Teknik Dasar Bola Basket Beserta Foto dan Penjelasannya

Employmentandlivelihood.id – Teknik Dasar Bola Basket yang harus kamu kuasai sebagai seorang pemula jika ingin menjadi pro player dalam olahraga basket. Yang mana teknik-teknik dasar ini banyak sekali yang harus dipelajari.

Sebagai seorang pemula atau kamu yang baru berkecimpung dalam dunia basket, tentunya harus mulai belajar dari dasarnya lebih dahulu. Agar nantinya kamu dapat menguasai semua teknik-teknik lanjutan lainnya dengan lebih leluasa.

Pelajari satu per satu Teknik Dasar Bola Basket ini dan mulai untuk mempraktekkannya pelan-pelan serta membiasakan diri. Lantas apa saja Teknik Dasar Bola Basket yang wajib kamu ketahui, simak penjelasannya dibawah ini.

Sejarah Olahraga Bola Basket

Sejarah Olahraga Bola Basket

Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut, mari kilas balik sebentar bagaimana dan seperti apa sejarah permainan yang satu ini. Yang mana permainan ini dari awal telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan sebelum akhirnya seperti sekarang.

Permainan ini awalnya ditemukan oleh seorang instruktur pendidikan jasmani di Springfield College yaitu James Naismith. Dibuat pertama kali untuk menciptakan olahraga bola yang dapat dimainkan dalam ruang tertutup karena pada saat itu sedang musim dingin.

Sehingga sangat tidak mungkin untuk memainkan permainan bola lainnya yang sudah tersedia dalam keadaan musim dingin. James Naismith awalnya memainkan permainan ini menggunakan bola sepak dengan ring buah persik.

Memang pada awalnya tidak langsung ditemukan dan dimainkan begitu saja dengan bola yang kamu kenal sekarang ini. Tetapi pada saat itu dimainkan menggunakan bola sepak dengan cara melemparkan bola ke dalam ring.

Semakin banyak bola yang berhasil masuk dalam ring tersebut, maka skor yang diperoleh akan semakin tinggi. Itulah konsep awal yang dibuat oleh James Naismith terhadap permainan bola basket ini.

Seiring berjalannya waktu, permainan ini sampai ke publik dan digemari oleh banyak orang. Dengan bertambahnya orang yang menyukai permainan ini, tentunya permainan ini juga mengalami penyempurnaan.

Dari yang tadinya tidak ada teknik dribble, jadi ada teknik dribble untuk menggiring bola. Serta Teknik Dasar Bola Basket lainnya dan teknik-teknik lanjutannya.

Pada tahun 1895, diadakan pertandingan bola basket pertama yang mempertemukan dua perguruan tinggi pada saat itu. Yaitu Hamline College dengan Minnesota School of Agriculture.

Perlu diketahui, walaupun permainan ini dilakukan di ruangan yang tertutup, bukan berarti para pemain bisa lebih bersantai. Namun permainan ini membutuhkan fokus lebih tinggi, tajamnya pandangan terhadap bola, dan sebagainya.

Kamu juga harus pandai mengatur kekuatan bernapas kamu, kecepatan berlari, serta kemampuan untuk mengelabui musuh. Yang paling penting adalah kamu juga harus memiliki kemampuan mencetak gol ke ring lawan.

Apa Saja Teknik Dasar Bola Basket?

Apa Saja Teknik Dasar Bola Basket

Ketika ingin menguasai suatu permainan ataupun olahraga, hal apa yang pertama kali harus kamu ketahui dan pelajari? Tentu saja hal itu adalah bagaimana cara bermainnya dan peraturannya.

Untuk peraturan dalam suatu permainan atau olahraga adalah salah satu hal yang wajib kamu ketahui bahkan untuk pro player sekalipun. Dengan begitu kamu dapat dengan mudah mengetahui alur permainan dan trik bagaimana memenangkannya.

Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan apa saja Teknik Dasar Bola Basket yang dapat kamu pelajari. Teknik dasar ini yang nantinya akan membantu kamu untuk lebih expert dalam bola basket.

