Latihan Soal Tes PPPK ASN Beserta Kunci Jawaban Terbaru

Employmentandlivelihood.id – Soal Tes PPPK ASN sebentar lagi akan menjadi pembahasan pada artikel kali ini. Dimana sebentar lagi akan diadakan tes PPPK ASN, sehingga kamu perlu menyiapkan semuanya untuk tes nanti.

Hal pertama yang harus kamu siapkan adalah beberapa Soal Tes PPPK ASN untuk dipelajari. Kamu harus mempelajari semua pertanyaan yang akan diberikan di artikel ini secara khusus dengan lengkap.

Untuk itu, kamu yang ingin mencoba tes PPPK ASN jangan sampai melewatkan setiap Soal Tes PPPK ASN ini. Langsung saja kamu pahami setiap contoh soal latihan yang akan diberikan sebentar lagi disini.

Apa Itu Soal Tes PPPK ASN?

Apa Itu Soal Tes PPPK ASN

Pembahasan kali ini memiliki tujuan untuk mendapatkan latihan Soal Tes PPPK ASN sebanyak mungkin. Akan tetapi, sebelum itu, kamu harus mendapatkan informasi lengkap mengenai hal ini.

Dimana kamu harus ketahui terlebih dahulu apa itu Tes PPPK ASN yang sebentar lagi akan diadakan secara serentak. Tes PPPK ASN ini adalah sebuah tes yang ditujukan untuk para guru ataupun honorer.

Guru saat ini bukan termasuk ke dalam PNS lagi, akan tetapi sudah berubah menjadi PPPK ASN. Sehingga kamu yang ingin menjadi guru bisa langsung daftar PPPK ini dan ikut ujian untuk PPPK ASN ini.

Arti sebenarnya dari PPPK ini adalah sebuah sebutan untuk ASN yang bekerja dengan kurun waktu tertentu. Dimana untuk PPPK ini kamu akan bekerja sama seperti pegawai kontrak beberapa lama saja.

Sehingga kamu jangan sampai mengira untuk PPPK ini adalah pekerja yang sudah dikatakan pekerja tetap. PPPK memiliki singkatan dari Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja.

Untuk durasi kontrak sendiri disesuaikan dengan durasi yang diminta dari sekolah ataupun tempat kamu bekerja nanti. Itulah mengapa, kamu tidak bisa mengetahui berapa lama sebelum kamu bekerja.

Berbeda dengan PNS jika menjadi PNS kamu akan dinobatkan sebagai pegawai tetap yang bekerja di bawah pemerintahan. Dimana jika sudah menjadi pegawai tetap di PNS kamu tidak perlu pusing lagi.

Kamu tidak perlu memikirkan bagaimana mengupgrade kontrak jika kontrak kamu habis sesuai dengan perjanjian. Untuk kamu yang ingin mencoba ujian PPPK ASN ini kamu bisa baca artikel ini terlebih dahulu.

Dengan membaca artikel ini, diharapkan kamu nantinya bisa lolos dalam ujian dari tes PPPK ASN. Kamu harus baca terlebih dahulu beberapa latihan Soal Tes PPPK ASN yang akan diberikan disini.

Membaca dan melatih pengetahuan mu dengan Soal Tes PPPK ASN ini akan sangat bermanfaat untuk kamu. Nantinya kamu akan lebih terbiasa untuk mengerjakan soal tes yang akan datang ini.

Beberapa Contoh Soal Tes PPPK ASN

Beberapa Contoh Soal Tes PPPK ASN

Kami disini akan memberikan informasi mengenai beberapa latihan soal yang sekiranya akan keluar di tes. Untuk itu, pastikan kamu baca dan pahami dengan baik informasi mengenai Soal Tes PPPK ASN ini.

Soal Tes PPPK ASN sebentar lagi akan menjadi pembahasan pada artikel kali ini. Dimana sebentar lagi akan diadakan tes PPPK ASN, sehingga kamu perlu menyiapkan semuanya untuk tes nanti.

