5 Contoh dan Pengertian Teks Berita Semua Tema Terlengkap

Employmentandlivelihood.id – Teks berita menjadi salah satu jenis teks yang sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Teks ini sudah diajarkan di berbagai tingkatan pendidikan di Indonesia bahkan mudah juga ditemui contoh – contohnya dalam kehidupan harian kamu.

Memang ada berbagai jenis teks bahasa Indonesia yang menjadi pembelajaran wajib saat kamu bersekolah. Mempelajari berbagai teks ini akan membawa manfaat besar untuk kamu. Ini karena semua jenis teks ini akan kamu temui dalam kehidupan sehari – hari.

Jika kamu mau lebih mengetahui teks berita dan segala hal yang berkaitan dengan teks tersebut. Maka kamu harus membaca artikel kali ini yang menjelaskan berbagai hal mengenai teks ini. Tanpa berlama – lama lagi, yuk simak pembahasan artikel kali ini.

Ulas Pengertian Teks Berita Secara Lebih Jelas Dan Mendalam

Ulas Pengertian Teks Berita Secara Lebih Jelas Dan Mendalam

Dalam kehidupan sehari – hari, kamu pasti pernah membaca atau mendengarkan berita, kan? Berita dapat kamu dengar dan baca melalui berbagai sumber, mulai dari koran, majalah, radio, sampai televisi.

Untuk menemukan berita juga sangat mudah. Setiap hari kamu pasti akan mendapatkan berita terupdate, sebab memang berita selalu berkaitan dengan kejadian harian.

Jika kamu menemukan berita melalui televisi atau radio, berarti kamu akan melihat berita sebagai tayangan informatif yang aktual. Sementara kalau kamu menemukan berita melalui koran atau majalah, ini berarti kamu melihat berita dalam bentuk teks berita.

Teks berita sendiri merupakan sebuah teks yang berisikan kabar – kabar penting dari seluruh dunia. Tulisan ini juga memuat berbagai peristiwa unik dan menarik dari seluruh yang layak diketahui oleh orang banyak.

Berita sendiri bersifat faktual dan juga bersifat aktual. Sifat faktual pada berita akan membuat berita hanya berisikan fakta – fakta saja tanpa ada pengurangan dan penambahan. Tentunya karena sifat faktual ini, teks ini tak akan berisi hal yang mengada – ada atau khayalan penulis.

Sementara itu, sifat aktual dari berita membuat berita selalu berisikan hal – hal baru dan terupdate. Itu sebabnya setiap saat kamu akan mendengarkan dan membaca berbagai berita baru. Jadi jika kamu menyimak berita dengan baik, kamu tak akan ketinggalan kabar terbaru dari seluruh penjuru dunia.

Keberadaan sifat faktual dan aktual pada berita dapat dibuktikan dengan keterangan saksi – saksi di tempat kejadian berita. Jadi kalau kamu mau membuktikan kebenaran berita, kamu juga bisa menanyai saksi kejadian saat itu.

Untuk memperkuat fakta yang ada pada berita, biasanya penulis berita akan melengkapi berita dengan bukti pendukung. Bukti pendukung berita tersebut dapat berupa gambar – gambar yang diambil selama proses peliputan berita.

Nah, itu dia pengertian dari berita. Apa kamu sudah mengerti pengertian berita ini? Jika sudah, sekarang saatnya masuk ke pembahasan berikutnya mengenai berita.

Kenali Struktur Penulisan Teks Berita Yang Benar

Kenali Struktur Penulisan Teks Berita Yang Benar

Dalam menuliskan sebuah teks, tentu saja tak boleh asal – asalan. Menuliskan sebuah teks harus mengikuti struktur penulisan teks yang baik dan benar.

Menulis teks dengan struktur teks yang baik dan benar akan membawa banyak keuntungan untuk kamu. Dengan menulis teks yang sesuai dengan struktur teks, pembaca akan tau teks apa yang sedang berusaha kamu tuliskan.

