Pengertian Teks Laporan Percobaan, Struktur, dan Contoh

Employmentandlivelihood.id – Teks Laporan Percobaan merupakan salah satu teks yang berisi tentang hasil percobaan. Teks tersebut merupakan memberikan hasil percobaan yang telah dilakukan oleh peneliti.

Seperti yang diketahui bahwa teks laporan percobaan ini bertujuan untuk melaporkan hasil dari rangkaian percobaan yang telah dilakukan. Laporan tersebut terdiri dari serangkaian percobaan hingga kesimpulan.

Laporan percobaan ini menjadi salah satu bentuk publikasi dari hasil yang ditemukan dari sebuah percobaan. Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang laporan percobaan, simak terus ya.

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Teks Laporan Percobaan

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Teks Laporan Percobaan

Topik yang akan kami bahas kali ini yaitu mengenai teks laporan percobaan. Apa itu teks laporan percobaan? Simak penjelasan berikut ini.

Sebuah teks yang menyajikan informasi tentang hasil kegiatan yang telah dilakukan disebut dengan laporan. Ada beberapa jenis laporan yang tersedia, salah satunya teks laporan percobaan.

Sebuah percobaan pasti pernah dilakukan ketika kamu berada di bangku sekolah. Biasanya, saat melakukan percobaan, kamu diharuskan untuk mengamati suatu gejala.

Pasalnya, setelah melakukan sebuah percobaan kamu akan diminta untuk melaporkan hasil percobaan tersebut. Perlu diketahui bahwa hasil percobaan yang telah dilakukan tersebut dibuat dalam bentuk teks.

Teks laporan percobaan merupakan sebuah teks yang digunakan untuk menjelaskan atau melaporkan hasil percobaan. Biasanya, seorang peneliti akan membuat laporan percobaan dalam bentuk teks ini.

Laporan percobaan dalam bentuk teks ini dibuat atau diperlukan agar dapat memberikan informasi kepada pembaca. Untuk itu, para pembaca dapat mengetahui informasi lengkap mengenai percobaan.

Perlu kamu ketahui bahwa percobaan dapat dilakukan secara individu atau mandiri maupun dilakukan berkelompok. Hal tersebut tergantung instruksi atau kebutuhan yang diperlukan dalam suatu percobaan.

Biasanya, laporan percobaan dalam bentuk teks ini berisi tentang tujuan, proses, dan hasil percobaan yang telah dilakukan peneliti. Tidak hanya itu, kesimpulan pun juga terdapat dalam laporan percobaan.

Tidak hanya itu, laporan percobaan dalam bentuk teks juga disebut dengan teks laporan eksperimen. Dimana pada umumnya, peneliti akan melakukan percobaan yang memiliki hipotesis.

Lalu, hipotesis tersebut kemudian akan diuji dan dibuktikan oleh para peneliti dalam sebuah percobaan. Kemudian, hasil percobaan yang dilakukan tersebut dipaparkan dalam bentuk laporan yang sistematis.

Sesuai dengan penjelasan yang telah dipaparkan sebelumnya mengenai laporan percobaan bentuk teks. Dapat disimpulkan bahwa laporan percobaan dalam bentuk teks menjelaskan tentang hasil percobaan.

Untuk kamu yang semakin penasaran mengenai laporan percobaan dalam bentuk teks. Silakan simak terus artikel yang membahas tentang laporan percobaan sampai akhir ya!

Tujuan Dan Fungsi Dari Teks Laporan Percobaan

Tujuan Dan Fungsi Dari Teks Laporan Percobaan

Jika sebelumnya kami menjelaskan tentang pengertian atau definisi mengenai laporan percobaan. Selanjutnya, kami akan membahas tentang tujuan dari laporan percobaan bentuk teks ini ya.

Tujuan dari sebuah laporan percobaan yaitu untuk memberikan hasil sebuah hipotesis terhadap dugaan tertentu. Hal tersebut dilakukan agar memberikan informasi bahwa percobaan tersebut terbukti kebenarannya.

Selain itu, percobaan juga dilakukan untuk memahami suatu materi melalui sebuah percobaan atau eksperimen. Percobaan yang dilakukan tersebut dengan cara melakukan pengamatan.

Pengamatan tersebut dilakukan guna mengetahui hubungan sebab akibat terhadap gejala yang diamati. Oleh karena itu, isi dari laporan percobaan tersebut mulai dari tujuan, proses dan lain-lain.