Oleh karena itulah, hal-hal yang mendasar tidak bisa dibiarkan dan dilupakan begitu saja, karena pengaruhnya sangat penting. Langsung saja simak berikut ini adalah Teknik Dasar Bola Basket berikut penjelasannya.

1. Teknik Dasar Memegang Bola Basket

1. Teknik Dasar Memegang Bola Basket

Hal pertama yang harus kamu pelajari adalah bagaimana teknik dasar memegang bola basket. Dalam permainan ini, kamu tidak bisa sembarangan memegang bola basket asal-asalan.

Karena dari semua teknik-teknik yang ada dalam olahraga basket ini akan menginduk pada teknik yang satu ini. Kalau kamu tidak bisa menguasai teknik yang satu ini, maka akan sangat sulit untuk menguasai teknik-teknik lainnya.

Teknik dasar ini adalah teknik pertama yang akan diajarkan oleh para pelatih bola basket. Atau jika kamu ingin belajar secara otodidak mengenai permainan ini, maka teknik ini adalah teknik pertama yang harus kamu pelajari.

Cara memegang bola basket yang benar adalah dengan meletakkan kedua tangan kamu di kanan dan kiri bola basket. Serta pastikan juga untuk meregangkan jari-jari kamu agar bola basket tidak mudah jatuh dan lepas dari genggaman.

Tetapkan posisi ini walaupun posisi kamu sedang dalam posisi menerima ataupun mengoper bola. Fungsinya adalah untuk menerima bola dalam posisi yang benar dan kuat, serta mengoper bola kepada teman tim dengan akurat.

Sebelum masuk ke Teknik Dasar Bola Basket selanjutnya, pastikan kamu sudah dapat menguasai teknik yang satu ini dengan baik, ya. Serta pastikan juga bahwa kekuatan genggaman yang kamu berikan kepada bola basket sudah sesuai agar tidak mudah jatuh dan lepas.

2. Teknik Dasar Passing (Mengoper Dan Melempar Bola)

2. Teknik Dasar Passing (Mengoper Dan Melempar Bola)

Teknik Dasar Bola Basket selanjutnya yang harus kamu kuasai adalah teknik dasar dalam mengoper dan melempar bola basket. Dalam teknik ini, tersedia berbagai macam cara yang harus kamu kuasai untuk mengoper dan melempar bola.

Sebab dalam teknik ini terdapat 5 cara mengoper dan melempar bola yang sangat wajib kamu ketahui dan kamu kuasai. Teknik dasar ini adalah teknik-teknik yang akan berpengaruh untuk kerja sama mengoper dalam tim.

Dalam permainan bola basket, setiap tim memiliki anggota sebanyak 9 orang. Selama pertandingan berlangsung, kamu tidak akan memainkan pertandingannya tanpa mengoper bola kepada tim sama sekali.

Oleh karena itulah 5 cara yang akan kami jelaskan dibawah ini harus kamu pelajari dengan hati-hati dan kamu kuasai. Agar nantinya, kerja sama tim yang dihasilkan akan semakin bagus dan peluang untuk menang semakin tinggi.

a. Operan Dada Atau Chest Pass

Teknik Dasar Bola Basket dalam mengoper bola yang paling umum digunakan adalah chest pass atau operan dada. Chest pass ini adalah operan yang paling sering digunakan oleh para pemain bola basket.

Posisi yang harus kamu terapkan ketika ingin melakukan operan dada ini adalah siku yang menekuk. Menekuk sampai posisi bola berada sejajar dengan dada dan kedua tangan memegang bola dalam posisi yang benar.

Kalau kamu perhatikan dalam pertandingan-pertandingan bola basket, kamu akan menemukan seringkali teknik ini digunakan. Itulah yang dinamakan dengan chest pass atau operan bola yang sejajar dengan dada kamu masing-masing.

b. Operan Atas Kepala Atau Overhead Pass

Teknik Dasar Bola Basket dalam mengoper bola yang kedua adalah teknik operan overhead pass. Overhead pass ini adalah teknik mengoper bola yang dilakukan dengan posisi bola diatas kepala.