Setiap teks memiliki struktur penulisan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Itu sebabnya sebelum menuliskan sebuah teks, kamu harus tau dulu bagaimana struktur yang benar dari teks tersebut.

Sebagai sebuah teks, tentu saja teks berita juga memiliki strukturnya sendiri. Struktur ini akan membedakan teks berita dengan teks lainnya. Jadi kamu harus tau dulu bagaimana struktur berita sebelum mulai menulisnya, ya.

Lalu apa saja struktur dari sebuah berita? Berikut ini merupakan struktur yang benar dan harus diikuti saat kamu menuliskan sebuah berita.

1. Bagian Kepala Pada Berita

Saat kamu menuliskan sebuah berita, bagian pertama yang harus kamu tuliskan adalah berita. Struktur pertama ini juga dikenal dengan sebutan heading berita.

Sebagai bagian pertama dari struktur penulisan sebuah berita. Maka sudah tentu kepala berita ini akan ada di bagian yang paling atas dari sebuah berita atau tepat di bawah judul dari berita.

Penulisan heading pada berita cenderung singkat, padat, dan jelas. Oleh karena itu dalam penulisan heading berita, hindari menggunakan kalimat yang bertele – tele dan diulang – ulang.

Di dalam heading berita ini, akan dituliskan pengenalan sekilas mengenai kejadian yang diangkat menjadi berita. Karena itu, diharapkan dengan membaca heading berita dengan baik, kamu bisa tau apa tema dari berita tersebut.

Selain itu, saat membaca heading berita, kamu diharapkan mampu menemukan beberapa unsur – unsur berita. Unsur berita tersebut adalah jawaban dari pertanyaan apa, siapa, di mana, dan kapan. Jadi penting bagi kamu melihat kelengkapan ini saat menulis sebuah heading berita, ya.

2. Bagian Isi Atau Badan Dari Berita

Tepat di bawah heading berita, terdapat struktur kedua dari berita itu sendiri. Kali ini nama struktur kedua dari berita tersebut adalah isi atau badan berita.

Sesuai dengan namanya, bagian isi atau tubuh berita ini berisikan penjelasan mengenai berita. Karena itu di bagian isi atau tubuh dari berita ini akan berisikan dua unsur berita yang masih kurang. Yaitu unsur berita yang menjawab kata tanya mengapa dan bagaimana.

Bagian badan atau isi berita ini merupakan struktur berita yang paling panjang. Selain itu bagian ini juga yang memuat banyak informasi yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya.

Jika menuliskan bagian isi atau badan berita, kamu bisa masukan rangkaian kejadian peristiwa yang diberitakan. Akhiri pula dengan menuliskan langkah penanganan atau penanggulangan yang dilakukan.

Jangan lupa, perhatikan bahasa yang kamu gunakan saat menuliskan isi atau badan dari berita. Hindari untuk membuat pembaca bingung dengan berita yang kamu tulis tersebut.

3. Bagian Penutup Atau Ekor Pada Berita

Struktur ketiga sekaligus terakhir dalam teks berita adalah penutup atau ekor berita. Struktur nomor tiga dari berita ini termasuk struktur yang opsional atau boleh ada dan boleh pula tak ada di dalam sebuah berita.

Ada atau tak adanya penutup tak menjadi sebuah masalah di dalam sebuah berita. Ini karena semua unsur – unsur dari sebuah berita sudah ada di dalam dua struktur pertama dari berita.

Biasanya, bagian penutup atau ekor berita akan berisikan sumber berita yang diambil. Karena itulah bagian ini bukanlah termasuk bagian yang harus ada di dalam sebuah berita.

Mari Bahas Beragam Jenis Dari Teks Berita

Mari Bahas Beragam Jenis Dari Teks Berita

Teks berita menjadi salah satu jenis teks yang sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Teks ini sudah diajarkan di berbagai tingkatan pendidikan di Indonesia bahkan mudah juga ditemui contoh – contohnya dalam kehidupan harian kamu.