Hal pertama yang harus kamu siapkan adalah beberapa Soal Tes PPPK ASN untuk dipelajari. Kamu harus mempelajari semua pertanyaan yang akan diberikan di artikel ini secara khusus dengan lengkap.

Untuk itu, kamu yang ingin mencoba tes PPPK ASN jangan sampai melewatkan setiap Soal Tes PPPK ASN ini. Langsung saja kamu pahami setiap contoh soal latihan yang akan diberikan sebentar lagi disini.

Kami memberikan sangat banyak contoh pertanyaan dan jawaban yang akan membuat kamu terbantu menjawab. Pastikan jangan sampai kamu mencoba latihan akan tetapi kunci jawaban disebelah mu.

Kamu harus mencoba mengisi Soal Tes PPPK ASN ini sendiri, untuk mengetahui kemampuan pemahaman kamu. Dengan begitu, kamu akhirnya juga bisa memahami kekurangan kamu saat mengerjakan.

Agar hal ini bisa dijadikan evaluasi untuk kamu yang ingin belajar dan mencoba ikut tes pppk ini dengan baik. Langsung saja beberapa contoh Soal Tes PPPK ASN yang bisa kami berikan disini dengan baik.

Untuk ujian ini pun, tidak hanya terdapat satu jenis soal PPPK yang nantinya akan kamu kerjakan di hari h. Akan ada beberapa jenis Soal Tes PPPK ASN, yang memang harus kamu selesaikan saat sedang ujian.

Beberapa Soal Kompetensi Manajerial 1 – 2

1. Kamu diberikan tanggung jawab untuk menjadi seorang pemegang uang simpan pinjam di sebuah organisasi di tempat kamu tinggal. Tiba-tiba Louie mendatangi kamu untuk sebuah keperluan.

Tepatnya, keperluan untuk mengetahui berapa simpanan uang yang dimiliki oleh Louie pada saat itu. Hal yang telah dilakukan oleh Nami ini memiliki alasan karena Louie telah memiliki hutang kepada Nami ini.

Dimana Louie memiliki kesan tidak ingin membayar semua hutangnya kepada Nami. Dengan adanya alasan jika ia tidak memiliki uang untuk membayarnya semua hutang tersebut.

Nami menginginkan untuk Louie membayar utang dikarenakan uang tersebut diperlukan untuk membayar sekolah anaknya. Pada kondisi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, apa yang akan kamu lakukan?

A. Menasehati Louie dengan baik agar bisa membayar semua hutangnya

B. Menyertakan nominal uang yang harus dibayarkan utangnya

C. Tidak diharapkan untuk memberikan nominal uang yang harus dibayarkan

D. Memberikan nominal yang dihutangkan oleh Louie kepada Nami

E. Menasihati Nami untuk tidak menagih hutang kepada Louie

Jawaban dari soal ini adalah C

2. Pilih salah satu jawaban yang menurut kamu tepat di bawah ini, pekerjaan yang membutuhkan tanggung jawab. Tidak hanya itu pekerjaan mana juga yang memiliki integritas yang tinggi

A. Melakukan pekerjaan dengan rasa yang selalu hati-hati, ontime, dan juga teliti terhadap detail pekerjaan

B. Melakukan penyelesaian tugas dengan benar dan tepat

C. Mengerjakan pekerjaan sesuai dengan aturan yang sudah diberikan

D. Mengikuti perintah yang diberikan oleh atasan saja

E. Selalu melakukan pekerjaan dengan menentukan mana yang penting atau tidak

Jawaban dari soal ini adalah A

Soal Kompetensi Manajerial 3 – 4

3. Rido adalah seseorang yang saat ini sedang dimintai sebuah pertolongan untuk menyimpan sebuah dokumen. Dimana dokumen yang harus disimpan olehnya ini adalah dokumen penilaian kinerja pekerja.

Terdapat sebuah pesan yang disampaikan oleh pihak manajer SDM kepada Rido bahwa jangan sampai dibuka. Dikarenakan di dalam dokumen ini berisikan sebuah keputusan yang sangat rahasia sekali.