Kamu dapat menggunakan teknik ini jika dalam keadaan mendesak seperti dikepung oleh pemain musuh. Lalu kamu dapat menggunakannya dan mengoperkan bola kepada tim kamu yang lainnya.

Terlebih lagi, jika tinggi badan kamu lebih tinggi daripada pemain-pemain musuh yang mengepung. Maka teknik ini akan sangat terbantu dan dapat bekerja lebih maksimal lagi dari biasanya.

Cara melakukan teknik dasar overhead ini adalah dengan memegang bola dalam posisi yang benar tentunya. Lalu posisikan bola basket diatas kepala dengan posisi siku yang menekuk.

Bertumpulah pada kekuatan tangan yang menekuk dan lemparkan atau oper bola dengan posisi tangan yang lurus. Serta operkanlah bola dengan menggunakan jentikan pada ujung jari-jari agar operan lebih maksimal.

c. Operan Belakang Punggung Atau Behind The Back Pass

Semakin berkembangnya permainan dan teknik-teknik dalam bola basket, maka akan semakin banyak teknik-teknik baru yang dimunculkan. Salah satunya adalah teknik behind the back pass yang satu ini.

Pada awalnya, teknik ini hanyalah sebuah teknik angan-angan dalam bola basket karena tingkat kesulitannya yang cukup tinggi. Dikatakan bahwa para pemula tidak akan bisa melakukan teknik ini karena memerlukan teknik khusus dalam tekniknya.

Teknik ini adalah teknik yang cukup mematikan dikalangan para pemain bola basket. Karena musuh akan lebih sulit dalam menebak ke arah mana bola akan dioperkan oleh tim.

Sebab jika menggunakan teknik behind the back pass ini, kamu akan mengoperkan bola dengan posisi tepat di belakang punggung. Untuk tim lawan, operan belakang punggung ini akan lebih sulit untuk dihalangi dan dijangkau.

d. Operan Baseball atau Baseball Pass

Tentunya kamu sudah mengetahui bagaimana operan yang dilakukan dalam permainan baseball. Yaitu dengan satu tangan melemparkan bola untuk dipukul oleh lawan.

Seperti namanya, teknik ini adalah teknik operan yang digunakan hanya dengan satu tangan saja. Sama halnya seperti mengoperkan bola baseball, teknik ini juga dapat dilakukan dalam permainan bola basket.

Teknik Dasar Bola Basket mengoper bola yang satu ini juga dapat kamu lakukan untuk mengelabui pemain lawan. Yaitu bertingkah seakan-akan kamu ingin menembakkan bola ke dalam ring lawan, yang aslinya hanya akan mengoperkan bola.

e. Operan Memantul (Bounce Pass)

Teknik Dasar Bola Basket mengoper bola selanjutnya adalah dengan memantulkan bola ke lantai yang disebut dengan bounce pass. Yang satu ini adalah teknik yang juga tentunya diajarkan oleh para pelatih dan juga guru kamu saat memainkan permainan ini.

Karena teknik ini merupakan salah satu teknik yang sangat mendasar dalam mengoperkan bola kepada tim kamu. Bounce pass juga bisa digunakan untuk melewati hadangan pemain lawan jika pada saat itu tidak ada tim yang mudah dijangkau.

Untuk melakukannya, lakukan dengan posisi badan yang tegak lurus dan siku dalam keadaan ditekuk ke samping badan. Posisikan bola agar berada di depan badan dan dorong menggunakan ujung jari tangan.

3. Teknik Dasar Menggiring Bola (Drible)

3. Teknik Dasar Menggiring Bola (Drible)

Menggiring bola atau mendribble bola dalam permainan bola basket bertujuan untuk mengendalikan arah bola sambil memantulkannya. Dalam posisi berlari ataupun berjalan, posisi bola yang akan di dribble harus dalam keadaan terpantul.