Memang ada berbagai jenis teks bahasa Indonesia yang menjadi pembelajaran wajib saat kamu bersekolah. Mempelajari berbagai teks ini akan membawa manfaat besar untuk kamu. Ini karena semua jenis teks ini akan kamu temui dalam kehidupan sehari – hari.

Jika kamu mau lebih mengetahui teks berita dan segala hal yang berkaitan dengan teks tersebut. Maka kamu harus membaca artikel kali ini yang menjelaskan berbagai hal mengenai teks ini.

Ternyata, sebuah teks berita juga memiliki beragam jenis. Jenis – jenis berita ini dilihat berdasarkan bagaimana pola pengembangan dan pengambilan berita tersebut.

Lalu apa saja jenis berita yang perlu untuk diketahui? Berikut ini merupakan berbagai jenis dari berita yang wajib untuk kamu tau.

1. Berita Berjenis Langsung Atau Straight News

Jenis pertama dari berita adalah berita langsung. Nama dari berita yang satu ini juga sering disebut sebagai straight news.

Hal yang membuat berita ini disebut dengan berita langsung adalah waktu. Yang mana waktu terjadinya peristiwa, waktu peliputan berita, dan waktu terbit berita jaraknya hanya sebentar. Tak sampai waktu satu hari untuk mendengar berita seperti ini.

Biasanya berita berjenis langsung ini dapat kamu temukan pada kabar yang berada di posisi paling atas koran terbaru. Selain itu teks berita ini juga bisa kamu temukan dalam bentuk kabar kilat.

2. Berita Berjenis Opini Atau Opinion News

Jenis berita opini atau yang dikenal juga dengan nama opinion news merupakan jenis kedua dari berita. yang harus kamu tau. Berita jenis ini ada karena cara pengembangan fakta yang ada di dalam berita.

Isi dari berita opini atau opinion news sendiri adalah ide – ide dan gagasan yang kemudian dikembangkan dan dibuat jadi berita. Namun walau berisikan ide dan gagasan, gagasan dan ide tersebut tetap berkaitan dengan fakta di lapangan.

Biasanya jenis berita opini ini hadir karena pendapat dari orang – orang yang ahli dan pintar. Misalnya seperti pendapat dosen tentang bidang akademik dan pendapat dokter di bidang kesehatan.

3. Berita Berjenis Interpretatif Atau Interpretative News

Pola pengembangan berita jenis ketiga ini sangat sesuai dengan namanya. Yang mana pola pengembangannya didasarkan pada penilaian sang wartawan atau sang penulis dan peliput berita.

Dalam berita ini disajikan bagaimana pendapat wartawan terhadap berita yang ia liput. Namun walau dikembangkan berdasarkan penilaian dari wartawan, berita ini tetap bersifat faktual. Jadi fakta – fakta dalam berita interpretatif tetap tak dihilangkan atau ditambah dan dikurangi, ya.

4. Berita Berjenis Investigasi Atau Investigation News

Apa kamu pernah membaca dan mendengarkan teks berita yang bertema kejahatan atau kriminal? Atau kamu pernah membaca teks berita yang isinya penemuan inovasi baru?

Jika kamu pernah membaca kedua jenis teks berita ini, maka artinya kamu sudah pernah menemukan berita jenis keempat. Berita tersebut adalah berita yang berjenis investigasi atau investigation news.

Investigation news ini sesuai dengan namanya, merupakan berita yang berkembang karena investigasi. Jadi berita ini akan terbit setelah dilakukannya penelitian atau dilakukan investigasi.

Sumber dari berita investigasi ini ada banyak dan tentunya banyak fakta pula yang terdapat di dalamnya. Yang pasti semua sumbernya berdasarkan investigasi dan penelitian yang dilakukan oleh orang yang kompeten di bidangnya.

