NISN, sebab disini kami akan membagikan beberapa tutorialnya.

Nah, jika kamu ingin melakukan atau mengetahui nomor induk masing masing maka bisa ikuti terus artikelnya. Untuk informasi pertama silahkan lihat melalui ulasan berikut.

Apa Itu NISN?

Apa Itu NISN

Seperti yang kami jelaskan bahwa NISN adalah kepanjangan dari Nomor Induk Siswa Nasional. Biasanya, nomor induk tersebut sudah dimiliki oleh setiap siswa yang ada di negara Indonesia.

Setiap orang pasti sudah memiliki nomor induk ini, sebab nomor ini telah didaftarkan dari mulai kita SD. Biasanya kamu bisa melihat nomor induk masing masing pada buku raport.

Kamu melihatnya di bagian menu biodata raport, dan nomor tersebut akan muncul. Ciri ciri dari nomor induk ini adalah terdiri dari 10 angka. Nomor induk kamu dan orang lain pasti sangat berbeda.

Dari deretan nomor induk yang kamu miliki akan ada tanggal lahir yang disematkan dalam NISN. Kamu bisa menjumpai tanggal lahir di 3 nomor induk pada bagian belakang nomor.

Sedangkan untuk ke 7 nomor induk lainnya adalah merupakan tambahan dari negara yang di anggap rahasia. Artinya, ke 7 nomor ini hanya kamu yang tahu. Orang lain pasti tidak akan mengetahuinya.

Meskipun telah menjadi rahasia pribadi, namun pemiliki terkadang tidak tahu dengan nomor NISN sendiri. Tidak sedikit orang yang masih penasaran dengan nomor induk siswa nasional masing masing.

Pastinya, nomor induk ini masih sama sejak dulu dan tidak pernah berubah. Dimana, nomor induk ini sengaja dibuat pemerintah secara permanen agar kamu di anggap telah menunjang pendidikan di negara Indonesia.

Selain itu, NISN juga sangat penting apalagi bagi para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah. Pasti kamu perlu mengisi nomor induk ini sebagai syarat masuk ke jenjang pendidikan.

Untuk itulah setiap orang perlu mengetahui nomor NISN masing masing. Apalagi, melihat atau Cek NISN terbilang sangat mudah kamu bisa melakukannya baik secara online atau offline.

Namun, sebelum masuk ke pembahasan utama Cek NISN Dengan Nama silahkan kamu simak ulasan yang telah kami sematkan berikut ini.

Apa Fungsi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

Apa Fungsi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

Nomor induk siswa nasional ini merupakan nomor kode rahasia yang hanya di miliki oleh para siswa dari negara Indonesia saja. Apabila kamu memiliki nomor induk ini maka sudah di anggap terdaftar di Kemendikbud.

Banyak siswa yang menerka – nerka bahwa nomor induk ini tidak penting. Akan tetapi, untuk sebagian orang yang ingin melanjutkan pendidikan nomor induk siswa nasional ini sangat penting keberadaannya.

Setiap siswa yang pernah sekolah pasti memiliki NISN, apalagi nomor ini tidak akan pernah hilang dari data pemerintah. Benar, nomor ini telah dibuat semenjak SD jadi tidak heran jika tidak akan pernah hilang.

Meskipun kamu sudah berhenti sekolah kamu masih tetap memiliki nomor induk siswa nasional tersebut. Nomor NISN ini berlaku layaknya seperti KTP yakni seumur hidup.

Sedangkan untuk fungsi dari nomor induk ini adalah sebagai pembeda antara siswa yang satu dengan lainnya. Sebab, nomor induk tidak mungkin sama dari masing masing siswa atau orang.

Selain itu, adanya NISN ini kamu bisa dibedakan dengan siswa mancanegara pada saat kuliah. Dari itu kami bisa menyimpulkan bahwa nomor induk ini berfungsi sebagai tanda pengenal siswa negara Indonesia.

Kemudian, kartu ini juga berfungsi sebagai salah satu syarat untuk melanjutkan jenjang pendidikan. Setiap, siswa yang melanjutkan pendidikannya pasti dimintai syarat untuk menyertakan NISN.

Bahkan nomor induk ini juga berfungsi sebagai salah satu alat bantu operasional dari sekolah. Dengan nomor induk ini kamu bisa menerima bantuan dari sekolah dengan sasaran yang tepat.

Untuk itu, setiap orang berhak mengetahui nomor NISN masing masing. Tujuannya agar kamu bisa mudah ketika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Apa Saja Manfaat Memiliki NISN?

Memiliki nomor induk juga bisa membawa manfaat bagi kamu. Pasti, banyak orang yang bertanya akan hal ini. Maka dari itu, kami disini berusaha untuk menjelaskannya kepada pembaca.

Sebelumnya, apabila kamu tidak mempunyai nomor induk ini maka pasti akan sangat sulit ketika ingin melanjutkan jenjang pendidikan. Sebab, nomor induk ini sebagai syarat penting yang harus kamu penuhi.

Semenjak kita sekolah dasar hingga SMA pun siswa masih perlu mengingat dan mengisi nomor sebagai persyaratan. Untuk itu, penting sekali kamu menghafal dan mengingat nomor induk yang dimiliki.