Dimana dokumen yang terdapat di dalam amplop yang dititipkan kepada Rido ini berisikan tentang pegawai yang dipromosikan. Diketahui bahwa Ridolah salah satu karyawan yang telah dipromosikan.

Saat kamu selesai membaca kondisi tersebut, dan kamu diposisikan menjadi Rido, maka apa yang akan kamu lakukan? Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar diantara kelima jawaban tersebut.

A. Mengambil kesempatan untuk melihat semua dokumen yang ada nama diri kamu di dalamnya

B. Melihat semua dokumen dan menghafalkan siapa yang dicalonkan, akan tetapi tidak diberitahukan kepada siapapun

C. Melakukan tindakan jujur dengan tidak membuka sama sekali dokumen yang telah dititipkan

D. Memberitahukan teman kepercayaan kamu untuk ikut membuka dokumen tersebut tanpa harus diberitahukan ke orang lain

Jawaban dari soal ini adalah C

4. Pada hari selasa, merupakan salah satu hari dengan tanggal merah karena adanya sebuah libur nasional. Dengan libur yang telah diberikan pada hari selasa ini membuat hari senin sangat kejepit.

Dimana biasanya banyak orang yang mengambil tindakan untuk bolos bersama karena hari kejepit. Untuk itu, bagaimana pendapat kamu dan apa yang seharusnya dilakukan oleh kamu?

A. Mengajukan pertanyaan kepada bos apakah boleh untuk meliburkan diri di hari senin atau tidak

B. Tetap terus berpegang teguh dan mengikuti aturan dengan konsisten

C. Berani mengatakan tidak untuk bolos pada hari Senin karena akan menyalahi aturan

D. Tetap masuk di hari senin dan melihat keadaan jika sepi maka kamu memutuskan untuk pulang

Jawaban dari Soal ini adalah C

Model Soal Lain

5. Pada pembelajaran di abad ke 21 ini ada penekanan yang menekankan sebuah penghasilan dari produk. Dimana hal tersebut akan sangat menekan otonomi pembelajaran saat mulainya rancangan.

Tidak hanya itu, ada hal lain yang akan menekan otonomi yaitu melaksanakan dan mengevaluasi hasil belajar. Maka sesuai dengan pernyataan tersebut jawaban yang paling memungkinkan adalah…

A. Adanya sebuah pembelajaran dengan basis proyek

B. Mengajar dan Belajar secara kooperatif

C. Mempelajari dengan memainkan sebuah peran dan adanya simulasi

D. Belajar melalui diskusi yang dilakukan secara online

E. Mempelajari sesuatu dengan mengerti secara kontekstual

Jawaban dari soal ini adalah A

6. Pada proses belajar mengajar di dalam sebuah kelas, pastinya harus ada sebuah interaksi nyata. Dimana ada guru dan juga ada murid yang harus saling melemparkan pendapat dan jawabannya.

Akan tetapi, saat ini di dalam pembelajaran di kelas murid sangat sungkan untuk memberikan pendapatnya. Sehingga guru di sekolah akhirnya menyediakan sebuah alat seperti google drive.

Dimana nantinya tempat itulah yang akan digunakan untuk menyimpan semua saran dan masukan terhadap karya temannya. Dengan begitu, semua anak tidak perlu malu untuk memberikan suaranya.

Hanya dengan menggunakan device google itu, anak bisa menyalurkan semua ide, pendapat dan masukannya. Dari hal ini, maka teknologi berperan sebagai….

A. Sebuah penilaian yang jauh terhadap peserta didik

B. Mendapatkan pemahaman besar kepada peserta didik

C. Sebagai salah satu strategi belajar yang dikeluarkan oleh guru

D. Memahami materi dengan baik dan benar

E. Mengelola semua proses pembelajaran di kelas

Jawaban dari soal ini adalah C

Link Download Soal Tes PPPK ASN

Link Download Soal Tes PPPK ASN

Kamu yang ingin memiliki beberapa pertanyaan lengkap beserta jawaban dari Soal Tes PPPK ASN ini. Langsung saja kamu pergi ke informasi ini untuk mendapatkan link download untuk setiap soalnya.