5. Berita Berjenis Berita Mendalam Atau Depth News

Jenis berita kelima adalah berita mendalam. Nama atau sebutan lain dari berita mendalam yang satu ini adalah depth news.

Pengembangan berita ini dilakukan melalui proses yang lebih panjang dan rumit. Selain itu pengembangan berita ini memerlukan waktu yang mendalam.

Berbeda dengan berita lainnya, berita mendalam ini menekankan pembahasan pada satu unsur berita. Tepatnya depth news atau berita mendalam tersebut menekankan pembahasan pada unsur berita yang menjawab kata tanya mengapa atau kata tanya why.

Berbagai Contoh Dari Teks Berita Yang Bisa Kamu Perhatikan

Berbagai Contoh Dari Teks Berita Yang Bisa Kamu Perhatikan

Jika tadi kamu sudah mengetahui pengertian dari teks berita, struktur teksnya, serta jenis – jenis teksnya. Maka saat ini sudah saatnya kamu tau bagaimana contoh teks berita dari berbagai jenis tersebut.

Mengetahui contoh teks akan sangat berguna bagi kamu. Kamu jadi bisa membedakan dengan baik jenis teks tersebut dengan jenis teks lainnya.

Nah, untuk berita sendiri, kamu bisa melihat beberapa contohnya melalui tabel yang ada di bawah ini. Yuk lihat berbagai contoh berita di tabel ini.

Jenis Berita Link Contoh Berita
Teks Berita Langsung Disini
Contoh Berita Opini Disini
Tulisan Berita Interpretatif Disini
Contoh Berita Investigasi Disini
Teks Berita Mendalam Disini

Untuk melihat contoh – contoh berita ini kamu cukup menekan link yang ada di dalam tabel tersebut. Setelah linknya ditekan kamu akan dibawa melihat contoh berita yang mau kamu lihat. Mudah sekali kan cara melihat contoh beritanya?

FAQ

Teks berita menjadi salah satu jenis teks yang sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Teks ini sudah diajarkan di berbagai tingkatan pendidikan di Indonesia bahkan mudah juga ditemui contoh – contohnya dalam kehidupan harian kamu.

Memang ada berbagai jenis teks bahasa Indonesia yang menjadi pembelajaran wajib saat kamu bersekolah. Mempelajari berbagai teks ini akan membawa manfaat besar untuk kamu. Ini karena semua jenis teks ini akan kamu temui dalam kehidupan sehari – hari.

Jika kamu mau lebih mengetahui teks berita dan segala hal yang berkaitan dengan teks tersebut. Maka kamu harus membaca artikel kali ini yang menjelaskan berbagai hal mengenai teks ini. Tanpa berlama – lama lagi, yuk simak pembahasan artikel kali ini.

Apa Saja Unsur – Unsur Yang Dapat Ditemukan Pada Sebuah Berita?

Unsur – unsur yang ada di dalam teks berita merupakan jawaban dari enam buah kata tanya. Kata tanya tersebut sering disebut sebagai 5W plus 1H atau Adiksimba. Yang mana kata tanya itu adalah apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana.

Apakah Setiap Harinya Berita Selalu Diperbaharui Di Berbagai Tempat?

Ya, semua berita selalu diperbaharui setiap harinya di berbagai tempat. Kamu bisa mendapatkan berita yang aktual dan faktual di setiap tempat, sebab selalu terjadi kegiatan baru setiap harinya.

Akhir Kata

Itulah beberapa informasi penting mengenai teks berita yang wajib untuk kamu ketahui dengan baik. Selamat menggunakan informasi ini untuk mengetahui segala hal mengenai teks berita.

Simak juga list beberapa artikel yang menarik dari kami lainnya dan tentunya menambah wawasan untuk kamu simak :

Dapatkan Berita dan Informasi Menarik Lainnya di Google News Employmentandlivelihood.id

Originally posted 2023-06-01 04:36:41.