Kemudian, laporan percobaan dalam bentuk teks ini juga memiliki beberapa fungsi. Fungsi dari laporan percobaan yaitu untuk menjelaskan sebuah fakta baru, kemudian mendokumentasikan hasil penelitian.

Lalu, laporan percobaan ini juga berfungsi untuk menunjukkan hasil percobaan secara jelas dan objektif. Tidak hanya itu, laporan tersebut dapat dijadikan sumber bacaan akurat dan menambahkan pengetahuan.

Berikut di atas merupakan tujuan serta fungsi dari laporan percobaan dalam bentuk teks yang dapat diketahui. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai laporan percobaan, tetap baca artikel ini hingga akhir ya.

Ciri – Ciri Dari Teks Laporan Percobaan

Ciri - Ciri Dari Teks Laporan Percobaan

Ciri – ciri merupakan sebuah khas atau tanda yang membedakan suatu hal dengan hal lainnya. Seperti yang diketahui bahwa ada banyak sekali bentuk teks.

Untuk itu, wajib bagi kamu untuk mengetahui setiap ciri-ciri dari teks-teks tersebut. Termasuk teks laporan percobaan ini juga perlu kamu ketahui ciri-cirinya.

Untuk kamu yang belum mengetahui ciri-ciri dari laporan percobaan dalam bentuk teks. Silakan simak ciri-ciri laporan percobaan di bawah ini ya.

  1. Teks tersebut memberikan laporan hasil percobaan.
  2. Sebuah percobaan ilmiah yang dilakukan bertujuan untuk menguji suatu hal tertentu.
  3. Pada laporan percobaan, tujuan percobaan merupakan pertama yang dijelaskan pada laporan.
  4. Setelah itu, peneliti menjelaskan bahan serta alat yang dibutuhkan untuk melakukan percobaan.
  5. Selanjutnya, peneliti menjelaskan prosedur atau langkah-langkah untuk melakukan percobaan.
  6. Memberikan catatan untuk menjelaskan hasil percobaan.
  7. Pada bagian akhir laporan, peneliti memberikan kesimpulan hasil percobaan berdasarkan hasil analisis.
  8. Laporan percobaan memuat fakta dan bersifat objektif.
  9. Laporan percobaan juga harus ditulis dengan lengkap.
  10. Teks laporan tidak memuat hal-hal menyimpang, prasangka serta menguntungkan pihak apapun.
  11. Kemudian, teks laporan disajikan dengan cara menarik, segi bahasa berbobot dan jelas dan susunan logis.

Berikut di atas adalah beberapa ciri-ciri dari laporan percobaan yang dapat kamu ketahui. Kamu dapat mengacu kepada ciri-ciri di atas pada saat membuat laporan percobaan nanti.

Struktur Pada Teks Laporan Percobaan

Struktur Pada Teks Laporan Percobaan

Sebelumnya telah kami bahas mengenai ciri-ciri dari laporan percobaan yang dapat kamu jadikan acuan. Berikutnya, kami akan membahas mengenai struktur dari laporan percobaan berbentuk teks ini.

Kelima struktur yang disebutkan pada laporan percobaan bentuk teks tersebut merupakan hal yang penting. Struktur-struktur tersebut mengandung penjelasan yang penting untuk para pembaca.

Dengan penjelasan dan struktur tersebut dapat membuat pembaca lebih mudah memahami tujuan, proses serta kesimpulan. Sehingga laporan percobaan yang dibuat dapat dimengerti oleh pembaca dengan mudah.

Perlu diingat kembali, kelima struktur dari laporan percobaan yaitu tujuan, alat bahan, prosedur, hasil serta kesimpulan. Jangan lupa terhadap kelima struktur umum pada laporan percobaan tersebut ya.

Perlu kamu ketahui bahwa teks laporan percobaan ini memiliki beberapa struktur yang perlu diperhatikan. Struktur laporan percobaan perlu kamu ketahui agar dapat membuat laporan yang sistematis.

Laporan percobaan bentuk teks ini memiliki 5 struktur secara umum. Apa saja struktur dari laporan percobaan bentuk teks ini? Simak penjelasan berikut ini.

1. Berisi Tujuan

Struktur pertama yang perlu kamu ketahui dari laporan percobaan bentuk teks yaitu tujuan. Pada laporan percobaan, kamu harus menjelaskan tujuan dari percobaan yang dilakukan.