Kami disini akan memberikan sangat banyak link Soal Tes PPPK ASN untuk bisa kamu kerjakan menjadi latihan. Dikarenakan latihan ini pastinya akan sangat membantu kamu saat mengerjakan soal.

Jangan pernah khawatir bahwa kamu tidak bisa menjawab pertanyaan dengan baik dan benar. Pastikan kamu memang sudah membaca dan melakukan berbagai macam latihan sebelum memulai tes.

Jika kamu sudah mencoba berbagai soal dan pertanyaan untuk kamu jawab saat latihan tersebut. Maka saatnya kamu mencoba yakin kepada diri kamu sendiri, bahwa kamu adalah orang yang mampu.

Maksud mampu disini adalah orang yang memang mampu mengerjakan semua Soal Tes PPPK ASN nantinya dengan baik. Untuk itu, kami disini memberikan beberapa link untuk Soal Tes PPPK ASN.

Kami akan memberikan beberapa paket soal yang pastinya sudah dilengkapi dengan jawaban yang mendukung. Untuk bisa mencobanya, kamu pastikan bahwa kamu tidak melihat kunci jawabannya dulu.

Dengan guna untuk melihat sejauh mana kemampuan kamu dalam menjawab setiap soal dan permasalahan yang ada. Jangan sampai kamu menjawab soal akan tetapi melihat semua jawabannya.

FAQ Mengenai Soal Tes PPPK ASN

Soal Tes PPPK ASN sebentar lagi akan menjadi pembahasan pada artikel kali ini. Dimana sebentar lagi akan diadakan tes PPPK ASN, sehingga kamu perlu menyiapkan semuanya untuk tes nanti.

Hal pertama yang harus kamu siapkan adalah beberapa Soal Tes PPPK ASN untuk dipelajari. Kamu harus mempelajari semua pertanyaan yang akan diberikan di artikel ini secara khusus dengan lengkap.

Untuk itu, kamu yang ingin mencoba tes PPPK ASN jangan sampai melewatkan setiap Soal Tes PPPK ASN ini. Langsung saja kamu pahami setiap contoh soal latihan yang akan diberikan sebentar lagi disini.

Sebelum melakukan dan mengerjakan Soal Tes PPPK ASN yang sebentar lagi akan kamu lalui semuanya. Kamu pastinya ada beberapa pertanyaan yang ditanyakan seperti pertanyaan tepat di bawah ini.

Dimana kami disini memberikan berbagai macam pertanyaan yang sangat sering ditanyakan. Tidak hanya itu, pada sesi ini kami juga memberikan informasi melalui jawaban singkat yang tersedia.

Kapan Tes PPPK ASN Akan Dilaksanakan?

Penyelenggaraan tes yang sudah kamu persiapkan sebelumnya dengan mencoba berbagai macam pelatihan. Maka tes ini sudah dibuka pada tanggal 17 Maret kemarin hingga 9 april 2023.

Hal Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat Ingin Melakukan Tes PPPK ASN?

Beberapa barang yang harus kamu bawa dan siapkan dari rumah agar sesampainya disana kamu sudah siap. Barang tersebut adalah seperti pensil, penghapus, bolpoint, alat rautan pensil, dan sebagainya.

Akhir Kata

Demikianlah informasi mengenai Soal Tes PPPK ASN yang bisa kamu ambil sebanyak mungkin contoh soalnya. Informasi lain juga bisa kamu dapatkan dengan menelusuri setiap judul yang ada di artikel ini.

Simak juga list beberapa artikel yang menarik dari kami lainnya dan tentunya menambah wawasan untuk kamu simak :

Dapatkan Berita dan Informasi Menarik Lainnya di Google News Employmentandlivelihood.id

Originally posted 2023-06-01 05:49:20.