Ada banyak sekali trik-trik dalam dribble bola yang biasanya sering digunakan oleh para pemain bola basket dunia. Apa saja Teknik Dasar Bola Basket dalam menggiring bola, simak poin-poinnya berikut ini.

  • Behind The Back Dribble
  • Crossover Move Dribble
  • Between The Back Dribble
  • Between The Legs Dribble
  • Reserve Dribble
  • High or Speed Dribble

4. Teknik Shooting (Menembak Bola)

4. Teknik Shooting (Menembak Bola)

Teknik Dasar terakhir yang harus kamu pelajari adalah teknik menembakkan bola ke ring lawan. Kemampuan ini akan sangat berpengaruh untuk mencetak skor dan memenangkan pertandingan.

Sama halnya dengan dribble, teknik shooting ini juga memiliki banyak sekali macamnya dan triknya. Apa saja macam-macam dalam teknik shooting, simak poin-poinnya dibawah ini.

  • Shoot Melayang
  • Set Shoot
  • Jump Shoot (Bow, Eye, Elbow, Follow, Through)
  • Slam Dunk Shoot

FAQ About Teknik Dasar Bola Basket

Teknik Dasar Bola Basket yang harus kamu kuasai sebagai seorang pemula jika ingin menjadi pro player dalam olahraga basket. Yang mana teknik-teknik dasar ini banyak sekali yang harus dipelajari.

Untuk peraturan dalam suatu permainan atau olahraga adalah salah satu hal yang wajib kamu ketahui bahkan untuk pro player sekalipun. Dengan begitu kamu dapat dengan mudah mengetahui alur permainan dan trik bagaimana memenangkannya.

Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan apa saja Teknik Dasar Bola Basket yang dapat kamu pelajari. Teknik dasar ini yang nantinya akan membantu kamu untuk lebih expert dalam bola basket.

Oleh karena itulah, hal-hal yang mendasar tidak bisa dibiarkan dan dilupakan begitu saja, karena pengaruhnya sangat penting.

Sebagai seorang pemula atau kamu yang baru berkecimpung dalam dunia basket, tentunya harus mulai belajar dari dasarnya lebih dahulu. Agar nantinya kamu dapat menguasai semua teknik-teknik lanjutan lainnya dengan lebih leluasa.

Pelajari satu per satu Teknik Dasar Bola Basket ini dan mulai untuk mempraktekkannya pelan-pelan serta membiasakan diri.

Adakah Teknik Dasar Selain Yang Sudah Dijelaskan?

Teknik Dasar Bola Basket lainnya selain yang sudah dijelaskan diatas yang dapat dipelajari adalah teknik Rebound. Dimana teknik ini memanfaatkan pantulan bola yang gagal masuk ke dalam ring lawan.

Selain itu, ada juga yang disebut dengan teknik pivot, yaitu teknik memutarkan badan dengan menggunakan tumpuan satu kaki. Teknik ini digunakan untuk menghindari sergapan dari pemain lawan setelah menerima operan.

Berapa Lama Umumnya Menguasai Teknik-Teknik Dasar Bola Basket?

Untuk jangka waktu penguasaan semua Teknik Dasar Bola Basket ini tidak bisa berpatokan hanya dengan hasil satu orang saja. Karena setiap orang memiliki cara belajarnya masing-masing yang tidak dapat disamakan.

Namun, jika kamu tetap menginginkan jawaban atas waktu tersebut, biasanya membutuhkan waktu paling sebentar 1 bulan. Paling lambatnya, ada yang sampai bertahun-tahun untuk menguasai seluruh Teknik Dasar Bola Basket tanpa terkecuali.

Akhir Kata

Demikian informasi dan penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai Teknik Dasar Bola Basket pada artikel kali ini. Selamat mencoba dan semangat untuk menjadi pro player dalam permainan bola basket, ya!

Simak juga list beberapa artikel yang menarik dari kami lainnya dan tentunya menambah wawasan untuk kamu simak :

Dapatkan Berita dan Informasi Menarik Lainnya di Google News Employmentandlivelihood.id

Originally posted 2023-06-01 06:31:27.