Kamu harus menjelaskan tujuan serta latar belakang mengapa percobaan yang kamu lakukan ini perlu dilakukan. Untuk itu, para pembaca dapat mengetahui tujuan dari percobaan yang kamu lakukan.

2. Memasukkan Bahan Dan Alat Percobaan

Jika sebelumnya kamu menjelaskan tujuan dari percobaan. Maka selanjutnya, kamu perlu menjelaskan bahan dan alat percobaan yang dibutuhkan.

Pertama, kamu harus menuliskan atau menjelaskan alat-alat yang benar-benar dibutuhkan saat percobaan. Selanjutnya, bahan-bahan yang digunakan juga perlu kamu jelaskan saat percobaan.

Alat serta bahan percobaan yang digunakan tersebut harus kamu masukkan di laporan secara jelas. Untuk itu, para pembaca dapat mengetahui pasti alat dan bahan dalam percobaan.

3. Jelaskan Prosedur Atau Langkah Percobaan

Setelah kamu menjelaskan bahan dan alat percobaan, selanjutnya jelaskan prosedur atau langkah percobaan. Hal tersebut merupakan salah satu dari struktur laporan percobaan.

Pada bagian ini, kamu harus menyebutkan dan mendeskripsikan proses atau langkah secara rinci. Kamu harus menjelaskan prosedur percobaan secara sistematis pada bagian ini.

Tidak hanya itu, penyampaian prosedur pada bagian ini juga disarankan menggunakan kalimat aktif. Hal tersebut bertujuan agar dapat menceritakan apa yang dilakukan saat percobaan.

Kamu harus menjelaskan prosedur atau langkah percobaan secara detail dan sistematis dari awal hingga akhir. Sehingga para pembaca dapat mengetahui prosedur percobaan yang dilakukan.

4. Menjelaskan Hasil Percobaan

Setelah kamu menjelaskan langkah atau prosedur percobaan. Dari proses tersebut, pasti terdapat hasil yang didapatkan.

Hasil tersebut harus kamu jelaskan pada laporan percobaan. Kamu dapat menjelaskan hasil percobaan sesuai dengan apa yang ditemukan atau didapatkan saat percobaan.

Hasil percobaan tersebut dapat kamu uraikan secara detail di laporan. Dengan itu, para pembaca dapat memahami dan mengetahui hasil percobaan tersebut.

5. Menarik Dan Menuliskan Kesimpulan

Struktur laporan percobaan bentuk teks terakhir yang perlu kamu ketahui adalah menarik kesimpulan. Pada bagian ini, kamu dapat membuat kesimpulan dari percobaan yang dilakukan.

Kamu dapat membuat kesimpulan dari seluruh proses serta hasil yang didapatkan dari percobaan. Kesimpulan ini menjadi jawaban dari hipotesis yang diajukan pada percobaan. Dengan itu, para pembaca dapat mengetahui kesimpulan serta jawaban dari hipotesis tersebut.

Contoh Teks Laporan Percobaan Yang Dapat Kamu Contoh

Contoh Teks Laporan Percobaan Yang Dapat Kamu Contoh

Sebelumnya, kami telah memberikan penjelasan mengenai struktur-struktur dalam laporan percobaan bentuk teks. Selanjutnya, kami akan membahas mengenai contoh dari tulisan laporan percobaan.

Jika sebelumnya kamu telah mengetahui definisi hingga struktur dari laporan percobaan bentuk tulisan. Berikut contoh-contoh dari laporan percobaan untuk kamu yang masih bingung.

1. Laporan Percobaan Untuk Menguji Kandungan Borak Yang Ditemukan Pada Makanan

Tujuan (Struktur 1 Laporan Percobaan)
Borak yaitu kandungan garam natrium karbonat dekahidrat biasa digunakan pada bahan industri. Seperti kertas, gelas, pengawet kayu, antiseptik dan lain-lain dan borak bahan beracun untuk dikonsumsi.

Alat dan Bahan : (Struktur 2)

  • Air kunyit secukupnya
  • Pisau 1 buah
  • Sampel bakso secukupnya
  • Mie secukupnya
  • Boraks
  • Kerupuk dan pipet tetes.