Sebenarnya, manfaat dari NISN tidak bisa kamu rasakan secara nyata. Namun, faktanya jika kamu tidak memiliki atau tidak tahu nomor induk ini mungkin kamu bisa selalu gagal dalam pendaftaran pendidikan.

Berbeda jika kamu mempunyai nomor induk ini, karena pemerintah pun bisa mudah mendata kamu sebagai calon mahasiswa di salah satu sekolah. Tidak hanya itu, pemerintah juga bisa mudah mengelola program bantuan untuk para siswanya melalui NISN ini.

Maka dari itu, silahkan kamu Cek NISN baik via online atau offline. Nah, agar kamu tidak bingung silahkan kamu bisa lihat melalui informasi selengkapnya.

Link Situs/Web Cek NISN Online dengan Nama

Agar kamu bisa mudah dan tidak perlu membuka buku raport maka bisa lakukan cek nomor induk secara online. Cara ini terbilang sangat mudah dan bisa dilakukan kapan pun yang diinginkan.

Kamu hanya perlu media ponsel untuk melakukan cara ini, lalu akses website resmi dari situs cek NISN tersebut. Website atau situs online ini juga bisa di akses dalam semua perangkat.

Selain itu, mudahnya melakukan cara ini adalah tidak perlu lagi memenuhi persyaratan yang di ajukan. Sebab, tidak ada persyaratan khusus yang harus kamu penuhi dalam pengecekan.

Akan tetapi, website akan mengeluarkan sedikit data yang harus diisi. Itupun data yang cukup mudah untuk kamu isi. Jika data ini sudah dilengkapi maka kamu tinggal melakukan pengecekan saja.

Caranya silahkan kamu masuk website resminya yaitu https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ dan Cek NISN kamu di sana. Akses website tersebut pada saat ingin melakukan pengecekan nomor induk.

Tidak perlu membuat akun lagi didalam situsnya, sebab jika data sudah terisi kamu bisa langsung mengakses situs tersebut secara mudah.

Begini Cara Cek NISN Dengan Nama Online

Begini Cara Cek NISN Dengan Nama Online

Apabila sudah masuk kedalam website yang kami bagikan, maka kamu tinggal melakukan pengecekan saja. Pengecekan ini bisa melalui beberapa proses yang harus kamu ikuti dengan benar.

Pastikan pada saat login ke situs kamu sudah melakukannya secara benar. Agar tidak ada lagi kesalahan mengakses web atau situsnya. Nah, kemudian kamu bisa langsung melakukan cara caranya.

Jika kamu penasaran dengan Cara Cek NISN online dengan nama silahkan bisa ikuti beberapa tahap yang telah kami bagikan dibawah ini.

  • Silahkan Masukkan Nama Lengkap

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasukkan nama lengkap sesuai di akta kelahiran. Pastikan di proses ini tidak ada kesalahan nama yang kamu masukkan, karena jika salah datanya mungkin bisa berbeda.

Bukan hanya itu, jika data kamu salah maka hasil nomor induk tidak akan dimunculkan. Jadi, sangat lah penting untuk memasukkan nama lengkap sesuai dengan akta kelahiran yang kamu miliki.

Selain itu, kamu juga bisa loh melihat nomor induk orang lain. Dengan syarat kamu harus mengisi semua data dengan benar dan tidak ada kesalahan satu pun. Dengan itu, situs akan otomatis menampilkan hasilnya.

  • Silahkan Masukkan Tanggal Lahir

Bukan hanya nama saja yang perlu dimasukkan, namun tanggal lahir pun perlu kamu isi untuk Cek NISN ini. Tanggal lahir ini pun harus kamu isi sesuai dengan akta atau kartu keluarga.

Intinya, jangan sampai ada kesalahan data pada saat memasukkan tanggal lahir atau pun nama lengkap. Contohnya, jika kamu tinggal di Indramayu maka gunakan Kota Indramayu sebagai tempat lahir kamu.

Setelah itu, kamu bisa isi tanggal, bulan, dan tahun kamu. Nah, apabila kamu sudah melakukan semuanya maka otomatis hasil atau nomor induk akan dimunculkan.

Cuma jika ada kesalahan data yang kamu masukkan maka nomor induk tidak bisa dimunculkan. Jadi, silahkan kamu isi data d dengan benar sesuai dengan akta atau KK.

  • Silahkan Masukkan Nama Ibu

Proses terkahir untuk melihat atau Cek NISN secara online adalah dengan memasukkan nama ibu. Nama ibu kandung sering ditanyakan sebagai persyaratan utama pada saat kamu lanjut ke jenjang pendidikan yang tinggi.

Begitu juga dengan melihat nomor induk, dimana kamu harus memasukkan nama ibu kandung sesuai nama di KTP. Pastikan juga tidak ada kesalahan ketika memasukkan nama ibu kandung ini.

Jika nama ibu kandung valid dan benar maka silahkan kamu tap cari data. Otomatis hasil pencarian nomor induk bisa langsung dimunculkan di halaman dari situs tersebut.

Nah, demikian pembahasan kami kali ini tentang Cek NISN Online dengan Nama Secara Mudah. Kamu bisa ikuti jika ingin melihat nomor induk siswa masing masing. Mohon maaf jika ada salah kata, dan sampai jumpa.

Baca Juga Artikel yang Serupa :

Baca Berita dan Artikel Menarik Lainnya di Google News Employmentandlivelihood.id

Originally posted 2023-05-14 09:57:13.