Prosedur Percobaan Menguji Kandungan Borak (Struktur 3)

  1. Sampel bakso dilumatkan kemudian diangin-anginkan dalam waktu singkat.
  2. Kemudian, bakso yang telah dilumatkan ditetesi dengan air kunyit.
  3. Lalu, tunggu selama 5 menit bakso yang diteteskan oleh air kunyit tersebut.
  4. Setelah itu, amati perubahan warna pada bakso tersebut.
  5. Lakukan cara yang sama kepada makanan yang terduga mengandung borak.

Hasil Percobaan (Struktur 4)
Sebuah bahan makanan apabila diteteskan oleh air kunyit akan mengalami perubahan warna.
Perubahan warna tersebut menjadi warna merah kecoklatan.

Apabila perubahan warna tersebut terjadi pada saat diteteskan air kunyit ke makanan. Maka
dapat diketahui bahwa makanan yang diuji tersebut mengandung borak.

Kesimpulan (Struktur 5)
Bahan makanan yang ditetesi oleh air kunyit mengalami perubahan warna menjadi merah kecoklatan. Hal tersebut menunjukkan bahwa makanan tersebut telah mengandung boraks.

Makanan yang berubah warna menjadi merah kecoklatan tersebut saat ditetesi air kunyit karena mengandung kurkumin. Selain itu, borak bersifat basa. Sehingga apabila borak dicampur dengan kurkumin menghasilkan senyawa baru yang disebut boro kurkumin.

Berikut di atas merupakan salah satu contoh laporan percobaan berbentuk teks yang perlu kamu ketahui. Laporan percobaan tersebut terdiri dari struktur-struktur yang telah dijelaskan sebelumnya.

Dimana terdapat 5 struktur dalam laporan percobaan yaitu tujuan, alat bahan, prosedur, hasil dan kesimpulan. Kamu dapat menjadikan contoh laporan percobaan tersebut sebagai referensi ya.

Masih ada banyak lagi contoh-contoh laporan percobaan bentuk teks yang dapat kamu jadikan referensi. Contoh – contoh laporan percobaan tersebut dapat kamu akses melalui internet.

FAQ Seputar Teks Laporan Percobaan

Teks Laporan Percobaan merupakan salah satu tulisan yang berisi tentang hasil percobaan. Tulisan tersebut merupakan memberikan hasil percobaan yang telah dilakukan oleh peneliti.

Seperti yang diketahui bahwa tulisan laporan percobaan ini bertujuan untuk melaporkan hasil dari rangkaian percobaan yang telah dilakukan. Laporan tersebut terdiri dari serangkaian percobaan hingga kesimpulan.

Laporan percobaan ini menjadi salah satu bentuk publikasi dari hasil yang ditemukan dari sebuah percobaan. Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang laporan percobaan, simak terus ya.

Setelah kami membahas tentang contoh dari tulisan laporan percobaan. Maka, kami akan membahas Frequently Asked Questions seputar tulisan laporan percobaan di bawah ini ya.

Apakah Teks Laporan Percobaan Harus Ditulis Dengan Formal?

Ya, laporan percobaan harus kamu tulis atau buat dengan bahasa yang baku dan formal. Hal ini karena laporan percobaan akan dipublikasikan untuk keperluan tertentu sesuai kebutuhan.

Apakah 5 Struktur Pada Laporan Percobaan Tersebut Penting?

Ya, kelima struktur yang disebutkan pada laporan percobaan bentuk teks tersebut merupakan hal yang penting. Struktur-struktur tersebut mengandung penjelasan yang penting untuk para pembaca.

Dengan penjelasan dan struktur tersebut dapat membuat pembaca lebih mudah memahami tujuan, proses serta kesimpulan. Sehingga laporan percobaan yang dibuat dapat dimengerti oleh pembaca dengan mudah.

Perlu diingat kembali, kelima struktur dari laporan percobaan yaitu tujuan, alat bahan, prosedur, hasil serta kesimpulan. Jangan lupa terhadap kelima struktur umum pada laporan percobaan tersebut ya.

Akhir Kata

Kami telah membahas tentang tulis laporan percobaan secara lengkap mulai dari definisi hingga tanya jawabnya. Demikianlah artikel yang membahas tentang tulisan laporan percobaan dan sampai jumpa lagi.

Simak juga list beberapa artikel yang menarik dari kami lainnya dan tentunya menambah wawasan untuk kamu simak :

Dapatkan Berita dan Informasi Menarik Lainnya di Google News Employmentandlivelihood.id

Originally posted 2023-06-01 04:47:25.